MACAM ALAT RIGGING 4

MACAM ALAT RIGGING 4

Oke lanjut lagi pada artikel kami selanjutnya di macam alat rigging 4. Pada artikel kami sebelumnya yaitu :

Semoga kalian udah pada baca artikel-artikel kami tentang macam alat rigging itu. Kalo kalian belum baca, tinggal klik aja mulai dari macam alat rigging pertama yang ada pada poin diatas, biar kalian gak ketinggalan materi dari kami.

Seperti biasa sebelum kita mulai bahas artikel tentang macam alat rigging ini, kami mau refresh dulu poin-poin yang menjadi macam alat rigging tersebut yaitu :

  1. Shackle
  2. Masterlink
  3. Wire Clip
  4. Turnbuckle
  5. Thimble
  6. Swivel
  7. Connecting Link
  8. Hook / Gancu
  9. Eye Bolt
  10. Load binder

Pada artikel sebelumnya kita udah bahas sampai dengan poin 6 yaitu swivel. Nah yang akan jadi poin bahasan kita selanjutnya yaitu connecting link yaitu poin nomor 7.

Connecting link adalah alat tambahan yang digunakan khusus untuk chain sling atau sling rantai yang fungsinya adalah sebagai alat bantu pasang antara ujung sling rantai dengan alat rigging lainnya seperti shackle ataupun hook. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

macam-alat-rigging-4-connecting-link

Gambar diatas adalah gambar dari connecting link. Jika anda bingung cara penggunaannya ga perlu khawatir karena kami juga menyediakan gambar dibawah ini biar kalian bisa jelas saat melihatnya, ga perlu bayang2in lagi.

macam-alat-rigging-4-aplikasi-connecting-link

 

Jika kalian liat gambar diatas, bagian berwarna biru adalah connecting link itu sendiri. Karena rantai yang bentuknya lingkaran utuh, maka tentunya alat rigging dengan bentuk lingkaran utuh juga tidak akan bisa masuk pada rantai. Jadi saat rantai dan alat rigging lain tidak bisa digabungkan, disinilah peran connecting link itu sendiri. Connecting link dapat menyambungkan 2 benda yang berbentuk lingkaran utuh, karena connecting link dapat dibuka menjadi 2 bagian dan disambung lagi sehingga dapat menyambungkan kedua lingkaran tersebut ( rantai dan alat rigging ).

Lanjut pada pembahasan alat rigging selanjutnya yaitu Hook atau dalam bahasa indonesianya disebut gancu atau ganco. Hook adalah salah satu jenis alat rigging yang memiliki fungsi sebagai alat kait yang dapat digunakan untuk menarik, mengikat bahkan mengangkat benda yang dikaitnya. Hook biasanya disambungkan dengan semua jenis sling baik itu wire rope sling, chain sling ataupun rope sling.

Hook memiliki bentuk unik seperti pengait yang didesain agar benda yang dikaitnya tidak dapat lepas. Banyak inovasi yang digunakan para produsen hook untuk menyempurnakan safety usenya dengan memasang alat tambahan agar benda yang dikaitkan pada hook tidak terlepas saat diaplikasikan. Tetapi pada intinya fungsi utama hook tersebut adalah untuk pengait saja. Untuk lebih jelasnya tentang hook ini, anda dapat melihat gambar hook dibawah ini :

macam-alat-rigging-4-hook

Bagian berwarna terang ditengah tersebut adalah salah satu jenis pengunci yang digunakan pada hook. Pengunci tersebut fungsinya seperti yang sudah kami jelaskan diatas yaitu sebagai alat safety agar benda atau objek kait tidak terlepas dari hook saat diaplikasikan.

Lanjut lagi untuk pembahasan kita selanjutnya tentang macam alat rigging pada poin pembahasan tentang eye bolt. Pembahasan tersebut dapat anda baca pada artikel kami selanjutnya ( macam alat rigging 5 ).

2 thoughts on “MACAM ALAT RIGGING 4

  1. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 3 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

  2. Pingback: MACAM ALAT RIGGING 5 | JENIS WIRE ROPE DAN KEGUNAANNYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s