ISTILAH-ISTILAH KERUSAKAN PADA WIRE ROPE

Halo temen-temen setia asmarines.. Kali ini kami mau berbagi informasi buat kalian semua tentang istilah-istilah kerusakan pada wire rope yang kalian miliki dan tentunya yang perlu kalian ketahui ya. Karena informasi ini bisa kalian jadikan bekal buat kalian saat sedang bekerja di lokasi langsung.

 

Nantinya kalian bisa melihat langsung dan membedakan mana wire rope yang masih layak pakai dan wire rope yang sudah mulai mengalami kerusakan dan sudah waktunya untuk diganti. Tentunya artikel ini bakalan menarik dan penting untuk kalian baca ya guys. Oke langsung aja berikut ini adalah beberapa istilah-istilah kerusakan pada wire rope yang perlu kalian ketahui.

 

ISTILAH-ISTILAH KERUSAKAN PADA WIRE ROPE

Untuk kerusakan dari wire rope ini dibagi menjadi beberapa hal ya guys, yaitu kerusakan akibat karat, tekukan dan kerusakan. Hal pertama yang akan kami bahas disini adalah istilah-istilah kerusakan pada wire rope yang terjadi akibat karat.

  • Internal Corrosion : Kerusakan akibat pengaratan dibagian dalam wire rope
  • External Corrosion : Kerusakan akibat pengaratan dibagian luar wire rope

 

Istilah-istilah-kerusakan-pada-wire-rope-exsternal-corrosion

 

Gambar diatas adalah contoh dari gambar wire rope yang mengalami kerusakan akibat karat dibagian luar atau external corrosion. Kerusakan wire rope seperti ini tentunya sangat fatal ya guys dan wire rope sudah tidak boleh digunakan.

 

Istilah-istilah-kerusakan-pada-wire-rope-internal-corrosion

 

Dan gambar diatas yaitu kerusakan wire rope akibat karat dibagian dalam internal corrosion. Wire rope diatas adalah contoh jika pengaratan terlihat ya,, tapi banyak kasus pengaratan didalam yang tidak terlihat. UNtuk itu kerusakan ini sangatlah berbahaya karena bisa tidak terlihat saat inspeksi.

 

Semoga aja ga terjadi pada wire rope aja ya guys. Karena kerusakan yang seperti inilah yang bisa membuat wire rope putus mendadak jika pengaratan sudah sangat parah.

 

Dan selanjutnya yaitu istilah-istilah kerusakan pada wire rope akibat tertetuk. Berikut ini adalah beberapa istilah pada wire rope yang tertekuk sehingga mengalami kerusakan :

  • Kink
  • Bird Caging
  • Protrusion Core

 

Istilah-istilah-kerusakan-pada-wire-rope-kink

 

Gambar pertama adalah kerusakan wire rope akibat tertekuk secara penuh yaitu disebut dengan kink. Biasanya hal ini terjadi akibat salahnya penyimpanan pada wire rope anda, sehingga wire rope mengalami penekanan disatu sisi sehingga bisa tertekuk. Dan karena disimpan, tentunya tekukan terjadi dengan jangka waktu yang tidak singkat.

 

Jadi akhirnya tekukan wire rope menjadi permanen dan wire rope tidak bisa kembali seperti semula.

 

Istilah-istilah-kerusakan-pada-wire-rope-bird-caging

 

Kerusakan yang kedua akibat tekukan yaitu bird caging. kerusakan seperti ini agak sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata ya guys. Karena kerusakan ini biasanya terjadi akibat tekanan yang terlalu kuat pada wire rope dan bisa karena melebihi kekuatannya. Dan saat selesai digunakan biasanya terjadi kerusakan seperti ini.

 

Dan ada beberapa kasus lain yang menyebabkan wire rope bisa seperti ini ya guys. Pokoknya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi.

 

Istilah-istilah-kerusakan-pada-wire-rope-Protrusion-core

 

Dan istilah-istilah kerusakan pada wire rope berikutnya yaitu protrusion core atau bagian inti yang keluar. Untuk masalah ini juga agak susah dijelasin ya guys. Karena memang kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi. Kemungkinan karena wire rope tersangkut atau tertusuk hingga bagian dalam, kemudian ditarik secara paksa.

 

Semua kerusakan diatas tentunya sudah sangat parah dan wire rope sudah tidak boleh digunakan ya guys.

 

 

KERUSAKAN PADA KAWAT

Dan istilah yang terakhir pada kerusakan wire rope itu broken wire. Jadi intinya terjadi kerusakan yaitu putusnya beberapa kawat bagian luar pada wire rope tersebut, sehingga membuatnya mengalami kerusakan.

 

Jika kerusakan terjadi sepanjang 6 x diameter wire rope maka wire rope tersebut sudah tidak boleh digunakan. Atau jika memang rusaknya lebih dari 14 kawat maka hal tersebut juga merupakan ciri dari tidak bolehnya wire rope dipakai ( sudah tidak layak pakai ).

 

Istilah-istilah-kerusakan-pada-wire-rope-broken-wire

 

Bisa kalian lihat ya gambarnya. Kawatnya putus dibeberapa bagian. Dan jika kerusakannya sudah bisa kalian hitung dengan ketentuan yang sudah kami sebutkan diatas, maka kalian sudah tidak boleh menggunakan wire rope tersebut.

 

Okeee. jadi itu tadi ya guys beberapa istilah-istilah kerusakan pada wire rope yang perlu kalian ketahui. Semoga tambahan pengetahuan ini dapat menjadi informasi berharga buat kalian semua dan menjadi bekal pengetahuan buat kalian semua.. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s