KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WIRE ROPE DIBANDINGKAN TALI

Halo temen-temen semua.. Bagi kalian yang saat ini sedang bingung mau memilih wire rope atau tali sebagai opsi alat pengangkatan kalian.. Kebetulan banget nih.. Karena kami disini akan coba untuk membahas tentang kelebihan dan kekurangan wire rope dibandingan tali. Nah jadi disini kami akan mencoba untuk memberikan apa yang dimiliki oleh wire rope tetapi tidak dimiliki oleh tali.

 

Dan selain itu kami juga membahas tentang kekurangan wire rope jika dibandingkan dengan tali. Jadi untuk penjelasan tentang kekurangan wire rope ini yaitu kebalikan dari penjelasan diatas ya. Lebih menjelaskan tentang apa tidak dimiliki wire rope tetapi dimiliki tali,.

 

Menarik bukan pembahasan kami kali ini?? hehehe.. semoga menarik ya.. karena artikel kami kali ini bakalan membantu kalian dalam menentukan kalian dalam membuat keputusan saat akan memilih untuk membeli wire rope atau tali sebagai opsi alat pengangkatan yang akan kalian gunakan di Lapangan.

 

Karena kalo sampe kalian salah beli, , wah kacau dah urusannya.. Bukan hanya duit yang melayang tapi nyawa juga bisa melayang guys.. Ini yang kita semua ga mau kan. Amit-amit ya kalo sampe terjadi kecelakaan kerja hanya karena kita yang salah saat memilih untuk membeli wire rope atau tali.

 

Tapi sebelum memutuskan untuk membeli wire rope atau tali, ada baiknya kalian cek kondisi lapangan tempat kalian bekerja. Jadi sesuaikan kebutuhan anda, lingkungan kerja anda dan juga budget anda sebelum memutuskan untuk membeli wire rope atau tali ini guys.

 

Karena ketiga hal tersebut juga akan mendukung kalian saat mengambil keputusan tersebut. nah langsung aja ya kita bahas tentang kelebihan & kekurangan wire rope dibandingkan tali ini. Biar ga lama-lama dan ga banyak-banyak juga saya ngetiknya.. Hehehehe..

 

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WIRE ROPE DIBANDINGKAN TALI

Oke jadi langsung aja ya guys.. apa aja sih kelebihan dan kekurangan wire rope dibandingkan tali ini?? penasaran ya.. Kita bahas dari kelebihannya aja dulu kali ya.. Biar greget duluan. Soalnya kalo bahas kekurangan dulu itu biasanya udah down duluan. Hehe

 

Oke jadi untuk kelebihan dari wire rope ini jika dibandingkan dengan tali yaitu :

  • Kekuatan breaking load yang lebih tinggi ( kekuatan tarik )
  • Lebih tahan terhadap gesekan
  • Lingkungan sekitar tidak mempengaruhi kekuatannya ( panas, dingin, hujan )

 

Jadi ada 3 kelebihan yang dimiliki wire rope jika dibandingkan dengan tali ya guys. Dan masing-masing kelebihan itu akan kami jelasin kok. Jadi tenang aja kalian ga akan aku gantungin kaya mantanku dulu.. Wakakakakak :V

 

PENJELASAN KELEBIHAN WIRE ROPE

Untuk nomor satu dulu ya. Karena wire rope terbuat dari kawat baja yang notabene lebih keras dan panjang.. Hohoho… Jadi otomatis lebih kuat ya untuk kekuatan tarik atau nilai breaking loadnya.

 

Dan untuk kelebihan yang nomor 2 kenapa tahan terhadap gesekan?? ya karena sama ya. Wire rope ini terbuat dari kawat baja yang tentunya tahan terhadap gesekan. Berbeda dengan tali yang terbuat dari serat buatan yang tentunya tali sangat rawan gesekan.

 

Yang terakhir faktor lingkungan sekitar ya. Kita tau besi itu sifatnya hanya tidak tahan terhadap karat ya. Jadi untuk lingkungan sekitar itu tidak jadi masalah. Beda halnya dengan tali.

 

Sebagian jenis tali ada yang menyerap air dan hal tersebut dapat mengurangi nilai breaking loadnya. Dan kebanyakan tali juga tidak tahan terhadap panas matahari yang terlalu terik karena dapat meleleh.

 

Begitu guys..

 

KEKURANGAN WIRE ROPE DIBANDINGKAN TALI

Okee kalo tadi kita sudah berbicara tentang kelebihan maka ada baiknya kita sekarang bicara tentang kekurangan wire rope dibandingkan tali. Jadi apa aja sih kekurangan dari wire rope yang perlu kalian ketahui?

 

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari wire rope tersebut :

  • Sulit untuk ditekuk-tekuk sehingga kurang flexible.
  • Dapat berkarat jika tidak difinishing stainless.
  • Bobotnya berat karena terbuat dari kumpulan kawat baja.
  • Sulit untuk diinspeksi jika terdapat karat dibagian intinya tau dalamnya.

 

Nahh itu tadi ada 4 kekurangan dari wire rope ya guys. Yang pertama tentunya sulit untuk ditekuk dengan tangan kosong ya guys. Karena memang logam atau kawat baja tentunya tidak akan bisa ditekuk dengan tangan kosong.

 

Dan yang kedua yaitu karena turunan sifat logam ya guys. Dapat berkarat karena faktor udara dan garam. Untuk kekurangan ketiga ya tentunya udah jelas ya, yang namanya logam pasti berat bobotnya.

 

Sedangkan untuk kekurangan yang terakhir yaitu sulit dinspeksi. Jadi karena wire rope ini merupakan kumpulan dari kawat baja yang dipilin satu persatu menjadi satu kesatuan, maka yang terlihat mata kita hanyalah bagian luarnya saja. Dan untuk melihat dibagian dalamnya tentunya tidak akan bisa, karena kawat sudah terangkai sehingga tidak bisa dibongkar.

 

Jadi jika ada karat dibagian dalamnya tentunya kalian tidak akan bisa melihatnya sehingga dengan kata lain kalian akan kesulitan untuk menginspeksi.

 

Okeee jadi itu tadi ya temen-temen semua kelebihan dan kekurangan wire rope dibandingan tali yang perlu kalian ketahui. Jadi pastikan kalian menggunakan alat angkat yang tepat dengan kondisi lingkungan sekitar tempat kalian bekerja dan juga aplikasi kalian.

 

Jadi sampai segini aja ya artikel dari kami.. semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s