MACAM ALAT RIGGING 3

MACAM ALAT RIGGING 2

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas beberapa poin tentang macam alat rigging. Sampai saat ini kami telah membuat 2 artikel tentang macam alat rigging tersebut yaitu :

 

Pada artikel tersebut kami telah membahas beberapa macam alat rigging yaitu Shackle, Masterlink, Wire clip dan juga turnbuckle. Balik lagi pada poin-poin yang akan kita bahas yaitu macam alat rigging yang semuanya dapat anda lihat dibawah ini :

  1. Shackle
  2. Masterlink
  3. Wire Clip
  4. Turnbuckle
  5. Thimble
  6. Swivel
  7. Connecting Link
  8. Hook / Gancu
  9. Eye Bolt
  10. Load binder

Poin selanjutnya yang akan kita bahas disini adalah Thimble. Thimble adalah alat tambahan yang digunakan untuk membentuk mata kait atau mata sling pada sling. Untuk bentuknya sendiri dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

macam-alat-rigging-3-thimble

Nah gambar tersebut adalah gambar dari salah satu jenis alat rigging yang dinamakan thimble. Untuk penggunaannya sendiri pada sling dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

macam-alat-rigging-3-aplikasi-thimble

Jika anda perhatikan gambar diatas, thimble tersebut dibuat menjadi mata kait sling yang tentunya dapat melindungi permukaan wire rope atau tali dari gesekan langsung dengan objek angkat saat digunakan untuk mengangkat atau menarik benda. Jadi jika terjadi gesekan langsung antar objek dan alat angkatnya, tentunya wire rope atau tali akan cepat rusak karena aus akan gesekan tersebut. Dengan dipasangnya thimble ini, umur sling akan lebih panjang dan anda tidak kecewa dengan performa sling anda.

Lanjut pada poin selanjutnya lagi yaitu next macam alat rigging. Alat rigging selanjutnya yang akan kita bahas yaitu swivel.

Swivel adalah alat rigging yang digunakan untuk mencegah perputaran benda saat diaangkat. Maksudnya bagaimana? coba anda angkat sebuah benda dengan seutas tali dirumah anda untuk mencobanya. Saat objek atau benda tersebut anda angkat, tentunya benda tersebut akan berputar pada porosnya kekanan atau kekiri untuk mensejajarkan tali tersebut. Nah bayangkan jika benda yang diangkat adalah benda besar atau benda yang lebar, tentunya jika benda tersebut berputar saat diangkat akan sangat membahayakan orang-orang dan benda lain disekitarnya. Maka disinilah fungsi swivel ini dibutuhkan oleh user dengan kebutuhan tersebut. Untuk gambar dari siwivel ini sendiri dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

macam-alat-rigging-3-swivel

Jadi jika anda perhatikan gambar swivel diatas, swivel tersebut memiliki semacam poros ditengahnya. Poros ini fungsinya untuk menahan benda agar tidak berputar, karena yang akan berputar nantinya adalah bagian swivel yang atas saja. Bagian bawahnya diam karena sifat tali yang akan mensejajarkan diri saat diangkat keatas. Karena posisi tali saat digunakan untuk mengangkat adalah diatas, maka swivel ini sangat cocok untuk mengatasi perputaran pensejajaran tali tersebut.

Oke lanjut lagi pada poin selanjutnya yaitu alat rigging yang dinamakan connecting link. Untuk pembahasan tentang connecting link dan alat rigging selanjutnya akan kami bahas pada artikel kami selanjutnya di ( macam alat rigging 4 )

3 thoughts on “MACAM ALAT RIGGING 3

  1. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 4 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

  2. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 2 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

  3. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 5 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s