PENGERTIAN WIRE ROPE ADALAH

Halo guys.. Kali ini kami ingin membahas tentang pengertian wire rope adalah apa? Tentunya pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang lebih mendetail lagi agar kalian dapat mengetahui lebih lanjut tentang wire rope sendiri. Karena pengertian wire rope sendiri adalah beberapa versi.

Versi pertama, jadi pengertian wire rope adalah sebuah alat yang berbentuk panjang dan terbuat dari kumpulan kawat besi yang dililit menjadi kesatuan. Lilitan kawat besi ini dipintal membentuk struktur strand tersendiri sehingga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi secara garis besar pengertian wire rope adalah apa yang sudah kami sebutkan diatas.

Dan versi kedua secara khusus pengertian wire rope adalah alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam hal mengangkat, menarik dan juga mengikat. Ketiga aplikasi disini yang kami maksud adalah aplikasi yang berat yang manusia tidak bisa melakukannya sendiri. Jadi butuh bantuan alat yang dinamakan wire rope ini.

Kemudian versi ketiganya yaitu versi yang lebih detail namanya. Jadi menurut versi yang ketiga ini, pengertian wire rope adalah Tali baja yang terbuat dari beberapa wire rope yang dipilin membentuk strand, lalu strand tersebut dipilin mengelilingi Core untuk membentuk satu kesatuan utuh yang bernama wire rope ini.

 

KESIMPULAN PENGERTIAN WIRE ROPE

Jadi kesimpulan dari pengertian wire rope ini sendiri adalah, sebuah alat yang terbuat dari tali baja yang digunakan untuk mengangkat, menarik dan mengikat agar dapat membantu manusia mempermudah pekerjaannya.

Untuk lebih mudahnya anda dapat melihat gambar dibawah ini :

Pengertian Wire Rope adalah

Dan sifat dari wire rope ini yaitu semakin banyak jumlah wire didalam strand, membuat ukuran individual wire menjadi lebih kecil dan wire rope menjadi lebih flexible. Tapi sebaliknya, semakin sedikit jumlah wire didalam strand membuat ukuran wire menjadi lebih besar, sehingga wire rope menjadi lebih kaku.

Jadi udah jelas ya guys pengertian dari wire rope ini secara khusus dan secara umum. Semoga kalian dapat mengerti apa yang kami coba jelaskan pada anda.

 

Terus dari pengertian tersebut kan adalah wire rope yang lebih flexible dan ada yang kaku? Kira-kira apa ya perbedaannya? kalian udah pada tau belum?

Bagi kalian yang belum tau tenang aja, kami akan coba untuk menjelaskannya pada anda secara detail. Tapi bagi kalian yang udah tau, coba aja baca-baca lagi. Sapa tau ada informasi tambahan yang belum kalian dapetin dari penjelasan kami di artikel ini.

 

PERBEDAAN SIFAT WIRE ROPE

Jadi ada dua jenis wire rope yaitu wire rope yang lentur atau flexible dan juga wire rope yang kaku. Masing-masing sifat wire rope tersebut memiliki karakter dan fungsi yang berbeda.

Yang pertama yaitu wire rope yang lentur atau flexible. Wire rope ini memiliki karakteristik yang akan kami sebutkan pada poin dibawah ini :

  • Memiliki nilai wire rope yang tidak terlalu besar.
  • Tidak cocok untuk digunakan pada aplikasi angkat dengan beban yang sangat berat.
  • Tahan terhadap tekukan dan hentakan.
  • Memiliki ciri konstruksi dibagian belakangnya bernilai besar. Contoh Konstruksi 6 x 37. Jadi bagian belakangnya yaitu 37 yang artinya nilai besar.

Jadi wire rope ini lebih cocok digunakan untuk aplikasi lifting yang menggunakan block ataupun crane, karena memang adanya rotasi yang membuat wire rope tertekuk secara terus menerus. Contoh lainnya yaitu aplikasi untuk mengangkat Elevator atau lift.

Jadi saran kami, jika kalian sedang ada kebutuhan untuk aplikasi lifting yang membutuhkan wire rope yang banyak mengalami tekukan. Maka sebaiknya cari wire rope yang memiliki konstruksi bernilai besar dibagian belakangnya.

 

Lanjut untuk sifat wire rope yang kedua yaitu wire rope yang lebih kaku. Wire rope ini memiliki beberapa karakteristik juga yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki nilai breaking load mulai dari kecil hingga sangat besar.
  • Cocok digunakan untuk aplikasi berat, dan tidak cocok digunakan untuk aplikasi yang banyak mengalami tekukan.
  • Tahan terhadap hentakan tapi tidak tahan terhadap tekukan.
  • Memiliki konstruksiĀ  dibagian belakangnya bernilai kecil. Contoh Konstruksi 6 x 7 terus 19 x 7. Pokoknya nilai belakangnya kecil guys.

Dan untuk kegunaannya sendiri, wire rope ini cocok digunakan untuk aplikasi lifting lurus atau straight lift. Baik dengan menggunakan kaki maupun tidak. Contohnya aplikasi lifting untuk konstruksi, lifting kontainer, perkapalan dan lain-lain.

Jadi saran kami jangan menggunakan wire rope tipe ini untuk aplikasi-aplikasi crane dan block. Mending gunakan wire rope tipe ini untuk kebutuhan pengangkatan standard baik itu heavy lift atau light lift. Asal pengangkatan yang lurus ya guys.

 

Okelah kalo begitu, semoga kalian untuk jelas ya dengan apa yang sudah kami sampaikan diatas. Semoga juga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Dan bagi kalian yang saat ini sedang ada kebutuhan wire rope yang asli, bersertifikat dan berkualitas. Kalian bisa coba untuk melihat katalog wire rope kami dibawah ini.

>> KATALOG WIRE ROPE <<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s