PENGERTIAN, KEGUNAAN & NAMA LAIN SHACKLE OMEGA

Halo temen-temen asmarines.. gmna nih kabar kalian semua?? semoga semuanya diberikan kesehatan selalu ya.. Amiinn.. Nah kali ini kami mau berbagai informasi untuk kalian pengguna alat rigging nih. Jadi kami akan membahas tentang pengertian, kegunaan & nama lain shackle omega yang banyak ditemukan di masyarakat Indonesia.

 

Tau sendiri ya. orang-orang disetiap daerah di Indonesia itu selalu memberikan sebutan yang berbeda untuk setiap barang yang biasa dia gunakan. Dan hal ini juga berlaku untuk shackle omega. Tapi sebelum kami menjelaskan tentang nama lain atau sebutan lain dari shackle omega, ada baiknya kami jelaskan terlebih dahulu pengertiannya.

 

Jadi shackle omega adalah salah satu jenis alat rigging yang memiliki bentuk seperti lambang omega atau tapal kuda. Yang dimana fungsi dari shackle omega ini sendiri adalah digunakan sebagai alat penyambung antara wire rope sling ataupun sling tali dengan objek yang akan diangkatnya.

 

Shackle sendiri digunakan sebagai alternatif penyambung beban atau objek angkat karena memang dia bisa dilepas pasang, sehingga lebih flexible. Berbeda halnya dengan masterlink ataupun eye hook yang jika sudah dipasang pada wire rope sling ya ga akan bisa dilepas lagi.

 

nah beberapa orang menggunakan shackle untuk menyambung mata wire rope sling dengan eye hook juga ada. Tapi kebanyakan wire rope sling langsung dengan shackle ke beban. Jadi tergantung kondisi dan kebutuhan dari masing-masing individu ya. Jadi jangan heran kalo kalian melihat beberapa perbedaan dari rangkain wire rope sling ataupun sling tali di Lapangan.

 

Oke jadi itu tadi pengertian dari shackle omega yang perlu kalian ketahui ya. Selanjutnya yang akan kita bahas disini yaitu fungsi dan beberapa jenis shackle omega itu sendiri.

 

JENIS DAN FUNGSI SHACKLE OMEGA

Oke jadi disini kami akan membahas tentang jenis beserta fungsi dari shackle omega ya. Jenis shackle omega itu ternyata ada beberapa ya guys. Dan jenisnya sendiri dapat dibagi menjadi 2 yaitu dari sisi bentuk penguncinya dan juga bentuk badannya.

 

Untuk jenis shackle omega jika dilihat dari bentuk penguncinya bisa dibagi menjadi 3 ya, yaitu diantaranya dalah :

  • Pin
  • Screw
  • Bolt & Nut

 

pengertian-kegunaan-&-nama-lain-shackle-omega

 

Nah gambarnya bisa dilihat sendiri ya. Dan untuk fungsinya sendiri dibedakan dari aplikasi ringan ataupun berat. Untuk aplikasi ringan kami merekomendasikan untuk menggunakan pin saja. Sedangkan untuk kebutuhan menengah bisa menggunakan screw pin. Dan untuk kebutuhan berat bisa menggunakan bolt & nut karena akan lebih aman dengan kuncian sekrup.

 

Dan yang kedua yaitu jenis shackle omega dilihat dari bentuknya. Untuk bentuk dari shackle omega sendiri dibagi menjadi 2 aja ya, yaitu diantaranya adalah :

  • Standard / Normal
  • Wide

 

Jenis-fungsi-Shackle-Omega

Nah bisa kalian lihat ya,, Perbedaan bentuknya ada di bagian bentuk penampang atasnya. Yang satunya bulet biasa dan satunya agak pipih dan lebar. Dan fungsinya sendiri untuk standard body bisa kalian gunakan untuk wire rope dan tali ukuran standard.

 

Sedangkan untuk wide type bisa kalian gunakan untuk ukuran wire rope ataupun tali dengan ukuran lebih besar dari standard. Bisa juga sih kalo mau buat wire rope ukuran normal,, tapi khusus untuk sling tanpa thimble..

 

Fungsi penampang yang lebar dan pipih agar tumpuan wire rope jadi lebih lebar sehingga tidak mudah tertekuk pada saat digunakan untuk mengangkat.

 

Naah itu tadi ya beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang shackle omega. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri kalian ya guys.. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s