KETAHANAN DAN KEKUATAN RANTAI TOPLINK

Halo temen-temen semua.. kali ini artikel gw akan membahas tentang ketahanan dan kekuatan rantai toplink yang sangat banyak digunakan di dunia perkapalan dan konstruksi. Jadi rantai toplink ini memiliki berbagai jenis atau tipe rantai itu sendiri.

 

Tetapi untuk produk unggulan dari rantai toplink ini sendiri ada pada rantai jenis atau rantai tipe galvanis. Nah makanya disini kami pengen bahas keunggulan dari rantai toplink galvanis ini. Dan salah duanya adalah dari sisi ketahanannya terhadap karat dan juga kekuatannya.

 

Mantep banget kita.. Pokoknya di blog asmarines ini udah paling lengkap kalo soal bahas membahas tentang alat-alat perkapalan. Dan tentunya informasi yang kami sampaikan disini akurat ya.. Karena berdasarkan data dan fakta yang ada di Lapangan.

 

Jadi ga perlu ragu buat baca artikel-artikel di blog kami ini. Walaupun ngomongnya sering ngelantur, tapi ya emang itu gw.. orangnya suka ngelantur dan menghayal. Hohoho.

 

Oke oke jadi curhat nih.. langsung aja kita masuk ke pokok pembahasan kita yaitu membahas tentang ketahanan dan kekuatan rantai toplink.

 

 

KETAHANAN DAN KEKUATAN RANTAI TOPLINK

Pada poin ketahanan ini kami telah melakukan uji coba dengan mencelupkan rantai toplink dengan rantai merk lain kedalam aquarium dengan air garam didalamnya. Dan percobaan ini kami lakukan selama seminggu penuh tanpa diangkat.

 

Pengujian ini kami lakukan untuk menguji ketahanan rantai galvanis ini terhadap karat. Yang artinya jika rantai toplink tahan terhadap proses korosi pada pengujian ini, berarti rantai ini memiliki lapisan galvanis yang tebal dan menyeluruh.

 

Karena kita semua tau ya.. Rantai galvanis adalah rantai yang dilapisi dengan lapisan yang mengandung unsur seng. Jadi semakin tebal lapisan seng pada rantai tersebut maka akan semakin bagus ketahanannya terhadap karat. Berbeda dengan rantai stainless steel yang memang sudah dilakukan standarisasi SUS 304 dan 306.

 

Nah dan hasil dari percobaan ini kami dapatkan hasil yang sangat mencengangkan dan cukup menghebohkan orang-orang dirumah saya. Hmmm

 

Ketahanan-dan-Kekuatan-Rantai-Toplink

 

Rantai yang disebelah kiri adalah rantai toplink ya guys. Bisa kalian lihat untuk karatnya sendiri hampir tidka ada pada rantai toplink tersebut. Sedangkan rantai merk lain terlihat karatnya sampai menutup bagian yang dicelupkan pada air garam.

 

Sangat goib sekali ya..

 

Dan dari ukuran mata rantainya juga bisa terlihat ukuran rantai toplink lebih memanjang dan rapi. Perlu kalian ketahui rantai dengan ukuran seperti ini adalah rantai dengan ukuran standard internasional yang artinya ukurannya tidak banci.

 

Jadi udah jelas ya untuk ketahanan dari rantai toplink ini terhadap karat itu sudah tak terelakkan lagi.. hohoho

 

 

KEKUATAN RANTAI TOPLINK

Dan jika dilihat dari sisi kekuatannya, kalian bisa lihat ya sambungan mata rantai pada rantai toplink ini sangat halus dan rapi. Jadi jika dilihat kasat mata itu terlihat lebih kokoh dan kuat. Tapi bukan hanya terlihat lho guys, ternyata setelah dilakukan uji tarik juga memang hasilnya fantastis dan dinamis.

 

Rantai toplink memiliki nilai breaking load lebih tinggi jika dibandingan dengan rantai galvanis merk lainnya yang seukuran dengannya.

