KEKUATAN TALI MANILA

KEKUATAN TALI MANILA

Pada artikel kami kali ini, kami ingin membahas tentang kekuatan dari tali manila. Karena sebenarnya tali manila saat ini jarang dibahas pada beberapa artikel. Karena memang kegunaannya sendiri yang kebanyakan orang hanya tau digunakan pada aplikasi lomba 17 agustusan. Kami juga ingin berbagi informasi kepada anda agar nantinya anda dapat menggunakan tali manila bukan hanya untuk satu aplikasi saja, melainkan anda dapat menggunakan tali manila tersebut pada berbagai aplikasi yang cocok dengan spesifikasi dari tali manila tersebut.

Yang pertama akan kami bahas adalah tentang kekuatan dari tali manila ini. Tentunya semua tali memiliki kekuatannya masing-masing, yang artinya memiliki nilai breaking load sesuai dengan jenis tali tersebut. Hal ini juga berlaku untuk tali manila, kekuatan tali manila dapat dibagi menjadi 3 grade yaitu diantaranya :

  • Grade I : Masing-masing dari 3 untai benangnya terdapat benang berwarna hitam
  • Grade II : Pada dua untainya terdapat benang berwarna hitam
  • Grade III : Pada satu untainya terdapat benang berwarna hitam

Kekuatan dari tali manila memang tidak terlalu besar seperti tali-tali yang dapat digunakan untuk lifting equipment. Karena memang kegunaan dari tali manila itu sendiri bukanlah digunakan untuk aplikasi berat. Kembali pada grade diatas, grade tersebut dapat anda lihat secara fisik sehingga anda lebih gampang dalam mengkategorikan kekuatan tali manila tersebut. Jadi anda tidak perlu takut tertipu dengan tali manila yang dijual kepada anda karena anda sudah dapat melihat dan membedakan gradenya melalui informasi yang kami berikan ini.

Jika anda ingin lebih valid lagi dalam menentukan grade atau kekuatan dari tali manila yang ingin anda beli, anda bisa langsung mengetesnya dengan tes tarik hingga putus. Tetapi tentunya anda harus merelakan beberapa meter tali manila anda untuk dilakukan pengujian tarik.

Kekuatan tarik dari tali manila memiliki grade yang dapat anda golongkan dengan melakukan uji tarik tersebut. Grade yang dapat anda lihat dengan melakukan uji tarik yaitu :

  • Grade I : untuk tali ukuran 3″ harus memiliki nilai breaking load 4.5 ton.
  • Grade II : untuk tali ukuran 3″ harus memiliki nilai breaking load 4 ton.
  • Grade III : untuk tali ukuran 3″ harus memiliki nilai breaking load 3.5 ton.

Jadi dengan penggolongan grade ini anda dapat membedakan kualitas dan kekuatan dari tali manila yang ingin anda beli atau yang sudah anda beli.

Poin yang kedua yang ingin kami jelaskan yaitu kegunaan dari tali manila ini sendiri. Di lapangan, tali manila digunakan untuk aplikasi yang berbeda-beda. Tetapi dalam hal ini tali manila tidak bisa digunakan untuk aplikasi berat. Sehingga kami sangat tidak menganjurkan tali manila yang anda miliki untuk digunakan pada aplikasi berat. Beberapa aplikasi yang dapat menggunakan tali manila sebagai alat bantu yaitu diantaranya :

  • Lashing
  • Pembuatan tangga kapal
  • Jala-jala untuk perikanan
  • Dekorasi rumah maupun gedung
  • Militer ( untuk latihan )
  • Lomba Tarik tambang

Kekuatan tali manila

Kekuatan tali manila untuk militer

Bagi anda yang tertarik untuk membaca artikel website resmi kami yang lebih lengkap tentang tali manila ini, silahkan kunjungi sumber artikel kami dibawah ini :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s