JENIS DAN FUNGSI TALI KEPANG

JENIS DAN FUNGSI TALI KEPANG

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel kami sebelumnya, bahwa tali kepang adalah tali yang diproduksi dengan cara dikepang dan dipilin menjadi satu kesatuan tali yang utuh dan kokoh. Tali kepang sendiri memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Jenis dan fungsi tali kepang tersebut saling berkaitan karena bervariasi pula kebutuhan-kebutuhan akan tali kepang di Lapangan dengan spesifikasi yang berbeda=beda pula.

Untuk itu pada artikel kami kali ini, kami rasa perlu kami bahas sedikit tentang jenis dan fungsi tali kepang itu sendiri, tentunya agar user nantinya tidak salah dalam menentukan tali kepang yang mereka butuhkan pada aplikasi yang akan mereka kerjakan di Lapangan.

Saat ini tali kepang banyak digunakan user untuk kebutuhan lifting (angkat) dan Towing (tarik), karena memang tali kepang ini memiliki karakteristik yang mumpuni untuk kebutuhan lifting dan towing tersebut. Untuk jenis dari tali kepang ini sendiri beragam yaitu diantaranya :

  • Polypropylene
  • Nilon
  • Mix Rope

Sedangkan Fungsi tali kepang sendiri juga beragam yaitu diantaranya digunakan pada aplikasi :

  • Oil and Gas
  • Onshore
  • Offshore
  • Heavy Lift

 

KARAKTERISTIK TIAP JENIS TALI KEPANG

Bukan hanya tiap jenis tali kepang, tentunya setiap benda yang diciptakan manusia memiliki karakteristik tersendiri yang itu merupakan sebuah identitas barang tersebut yang melambangkan kelebihan dan kekurangan barang tersebut. Dalam hal ini yang akan kami bahas adalah karakteristik tiap jenis tali kepang yang diciptakan manusia untuk mempermudah kinerja manusia itu sendiri saat diaplikasikan pada pekerjaan mereka di Lapangan.

Seperti yang sudah kami jelaskan mengenai jenis tali kepang diatas, kali ini akan kami bahas lebih detail mengenai karakteristik dari tiap-tiap jenisnya, yaitu diantaranya :

  • Polypropylene, untuk jenis bahan ini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu monofilament dan multifilament. Kedua jenis tali polypropylene tersebut memiliki karakteristik yang berbeda yaitu diantaranya :
  • Polypropylene Monofilament :  Jumlah kepang : 8 kepang, Ukuran: 40mm (cir 5”) sampai dengan 144mm (cir 14”), Mengapung di air, Warna : Putih strip biru.

  • Polypropylene Multifilament :  Jumlah kepang : 8 kepang, Ukuran 40mm (cir 5”) sampai dengan 96mm (Cir 12”), dan 16 kepang ukuran 8mm sampai dengan 12mm, Tenggelam di air, Warna : Putih polos.

  • Nilon, Jumlah kepang : 8 kepang, Ukuran : 40mm (cir 5”) sampai dengan 144mm (Cir 14”), Tenggelam di air, Warna : Putih polos.

  • Mix Rope, Jumlah kepang : 8 kepang, Ukuran : 40mm (Cir 5”) sampai dengan 144mm (Cir 14”), Warna : Putih strip hitam.

Untuk mengetahui artikel lebih lengkapnya silahkan kunjungi artikel kami dibawah ini.

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s