 

Jadi udah jelas ya dari sisi kekuatannya pun udah jelas oke punya. Tapi ga hanya itu guys, kalo kalian beli rantai merk toplink ini, kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan. Dan keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sambungan rantai lebih tebal dan rapi sehingga nilai breaking load lebih tinggi.
  • Lapisan galvanis lebih tebal sehingga lebih tahan terhadap karat.
  • Berat per karung pas, sehingga tidak banci dan konsisten.
  • Dimensi mata rantai lebih lebar dan panjang kaya anuku, sehingga tidak nyangkut saat disambung dengan shackle / segel.

 

Nah jadi itu tadi ya beberapa hal lainnya yang bisa kami sampaikan selain ketahanan dan kekuatan rantai toplink ini. Dan sekarang tentunya kalian jadi semakin yakin ya untuk mempercayakan kebutuhan rantai galvanis kalian dengan menggunakan merk toplink ini.

 

Jadi selain harga yang bersahabat, kalian juga dapatin kualitas yang oke punya juga. Tunggu apa lagi guys, langsung aja kunjungi website kami untuk melihat katalog rantai toplink kami disini >> Katalog TOPLINK <<

FUNGSI RANTAI

Halo temen-temen semua.. gimana nih kabar kalian semua.. semoga pada baik ya.. Amiinn.. Langsung aja ya guys.. Kali ini mimin mau kasih informasi tentang fungsi rantai itu sebenarnya buat apa aja sih. Karena kita tau ya guys, rantai itu banyak banget kegunaannya.

 

Nah karena banyak banget kegunaannya, tentunya kita perlu mempelajarinya satu-satu ya guys. Agar masing-masing kegunaannya itu dapat kita jabarkan satu persatu sehingga kalian dapat memahaminya. Karena masih banyak pengguna rantai yang menggunakan untuk aplikasi yang tidak tepat. Sehingga tentunya hal tersebut akan merugikan si pengguna itu sendiri. Dan yang paling berbahaya itu saat kalian salah mengaplikasikan rantai untuk aplikasi berat.

 

Tentunya aplikasi berat itu sangat beresiko ya guys. Karena dapat membahayakan nyawa seseorang jika sampai terjadi kecelakaan kerja. Ga mungkin dong ada yang mau sampai itu terjadi.. Nah makanya guys, ayok sekarang kita sama-sama bahas apa aja fungsi rantai itu. Jadi nantinya kalian dapat menggunakan rantai pada aplikasi yang sesuai dengan rantai itu sendiri.

 

Hal pertama yang akan kita bahas disini adalah jenis rantai itu sendiri apa aja. Nah dari jenis-jenis rantai tersebut, nantinya akan kami paparkan satu-persatu fungsi rantai tersebut berdasarkan jenisnya. Dengan begitu artikel ini akan dapat lebih mudah untuk dipahami dan diklasifikan berdasarkan kebutuhan kalian.

 

 

JENIS RANTAI DAN FUNGSINYA

Perlu kalian ketahui. Rantai itu dibuat dan diproduksi manusia bukan hanya dibuat satu jenis saja. Tapi ada beberapa jenis, dan masing-masing jenis rantai tersebut memiliki fungsi rantai yang berbeda-beda pula. Maka dari itu tadi, kita sangat perlu untuk mengetahui masing-masing fungsi rantai tersebut dari masing-masing jenis rantai yang ada.

 

Nah langsung aja ya apa aja sih jenis rantai yang ada itu :

  • Rantai Jangkar
  • Rantai Baja
  • Rantai Besi
  • Rantai Stainless Steel
  • Rantai Kendaraan

 

Masing-masing rantai tersebut akan kami jelaskan fungsinya satu persatu. Tenang aja guys.. Aman terkendali. Tapiiii.. kami ga akan menjelaskan tentang rantai jangkar dan rantai kendaraan ya. Karena dari namanya juga udah ketahuan fungsinya buat apa. Hehe

 

Oke langsung aja kita mulai dari fungsi rantai baja ya.

 

 

FUNGSI RANTAI BAJA

Rantai baja dapat kalian bagi menjadi 2 kategori. Kategori tersebut melambang tingkat kekerasan dari baja yang membentuk rantai tersebut. Terus apa aja kategori dari rantai baja ini??

