TALI TAMBANG KAPAL

Halo temen-temen semua.. mungkin kalian kita tali tambang itu hanya untuk lomba,, Tetapi tidak demikian, tali tambang kapal pun ada dan khusus digunakan di bidang perkapalan. Tali tambang lainnya juga ada jenisnya sendiri.

Intinya, pengertian tali tambang sendiri adalah tali berukuran besar yang digunakan untuk kebutuhan tertentu.

 

Terus apa aja jenis tali tambang kapal yang perlu kita ketahui?? nah inti artikel kami kali ini ada di poin ini nih. Jadi kami akan menjelaskan apa saja jenis tali tambang kapal yang perlu kita ketahui.

Kami tidak akan menjelaskan jenis tali tambang secara keseluruhan, karena akan sangat penjang artikel ini nantinya.. Dan jika artikel ini terlalu panjang,, jari saya bisa keriting karena kebanyakan ngetik.. hehehe

 

Oke guys jadi kami batasi di tali tambang kapal aja ya.. Semoga kalian bisa mendapatkan informasi yang kalian cari pada artikel ini.

 

JENIS TALI TAMBANG KAPAL

Langsung kita mulai aja ya penjelasannya.. agar artikel ini tidak menjadi terlalu panjang dan membosankan. Untuk jenis tali tambang kapal pertama yang akan kami jelaskan adalah tali Manila

 

TALI MANILA

Penjelasan pertama tentang Tali tambang kapal ini yaitu tali manila.. Tali Manila ini adalah tali yang dibuat dari serat alami dari pohon abaca, yaitu pohon sejenis pisang yang berasal dari Negara Filiphina. Karena ibukota Filiphina adalah Manila, jadi tali tambang kapal yang satu ini akhirnya disebut dengan tali manila.

Tali-Tambang-Kapal-Tali-Manila

di perkapalan, tali manila biasa digunakan untuk kebutuhan pembuatan tangga kapal, jala-jala, dekorasi dan juga alat ikat.

Dan perlu kalian ketahui, tali manila ini tidak memiliki nilai breaking load, sehingga tidak kami sarankan untuk penggunaan berat. Jadi buat kalian yang mau beli tali ini, jangan coba-coba buat pake di aplikasi berat ya guys. Pake buat yang ringan-ringan aja.

 

Jika kalian sedang ada kebutuhan tali manila yang berkualitas dengan berbagai ukuran, silahkan klik link berikut untuk mengunjungi website kami dan tanya jawab seputar produk tali manila ini. Berikut linknya : http://www.asmarines.com/tali-manila

 

TALI PP

Selanjutnya, jenis tali tambang kapal yang kedua yaitu tali PP. Tali PP ini ada 2 jenis yaitu :

  • Tali PP Mono
  • Tali PP Multi

Dan perlu kalian ketahui, tali PP adalah tali yang dibuat dengan menggunakan serat buatan yang terbuat dari minyak bumi dan bahan-bahan rahasia lainnya. Karena terbuat dari serat buatan, maka tali ini memiliki nilai breaking load yang cukup besar.

 

Oia.. apa sih perbedaan kedua jenis tali PP yang udah kami sebutin diatas??

Jadi secara visual dan dilihat dari penampakannya, tali PP mono memiliki warna putih dengan strip biru sedangkan tali PP multi berwarna putih polos. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat gambar dibawah ini :

Tali-Tambang-Kapal-Tali-PP

 

Di perkapalan, tali PP ini banyak digunakan untuk kebutuhan mooring, towing dan juga lashing. Semua aplikasi tersebut tergantung dari ukuran tali PP itu sendiri. Semakin besar ukuran tali PP, maka penggunaannya juga akan semakin berat.

 

Dan jika kalian sedang ada kebutuhan akan tali PP yang asli, bersertifikat serta berkualitas, silahkan kunjungi website kami dan hubungi staff marketing kami jika memang ada yang perlu kalian tanyakan. Berikut adalah linknya :

 

 

TALI NILON

Jenis tali tambang kapal yang terakhir yaitu tali Nilon. Tali nilon ini adalah tali yang terbuat dari serat buatan juga dan dibuat dari minyak bumi serta bahan-bahan lainnya. Tetapi yang membedakan tali nilon dengan tali PP itu sendiri adalah kekuatan dari seratnya.

 

Serat tali nilon merupakan serat terkuat yang pernah dibuat manusia. Untuk itu jika kalian ingin melihat dari sisi kekuatan, tentunya tali nilon lebih kuat jauh dibandingkan dengan tali PP. Tapi semua itu tergantung dari kebutuhan kalian ya guys.

Kalo memang kalian membutuhkan tali yang sangat kuat, tentunya pilihnya tali nilon untuk kebutuhan kalian. Tapi jika kebutuhan kalian itu biasa-biasa aja dan tidak terlalu berat. Kalian bisa memilih tali tambang kapal jenis tali PP tadi.

 

Untuk penampakan dari tali nilon ini sendiri dapat kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

Tali-Tambang-Kapal-Tali-Nilon

 

Terus apa aja kegunaan dari tali Nilon ini di bidang perkapalan? Jadi karena kekuatannya tadi, tentunya tali ini digunakan untuk aplikasi kelas berat ya guys. Contohnya Mooring, Towing, Lifting, Tali Jangkar. Bedanya dari tali PP yaitu beban yang dapat diatasi oleh tali ini tentunya lebih besar, Dan tali ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan lifting. Sedangkan untuk tali PP tidak bisa untuk lifting guys.

 

Jadi itu tadi ya berbagai jenis tali tambang kapal yang perlu kalian ketahui. Jika kalian ada kebutuhan akan tali nilon, kalian bisa cek link berikut : http://www.asmarines.com/tali-nylon

 

Dan jangan lupa untuk kunjungi website kami terus untuk update dan sharing pengetahuan seputar alat-alat kapal di www.asmarines.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s