KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WIRE ROPE DIBANDINGKAN RANTAI

Halo temen-temen semua.. bagi kalian yang sekarang lagi galau mau pilih wire rope atau rantai untuk aplikasi kalian di Lapangan, kebetulan banget nih.. Pas banget kaya takaran gula ama kopi yang gw sruput sekarang. Hohoh… Jadi kali ini kami lagi mau kasih info ke kalian tentang kelebihan dan kekurangan wire rope dibandingkan rantai.

 

Jadi fungsi dari artikel ini adalah memberikan saran dan informasi kepada kalian, agar nantinya kalian dapat menentukan jenis alat angkat mana yang ternyata kalian butuhkan. Apakah wire rope kah, ataukah rantai kah..

 

Nah tentunya hal tersebut harus kalian pelajari terlebih dahulu ya sebelum membeli salah satu alat angkat tersebut. Apakah wire rope atau rantai. Salah satu hal yang perlu kalian pelajari disini adalah kelebihan dan kekurangan wire rope dibandingkan rantai ini.

 

Setelah kalian tau kelebihan dan kekurangan masing-masing alat angkat tersebut, tentunya nantinya kalian bisa menentukan mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan lingkungan kerja kalian.

 

Gimana?? logikanya dapet ya.. Oke langsung aja kita bahas ya temen-temen.

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WIRE ROPE DIBANDINGKAN RANTAI

Awal-awal kita bahas tentang kelebihannya dulu aja ya.. Biar greget diawal, hehehe.. Jadi apa aja sih kelebihan dari wire rope jika dibandingkan dengan rantai?

 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki wire rope jika dibandingkan dengan rantai ya temen-temen :

  • Setelah selesai digunakan untuk mengangkat atau menarik beban maka bentuknya akan kembali seperti semula, berbeda dengan rantai yang tidak dapat kembali ke bentuk semula jika sudah digunakan untuk tarik atau angkat.
  • Tidak merusak benda yang disentuhnya saat terjadi gesekan ringan. Berbeda dengan rantai yang penampangnya tidak rata, sehingga dapat merusak benda yang digesek walau pelan.

 

Jadi ada 2 hal ya terkait kelebihan wire rope jika dibandingkan dengan rantai. Kalo secara garis besar sih wire rope lebih flexible dan ramah terhadap permukaan benda lain.

 

Jangan lupa dicatet ya kelebihan dari wire rope ini. Biar nanti enak bandinginnya dengan kekurangan wire rope yang akan kami jelaskan setelah ini.

 

 

KEKURANGAN WIRE ROPE DIBANDINGKAN RANTAI

Nah setelah kita bahas tentang kelebihan wire rope ini, saatnya kita bahas kekurangan dari wire rope dibandingkan dengan rantai. Dan perlu gw ingetin ya, disini gw bahas tentang kekurangan wire rope ya, bukan kekurangan tetangga atau temen gw.. Itu namanya ngomongin orang dong.. Wekkekekek..

 

Udah udah ngelantur mulu gw,, ngebanyakin kata aja nih bisanya.. Langsung aja ya berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki wire rope jika kalian bandingkan dengan rantai :

  • Karena terbuat dari kawat baja yang dirangkai dan dipilin, jadi wire rope ini jadi sudah buat ditekuk apalagi pake tangan kosong. Beda halnya dengan rantai yang lebih flexible bisa dilipet, digulung dan diapa-apain lah.
  • Sulit untuk diinspeksi. Jadi seperti yang udah kami jelasin pada poin diatas ya. Karena terdiri dari rangkaian kawat baja, maka yang terlihat mata kita hanyalah bagian luarnya. Bagian dalamnya tidak bisa terlihat, jadi sulit untuk diinspeksi saat ada karat didalamnya. Beda dengan rantai yang terbuat dari besi utuh yang permukaannya gampang dilihat dan diinspeksi.

 

Jadi untuk kekurangan ini lebih kearah flexibilitas dan juga inspeksinya ya. Nah bagi kalian yang kerja di lingkungan yang tidak rawan karat seperti di pantai atau di tengah laut, maka wire rope cocok untuk kebutuhan kalian.

 

Tapi kalo kerja kalian di lingkungan yang rawan karat maka kami sarankan kalian pake rantai baja aja. Itu cuma saran dari kami ya, untuk keputusannya ya terserah kalian mau pake yang mana.

 

Disini kita cuma kasih info aja buat kalian. Dan cukup sekian aja kali ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya.. see you guys

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s