 

Kalo untuk kategori dari rantai baja ini dibagi berdasarkan gradenya guys. Untuk grade dari rantai baja dibagi menjadi :

  • Grade 80
  • Grade 100

 

Tapi ada beberapa produsen rantai baja yang menggunakan grade 8 dan grade 10. Tergantung dari produsennya pokoknya. Tapi intinya sendiri, rantai baja itu dibagi berdasarkan grade. Dan apa fungsi rantai baja ini untuk aplikasinya sehari-hari?

 

Berikut adalah penjelasannya :

  • Lifting
  • Towing

 

Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi yang tergolong pada kelas berat. Karena memang lifting dan towing indentik dengan alat-alat berat dan benda-benda yang berat pula. Tentunya untuk mengangkat dan menarik beban yang berat, sebuah rantai haruslah kuat. Dan yang diperbolehkan untuk aplikasi ini hanyalah rantai baja, dibanding jenis rantai lainnya.

 

 

RANTAI BESI

Lanjut ke jenis rantai yang kedua yaitu rantai besi. Untuk rantai besi ini tidak dibedakan berdasarkan grade seperti rantai baja sebelumnya. Jadi untuk tingkat kekerasannya itu relatif, tergantung dari produsen yang membuat rantai tersebut.

 

Jika rantai yang dibuat ingin laku karena dinilai kuat oleh para pembelinya, maka dia harus bikin rantai besi yang lebih kuat walaupun tidak sekuat rantai baja ya. Terus untuk fungsinya sendiri untuk apa aja ya?

Berikut ini adalah beberapa fungsi rantai besi yang sesuai dengan kekuatan rantai besi ini :

  • Towing
  • Lashing

 

Untuk towing sendiri harus pada benda yang bergerak ya guys. Tidak boleh untuk benda diam yang ingin digeser dan ditarik dengan rantai ini. Dan lashing sendiri tentunya semua hal ya. Asal jangan terlalu sering menggunakan rantai besi untuk lashing kargo di laut, karena rawan terjadi karat.

 

 

RANTAI STAINLESS STEEL

Yang terakhir yaitu rantai stainless steel ya guys. Rantai stainless ini termasuk golongan rantai yang paling bagus. Soalnya mengkilap kaya jidat orang pinter kaya gw.. Wakakakakak..

 

Udah-udah,, ga boleh ngayal.. Oke balik lagi, jadi untuk rantai stainless steel ini fungsinya untuk apa aja?? berikut adalah fungsi rantai stainless steel ini :

  • Dekorasi
  • Lashing
  • Pemberat jala

 

Untuk dekorasi sendiri, biasanya digunakan pada dekorasi kapal atau bahkan rumah. Karena emang rantai ini bagus dan juga mudah perawatannya, jadi masih bisa digunakan untuk dekorasi. Dan untuk pemberat jala sendiri memang menggunakan rantai stainless karena memang rantai ini tahan karat.

 

Tentunya kita tau ya,, semua besi itu sangat rawan pada pengaratan. Pun pada rantai jangkar yang terbuat dari baja. Rantai jangkar juga mengalami pengaratan hebat lho guys untuk jangka waktu yang cukup singkat. Nah makanya dibutuhkan rantai yang kuat menahan air laut nih.

 

Okee jadi itu tadi ya informasi seputar fungsi rantai yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan kalo kalian ingin melihat rujukan artikel ini yang lebih lengkap, silahkan kunjungi artikel rujukan kami berikut ini >> Fungsi Rantai <<

RANTAI BESI KECIL

Halo temen-temen semua. Apakah kalian semua sedang mencari informasi tentang ukuran rantai besi kecil untuk kebutuhan kalian?? Nah kebetulan banget nih karena disini kami akan coba bahas tentang ukuran dari rantai besi kecil itu segimana sih.

 

Tapi sebelum kami membahas hal tersebut, kami akan sedikit membahas tentang kegunaan dari rantai besi yang berukuran kecil tersebut. Karena ditakutkan orang-orang salah menggunakan dan mengaplikasikan rantai besi kecil ini untuk kebutuhan mereka.

