TALI TAMBANG PLASTIK

Halo temen-temen semua. Balik lagi nih di blog kami yaitu blog asmarines.com. Kali ini kami mau bahas tali tambang plastik itu ada apa aja sih. Sebenarnya sih kami udah punya blog yang lebih lengkap sih di website resmi kami yaitu http://www.asmarines.com/artikel. Tapi tetap gw kudu bikin artikel blog lain agar dapat membantu orang-orang lebih mengenal alat-alat kapal yang selalu kami jelaskan pada artikel website kami. Oke balik ke pembahasan. Kali ini kami mau bahas tali tambang plastik itu ada apa aja sih.

 

Jadi tali tambang itu banyak jenisnya guys. Dan masing-masing tali tambang tersebut terbuat dari bahan-bahan tertentu. Sehingga ada yang mencari tali tambang plastik di dunia internet ini. Nah masuk pada pembahasan nih sekarang. Terus apa aja tali tambang plastik yang perlu kalian ketahui nih?

 

Berikut adalah penjelasannya.

 

JENIS TALI TAMBANG PLASTIK

Seperti yang udah kami jelasin tadi ya.. Ada beberapa jenis tali tambang sesuai dengan materialnya. Agar kalian lebih jelas, maka kami akan coba untuk menyebutkan masing-masing bahan pembuat tali tambang ini :

  • Serat Buatan
  • Serat Alami
  • Serat Buatan dan Besi

 

Nah yang dimaksud dengan tali tambang plastik disini yaitu di bagian jenis serat buatan. Kenapa demikian?? karena memang bijih plastik yang dibuat sebagai bahan dasar dari tali tambang plastik ini berasal dari serat buatan manusia yang dibuat dari minyak bumi sebagai bahan dasarnya.

 

Nah serat-serat buatan ini memiliki beberapa macam guys. Jadi manusia bikin serat buatan ini dengan hasil yang berbeda-beda. Dari masing-masing serat tersebut, dibuatlah masing-masing jenis tali tambang plastik.

Mungkin kami bahas jenis tali tambang plastik sambil jelasin seratnya juga kali ya.

Berikut adalah penjelasannya.

 

1. SERAT POLYPROPYLENE

Serat buatan manusia yang pertama adalah serat polypropylene. Dan tali tambang plastik yang dibuat dari serat ini sering disebut dengan julukan tali PP. Kenapa PP?? ya itu tadi guys.. karena didapat namanya dari singkatan polypropylene.

Nah tali PP ini dibagi menjadi dua jenis yaitu :

  • Tali PP Mono
  • Tali PP Multi

 

Tali-Tambang-Plastik-Tali-PP

 

Untuk perbedaan dari kedua jenis tali tersebut dapat kalian lihat pada gambar diatas ya guys.

Jadi jika dilihat sekilas, tali PP mono memiliki strip warna biru, sedangkan PP multi berwarna putih polos. Dan kedua tali tersebut jika kalian lihat secara sekilas dan kalian sentuh pastilah terlihat seperti tali tambang plastik.

 

2. SERAT NILON

Serat buatan yang kedua yaitu serat nilon. Serat ini merupakan serat terkuat yang pernah dibuat manusia. Jadi tentunya tali tambang plastik dari serat ini sangatlah kuat. Dan sesuai dengan namanya, tali tambang plastik ini sering disebut orang-orang dengan Tali nilon.

Karena kuat, tentunya tali ini kelas berat ya guys. Dan emang penggunaannya cocok untuk kebutuhan berat seperti lifting, towing dan mooring pada kapal. Berikut adalah contoh gambar dari tali nilon ini guys.

 

Tali-Tambang-Plastik-Tali-Nilon

 

Tali nilon ini warnanya putih nanggung. Tapi polos tidak ada strip. jadi jangan keliru dengan tali PP multi ya guys.. Nanti kalian melongo lihat harganya. Hehehe

Emang tali nilon ini terkenal dengan harganya yang mahal, karena memang dibuat dari 100% bahan serat nilon asli.

 

3. SERAT POLYETYLENE

Nah untuk tali tambang plastik ketiga ini yaitu tali yang sering kita jumpai nih guys. Tali ini lebih familiar disebut masyarakat indonesia dengan sebutan tali tampar. Kalo didaerah gw sih disebutnya tali tampar. Ga tau kalo didaerah kalian. Tulis di kolom komen ya guys kalo kalian punya sebutan lain dari tali PE ini. Biar kita semua yang baca artikel ini jadi tau maksud dari yang gw sampaikan sekarang ini.

Untuk melihat lebih jelas, kalian bisa lihat gambar dibawah ini ya guys.

Tali-Tambang-Plastik-Tali-PE

Tali PE ini banyak digunakan untuk aplikasi ringan ya guys. Contohnya adalah :

  • Pengikat bendera
  • Pengikat Barang
  • Tali jemuran
  • Dll

Tentunya kalian tau ya kegunaan sehari-hari dari tali ini, karena emang tali ini banyak sekali digunakan masyarakat pada kehidupan sehari hari.

 

Okee jadi itu tadi ya tali tambang plastik versi dari kami,, kalo kalian punya pandangan lain atau contoh lainnya. Kalian bisa tulis di kolom komen ya. Nanti biar admin tambahin di artikel, biar artikel ini makin lengkap.

 

Oke sampai disini artikel kami, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.

Leave a comment