PERBEDAAN KENTER SHACKLE DAN JOINING SHACKLE

Halo temen-temen asmarines yang oke-oke.. Kali ini kami mau memberikan informasi dan penjelasan terkait perbedaan kenter shackle dan joining shackle untuk atau sebagai tambahan informasi buat kalian semua. Informasi ini tentunya sangat penting untuk kalian ketahui ya guys, karena mengingat fungsi dari kedua jenis shackle ini adalah untuk penggunaan pada jangkar.

 

Kenapa sangat penting?? jawabannya karena penggunaan jangkar yang sangat krusial pada kapal yaitu untuk rem atau menghentikan laju kapal. Ya sama kaya kampas rem kendaraan kalian lah ya.. Kalo sampe salah pasang atau ada kerusakan di bagian rem tentunya akan membahayakan nyawa kalian.

 

Nah untuk itulah kenapa kalian harus mengetahui perbedaan kenter shackle dan joining shackle ini. Jawabannya adalah agar pemasangan pada jangkar anda nantinya tidak ada kesalahan yang membuat mara bahaya untuk penumpang kapal anda.

 

PERBEDAAN KENTER SHACKLE DAN JOINING SHACKLE

Oke jadi langsung aja kita bahas ya.. perbedaan dari kenter shackle dan joining shackle itu apa ya?? Nah yang pertama kita bahas disini yaitu dari sisi bentuknya ya.

 

Untuk kenter shackle sendiri memiliki bentuk oval dengan lubang kait di kedua sisinya. Sedangkan joining shackle memiliki bentuk seperti huruf D yang hanya memiliki satu lubang kait. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar aslinya dibawah ini.

 

Perbedaan-kenter-shackle-dan-joining-shackle

 

Bisa kalian lihat ya perbedaannya. Nah sekarang yang akan kita bahas disini lebih kearah perbedaan fungsinya ya guys.. Untuk kenter shackle sendiri fungsinya yaitu sebagai penyambung antara satu rantai jangkar dengan rantai jangkar lainnya.

 

Kenapa harus disambung?? karena biasanya panjang rantai jangkar yang dijual dipasaran itu tidak bisa dimodifikasi. Sedangkan ukuran kebutuhan rantai jangkar tiap kapal tentunya berbeda-beda ya.. Jadi untuk itu perlu adanya alat penyambung rantai sehingga rantai jangkar yang dibutuhkan bisa jadi lebih panjang dan sesuai dengan kebutuhan kapal.

 

Dan untuk joining shackle sendiri fungsinya ada 2. Bisa digunakan sebagai penyambung antara rantai jangkar dengan rantai jangkar. Dan bisa juga antara jangkar dengan rantai jangkar. Jadi bisa kalian bedakan ya fungsinya. Bentuk dari joining shackle dkhususkan agar sesuai dengan ukuran penyambung jangkar dan juga rantai jangkar itu sendiri.

 

Naahh.. gmn sekarang?? udah tau ya perbedaan kenter shackle dengan joining shackle ini. SEmoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kalian di bidang perjangkaran ini.. Hehe.. oke yaw dah kalo gitu kami pamit dulu, dan jangan lupa untuk jaga kesehatan dan kebersihan diri kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s