KESALAHAN DALAM MEMBUAT WIRE ROPE SLING

Halo temen-temen semua.. balik lagi ya di blog kami blog asmarines.com yang paling oke punya, informatif dan terlengkap. Oke punya kayak gw yang nulis, informatif kayak intelnya polisi dan terlengkap kaya toko sembako.. Wekekekek.. Oke oke.. waktunya serius dikit.. Jadi kali ini kami mau bahas tentang beberapa kesalahan dalam membuat wire rope sling yang perlu kalian ketahui.

 

Kenapa kami bikin artikel ini?? tentunya buat panduan dan informasi buat kalian semua agar tidak salah dalam membuat wire rope sling. Artikel ini bisa buat pemula maupun yang udah pengalaman. Kalo yang masih pemula tentunya pasti harus belajar terus ya. Dan yang udah pengalaman mungkin bisa jadi pengingat dan juga mungkin bisa jadi kritikan membangun untuk kami jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini.

 

Kita disini sama-sama belajar ya guys. Jadi kalo memang kami adalah salah dalam hal penulisan artikel ini, langsung aja tulis di kolom komentar ya, biar nanti bisa kami revisi dan bisa kami cari informasinya lagi.

 

KESALAHAN DALAM MEMBUAT WIRE ROPE SLING

Oke jadi sebelum kami membahas tentang kesalahan dalam membuat wire rope sling, hal pertama yang akan kami sampaikan terlebih dahulu yaitu jenis wire rope sling itu sendiri. Nah dari masing-masing jenis wire rope sling tersebut maka akan kami sampaikan masing-masing kesalahan saat membuat masing-masing jenis wire rope sling tersebut.

 

Jadi adil ya guys, kami tidak menjelaskan kesalahan secara umum tapi kami membahas kesalahan berdasarkan masing-masing jenis wire rope slingnya. Mantep banget kan artikel yang akan kami bahas disini. Hoho

 

Oke langsung aja ya,, berikut ini adalah beberapa jenis wire rope sling yang perlu kalian ketahui :

  • Mechanical Wire Rope Sling
  • Hand Splice Wire Rope Sling
  • Socket Wire Rope Sling
  • Clamp Wire Rope Sling

 

Yang pertama yaitu mechanical wire rope sling ya guys. Mechanical wire rope sling dibuat menggunakan mesin press. Nah kesalahan yang biasa terjadi saat membuat wire rope sling jenis ini yaitu :

  1. Ukuran Ferrule yang tidak sesuai.
  2. Kapasitas mesin press yang tidak sesuai.

 

Dan yang kedua yaitu hand splice wire rope sling. Karena pembuatan hand splice ini manual menggunakan tangan dan alat-alat seperti penusuk wire rope. Maka kesalahan yang sering terjadi saat pembuatan wire rope sling ini yaitu :

  1. Kurang kuatnya tenaga user saat menganyam strand wire rope, sehingga anyaman kendor.
  2. Pembukaan strand yang kurang rapi atau terburu-buru sehingga merusak strand itu sendiri.
  3. Kurang kuatnya lilitan kawat pengunci pada ujung pangkal mata wire rope sling.

 

Masuk ke jenis wire rope sling yang ketiga yaitu Socket wire rope sling. Untuk pembuatan wire rope sling jenis ini yaitu dengan cara menggunakan socket dan juga cairan wirelock sebagai penguncinya. Ada beberapa kesalahan saat membuat wire rope sling pada jenis ini yaitu sebagai berikut :

  1. Kurangnya uraian kawat wire rope sehingga resin wirelock tidak bisa masuk kedalam pori-pori wire rope yang akhirnya ikatan wirelock tidak kuat.
  2. Kurang bersihnya saat membersihkan kawat wire rope yang diurai, sehingga kotoran pada wire rope membuat wirelock tidak mengunci dengan kuat.
  3. Pangkal socket dan wire rope kurang kuat saat pengikatannya dengan kawat atau bahkan lupa dililit kawat sehingga terjadi kebocoran.
  4. Socket yang belum di tes keretakannya, sehingga saat ada keretakan akan terjadi kebocoran wirelock.

 

Yang terakhir yaitu jenis wire rope sling clamp wire rope sling. Untuk pembuatan wire rope sling jenis ini dibutuhkan wire clip atau wire clamp sebagai pengunci matanya. Dan kesalahan saat membuat wire rope sling jenis ini yaitu :

  1. Arah wire clip / wire clamp yang salah saat dipasangkan pada mata wire rope sling. Arahnya kudu benernya ya guys. Kalo mau tau arah yang bener, kalian bisa lihat artikel ini ya >> petunjuk penggunaan wire clip <<
  2. Kurang kencangnya saat mengencangkan baut wire clip.

 

Nah itu tadi beberapa kesalahan dalam membuat wire rope sling yang perlu kalian ketahui dan pelajari dengan benar. Jangan sampai kalian melakukan kesalahan tersebut pada saat membuat wire rope sling ya guys. Karena kita tau penggunaan dari wire rope sling biasanya untuk penggunaan berat.

 

Jadi sangat fatal jika terjadi kesalahan dalam membuat wire rope sling ini karena akan dapat membahayakan keselamatan pekerja disekitarnya.

 

Okeee yaw dah kalo gitu sampai disini ya artikel dari kami. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan jangan lupa selalu bekerja sesuai dengan petunjuk keamanan yang benar.. Be safe guys..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s