FUNGSI TALI PP

FUNGSI TALI PP

Sebelum kami menjelaskan tentang fungsi tali PP, kami akan coba untuk menjelaskan tentang pengertian dan sejarah pembuatan dari tali PP itu sendiri terlebih dahulu agar artikel ini menjadi lebih lengkap dan lebih jelas untuk anda. Singkatan dari PP disini yaitu polypropyle yang artinya tali PP ini adalah tali yang dibuat dari serat buatan manusia yang disebut dengan serat polypropylene. Proses Produksi polypropylene rope ini sendiri yaitu resin polypropylene diekstrusi sehingga menjadi serat filament, lalu serat filament dipilin menjadi strand, lalu strand tersebut dipilin kembali menjadi rope.

Untuk polypropylene rope ukuran kecil, 6mm s/d 38mm, konstruksi tali umumnya terdiri dari 3 strand atau 3 lilitan, sedangkan polypropylene rope ukuran besar, 40mm keatas terdiri dari 8 strand atau 8 lilitan. Ukuran tersebut berlaku pada dua jenis tali PP ini yaitu jenis tali PP monofilament dan PP multifilament. Beda antara tali PP monofilament dan Tali PP multifilament yaitu terletak pada ukuran seratnya atau bisa disebut juga dengan filament yang dihasilkan dari proses produksi yang berbeda. Tali PP Monofilament memiliki ukuran seratnya lebih besar ketimbang tali PP multifilament, sehingga saat dipegang lebih kasar sedangkan Tali PP multifilament memiliki ukuran serat yang jauh lebih kecil sehingga saat dipegang juga jauh lebih halus. Karena proses produksi yang lebih rumit dari Tali PP Multilament ini, sehingga membuat harganya lebih mahal daripada Tali PP Monofilament. Dan Tali PP Multi ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan PP Mono yaitu dari segi ketahanannya terhadap gesekan dan gentakan yang lebih baik sehingga saat dipakai lebih tahan lama.

Karena tali PP ini terdiri dari 2 jenis yaitu tali PP mono dan tali PP multi, tentunya kami akan mencoba untuk menjelaskan fungsi tali PP mono dan multi tersebut karena memang judul artikel yang kami kedepankan disini adalah tentang fungsi tali pp.

FUNGSI TALI PP MONO

Di lapangan tempat aplikasi yang menggunakan tali PP mono ini sebagai alat bantunya, ada beberapa aplikasi yang membutuhkan tali PP mono ini diantaranya adalah :

  • Lashing
  • Mooring
  • Towing.

Fungsi Tali PP Monofilament

FUNGSI TALI PP MULTI

Di lapangan, fungsi tali PP multi ini sendiri juga memiliki fungsi pada beberapa aplikasi yang sama dengan fungsi tali PP mono yaitu :

  • Lashing
  • Mooring
  • Towing

Fungsi Tali PP Multifilament

Perbedaan dari kedua tali PP mono dan multi ini sudah kami jelaskan diatas yaitu dari segi ketahanan terhadap gesekan dan gentakan yang dalam hal tersebut tali PP multi ini lebih unggul jika dibandingkan dengan tali PP mono.

 

Dari beberapa fungsi yang kami jabarkan diatas, kami harapkan anda dapat menggunakan tali pp ini sesuai dengan kondisi lingkungan pekerjaan anda, karena yang paling tau dari kondisi lapangan yaitu anda sendiri. Jika anda ingin mengetahui tentang artikel lebih lengkap dari artikel ini untuk mengetahui beberapa karakteristik dari kedua jenis tali PP ini, anda dapat mengunjungi sumber artikel resmi kami di bawah ini :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s