TALI TAMBANG PRAMUKA

Halo temen-temen khususnya adek-adek dan kakak-kakak pramuka nih.. Kali ini kami mau bahas tentang tali tambang pramuka apa aja sih yang perlu kalian ketahui. Jadi perlu kalian ketahui ya, tali tambang pramuka itu bukan cuma hanya satu jenis lho. Tapi ada beberapa jenis dan tentunya memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda pula. Walaupun sama-sama untuk mengikat, tetapi ada perbedaan tentunya pada kedua jenis tali ini.

 

Tentunya kalian perlu tau ya apa aja sih jenis tali tambang pramuka yang ada saat ini? dan apa aja sih perbedaannya. Langsung aja ya kita mulai pembahasan kita kali ini.

 

TALI TAMBANG PRAMUKA

Seperti yang kita tau ya guys. kegiatan pramuka itu berhubungan erat dengan tali temali. Bukan hanya dalam mendirikan tenda, tetapi kadang membuat rakit bambu, tandu untuk orang sakit, dan lain-lain.

Nah dalam aplikasinya sendiri, ternyata tidak semua tali tambang pramuka itu sama jenisnya. Dan berikut ini kami akan coba membedah dan menjelaskan satu persatu jenis dan perbedaan tali tersebut.
 

1. TALI TAMBANG MARLON

Tali tambang marlon merupakan tali yang sangat umum digunakan untuk kegiatan pramuka. Tali ini dibuat dari lembaran-lembaran benang wol yang dipilin menjadi satu kesatuan utuh dengan panjang dan ukuran tertentu.

Pada kegiatan pramuka sendiri, tali ini biasa digunakan untuk membuat tandu dan mengikat rakit perahu. Tali ini sangat rentan terhadap gesekan, sehingga tidak disarankan untuk kegiatan yang mengakibatkan gesekan.

Tali Tambang Pramuka Tali Marlon

Jadi bagi kalian yang ingin memnggunakan tali ini untuk kegiatan pramuka kalian, kami sarankan untuk menggunakannya hanya pada kebutuhan tandu dan rakit, karena kedua aplikasi tersebut tidak banyak memberikan gesekan.

Fisik dari tali ini agak lembut dan berwarna putih dengan serat yang tidak terlalu rapi. Untuk gambarnya bisa kalian lihat pada gambar yang udah kami lampirkan diatas ya guys.
 

 

2. TALI TAMBANG PE

Untuk tali jenis ini mungkin kurang familiar di telinga kalian ya. Tapi kalian tau ga bahwa sebutan lain dari tali ini adalah tali tampar.

Gimana sekarang? udah familiar ya klo sama sebutan tali tampar. Hehehe

Yak bener banget guys.. tali ini banyak sekali kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi tentunya tali ini tidak lepas dari semua kegiatan manusia dan salah satunya adalah kegiatan pramuka.

Tali Tambang Pramuka Tali PE Tampar

Tali jenis ini dapat kalian gunakan untuk mendirikan tenda, mengikat barang dan membuat jemuran dadakan saat kalian sedang berada di hutan ataupun di lapangan tempat kalian camping.

Fisiknya sendiri, tali ini terbuat dari serat sintetis yang jika kalian lihat dan raba bahannya hampir mirip plastik. Karena terbuat dari serat sintetis, maka tali ini tidak memiliki serat dan lebih halus permukaannya. Tali ini juga dikenal memiliki banyak sekali macam warnanya, dan masing-masing warna tidak melambangkan apapun. Jadi intinya mau warna apapun tetap sama aja.

Dari sisi kekuatan, tali ini lebih kuat jika dibandingkan dengan tali marlon, karena tali ini dibuat dari serat buatan manusia. Jadi pastinya telah melalui proses pengujian berkali-kali agar tali ini dapat digunakan dengan aman pada aplikasi ringan.

Sedangkan kelemahan dari tali ini adalah karena tali ini terbuat dari serat sintetis plastik, jadi tali ini tidak tahan pada panas terik matahari terus menerus karena dapat merusak molekul atau fisik dari tali tersebut.

Nah sekarang kalian udah tau ya apa aja tali tambang untuk kegiatan pramuka kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan pesan dari kami, jadilah anak yang berguna bagi bangsa dan negara kalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s