MACAM ALAT RIGGING

MACAM ALAT RIGGING

Pada artikel kami kali ini kami akan coba untuk membahas tentang berbagai macam alat rigging yang saat ini banyak dijual di pasaran negara Indonesia kita ini. Jadi artinya alat rigging tersebut banyak ragam atau macamnya, untuk itu akan kami coba bahas satu persatu pada poin-poin dibawah ini :

Tapi sebelum itu kami ingin memberikan sedikit intro terlebih dahulu dengan membahas tentang apa itu alat rigging. Untuk pengertiannya sendiri rigging adalah suatu metode yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan. Pekerjaan yang dimaksud itu adalah Mooring, Towing, Lifting dan Lashing. Sedangkan Alat rigging adalah alat-alat yang digunakan untuk mendukung pekerjaan tersebut. Alat-alat ini bisa anda namakan dengan alat bantu ataupun aksesoris.

Jadi setelah kita tau tentang apa itu alat rigging, maka poin selanjutnya kami akan menjelaskan macam alat rigging yang merupakan poin dari bahasan artikel ini. Apa aja sih macam alat rigging yang ada di Indonesia saat ini?? Berikut ini adalah beberapa macam alat rigging tersebut :

  1. Shackle
  2. Masterlink
  3. Wire Clip
  4. Turnbuckle
  5. Thimble
  6. Swivel
  7. Connecting Link
  8. Hook / Gancu
  9. Eye Bolt
  10. Load binder

Pada poin pertama, salah satu macam alat rigging yaitu shackle. Shackle adalah alat yang digunakan untuk menyambung atau mengkaitkan sling dengan objek angkat. Shackle sendiri digunakan untuk mengangkat barang, basket, beam, mesin dan objek angkat lagi yang menggunakan sling sebagai alat bantu angkatnya.

macam-alat-rigging-shackle

Jadi shackle ini adalah alat sambung, bukan alat angkat langsung dengan barang. Dan shackle sendiri memiliki kelebihan. Kelebihan dengan menggunakan shackle itu sendiri yaitu :

  • Shackle lebih mudah dibuka dan dipasang sehingga lebih flexible
  • Hanya perlu satu shackle dan satu sling saja untuk mengangkat barang yang sesuai dengan working load limitnya, sehingga tidak boros penggunaan alatnya.
  • Dapat digunakan bersama dengan alat rigging lain, seperti hook, ring, masterlink dan juga eye bolt.

 

Setelah kita tau apa itu shackle, kegunaannya dan juga kelebihannya, maka poin selanjutnya yaitu masterlink. Masterlink adalah alat penyambung yang berbentuk lingkaran yang fungsinya untuk menyambung antara alat rigging dengan wire rope sling ataupun chain sling. Jadi masterlink ini letaknya paling atas, kemudian disambungkan pada sling, dan dibawah sling tersebut biasanya terdapat alat rigging lainnya seperti shackle ataupun hook.

macam-alat-rigging-masterlink
p style=”text-align: justify;”>Dari gambar diatas anda tentunya sudah dapat membayangkan masterlink itu sendiri. Dan poin kita selanjutnya yaitu ( lanjut ke artikel macam alat rigging 2 >> )

4 thoughts on “MACAM ALAT RIGGING

  1. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 2 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

  2. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 3 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

  3. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 4 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

  4. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 5 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s