KLEM KAWAT SELING

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor dan importir resmi berbagai alat-alat kapal, rigging, alat angkat dan peralatan alat berat lainnya. Dan salah satu produk yang kami jual disini adalah klem kawat seling yang fungsinya yaitu untuk mengikat mata seling baja agar tidak terlepas, berubah bentuk dan berubah ukuran.

 

Klem kawat seling sendiri terdiri dari 2 jenis atau tipe ya guys. Karena dalam pembuatan mata kawat seling juga berbeda-beda caranya, tergantung dari jenis dan tipe dari mata seling itu sendiri. Sedangkan untuk klem kawat seling sendiri ada 2 dan alat lainnya juga masih banyak lagi jenisnya. Cuma karena yang kita bahas disini hanya klem kawat seling maka kami akan fokus pada jenis dan tipe klem kawat seling terlebih dahulu. Berikut ini adalah kedua jenis dari klem yang digunakan untuk pembuatan mata seling :

  • Ferrule
  • Wire Clamp

 

Dan masing-masing klem kawat seling tersebut tentunya akan kami jelaskan satu persatu pada poin-poin dibawah ini ya guys.

 

 

KLEM KAWAT SELING – FERRULE

Oke klem pertama yang akan kami jelaskan disini adalah ferrule. Untuk gambarnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini ya guys.

klem-kawat-seling-ferrule

 

 

Untuk ferrule sendiri tidak memiliki jenis khusus, tetapi memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan pembuatan seling itu sendiri. Karena jenis mata seling yang menggunakan ferrule sendiri ada 2 ya yaitu :

  • Mechanical splice
  • Stop end

 

Mechanical splice memiliki mata kait dikedua ataupun di salah satu ujungnya. Tetapi untuk stop end sendiri tidak memiliki mata kait. Dan untuk proses pembuatannya sendiri sama ya, yaitu dengan menggunakan mesin press khusus untuk talurit. Selain menggunakan mesin ini, kalian tidak akan bisa membuat seling dengan klem ferrule ini.

 

Karena memang ferrule yang bentuknya sedikit lonjong seperti gambar diatas bisa dipress sehingga berbentuk lebih pipih dan mengikat mata seling wire rope itu sendiri.

 

 

KLEM KAWAT SLING – WIRE CLAMP

Untuk klem kawat sling jenis wire clamp ini penggunaannya lebih mudah dan simple ya guys. Kalian tidak memerlukan mesin khusus seperti pembuatan kawat seling dengan ferrule. Kalian cukup menggunakan kunci pas untuk mengencangkan baut-baut pada wire clamp itu sendiri agar nantinya dapat mengikat wire rope yang kalian buatkan mata selingnya.

 

Dan wire clamp sendiri pun lebih bervariasi karena memiliki beberapa jenis dan tipe. Berbeda dengan ferrule yang hanya memiliki bentuk yang berbeda saja. Untuk tipe dan jenis dari wire clamp ini sendiri yaitu diantaranya adalah :

  • US Forged
  • Fist Grip
  • Bulldog

 

klem-kawat-seling-wire-clamp

 

Untuk gambar dari ketiga jenis wire clamp tersebut bisa kalian lihat sendiri pada gambar diatas ya guys. Dan bisa kalian lihat ya guys, masing-masing wire clamp diatas memiliki baut pengunci yang nantinya harus kalian kencangkan menggunakan  kunci pas.

 

 

Okee.. jadi itu tadi ya beberapa jenis dan tipe klem kawat seling yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua dan bisa kalian jadikan acuan dalam pembuatan kawat seling yang perusahaan kalian butuhkan. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s