 

Karena banyak ya guys,, orang-orang mencari sesuatu yang murah tanpa memperhatikan keselamatan mereka sendiri. Mereka berpendapat bahwa rantai ini pasti kuat. Atau rantai ukuran segini udah cukup lah ga mungkin rusak. Padahal apa yang mereka ucapkan tanpa didasari data dan fakta.

 

Nah maka dari itu alangkah baiknya kami jelaskan sedikit tentang fungsi dan kegunaan dari rantai besi berukuran kecil ini.

 

 

FUNGSI RANTAI BESI KECIL

Pada aplikasinya sehari-hari, rantai besi bisa digunakan untuk berbagai hal kecuali untuk aplikasi yang berat. Karena memang material besi sendiri bukanlah merupakan material yang memiliki kekuatan superior. Untuk itu kegunaan dari rantai besi ini sendiri lebih kearah aplikasi yang ringan hingga menengah.

 

Tapi bagaimana jika kita berbicara tentang rantai besi kecil? nah tentunya aplikasi dari rantai besi yang berukuran kecil bukan lagi berbicara tentang aplikasi ringan hingga menengah. Tapi disini kita bicara tentang aplikasi ringan saja, karena memang ukurannya yang kecil ya guys.

 

Kegunaan rantai besi yang berukuran kecil di aplikasi lapangan yaitu diantaranya :

  • Alat pengikat ( Lashing )
  • Dekorasi
  • Pagar

 

Ketiga aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dapat diatasi dengan rantai besi kecil. Diluar daripada itu, kalian harus melakukan research terlebih dahulu atau kalian bisa tulis di kolom komentar. Agar nantinya kami dapat membantu untuk menjawab pertanyaan kalian tersebut.

 

Nah jika kita sudah berbicara tentang fungsi dari rantai besi kecil ini, maka hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah inti dari artikel ini.

 

 

UKURAN RANTAI BESI KECIL

Untuk ukuran dari rantai besi yang terkecil yang kami miliki dan kami ketahui adalah rantai dengan ukuran 3 mm. Dibawah itu sebenarnya juga termasuk dalam golongan rantai besi. Tapi tidak tergolong rantai yang memiliki kegunaan yang umum melainkan khusus. Misal : perhiasan, pajangan, dll

 

Sedangkan ketiga aplikasi yang udah kami sebutkan diatas lebih kearah umum. Karena penggunaannya yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis. Misal lashing atau alat ikat, secara umum ikat disini memiliki banyak makna. Bisa mengikat hewan peliharaan, bisa juga mengikat kargo. Atau bisa juga mengikat kendaraan, jadi maksudnya lebih kearah umum.

 

Nah jika kalian ingin melihat data dari apa yang kami sampaikan ini. Kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini ya untuk mengetahui rantai besi kecil yang kalian maksud.

 

Rantai-Besi-kecil

 

Bisa kalian lihat ukuran rantai dari kolom paling kiri ya guys yaitu dibagian diameter.

 

Naahh sekarang kalian udah tau ya rantai besi kecil itu ukurannya segimana. Kalo pengen tau pasti, kalian bisa mengukurnya dengan menggunakan penggaris atau jangka sorong. Jadi kalian bisa membayangkan ukuran aslinya itu segimana sih.

 

Oke sampai disini ya artikel kami kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Bekerjalah sesuai dengan prosedur keamanan untuk menjaga keselamatan kerja kalian.

TALI TAMBANG PRAMUKA

Halo temen-temen khususnya adek-adek dan kakak-kakak pramuka nih.. Kali ini kami mau bahas tentang tali tambang pramuka apa aja sih yang perlu kalian ketahui. Jadi perlu kalian ketahui ya, tali tambang pramuka itu bukan cuma hanya satu jenis lho. Tapi ada beberapa jenis dan tentunya memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda pula. Walaupun sama-sama untuk mengikat, tetapi ada perbedaan tentunya pada kedua jenis tali ini.

 

Tentunya kalian perlu tau ya apa aja sih jenis tali tambang pramuka yang ada saat ini? dan apa aja sih perbedaannya. Langsung aja ya kita mulai pembahasan kita kali ini.

 

TALI TAMBANG PRAMUKA

Seperti yang kita tau ya guys. kegiatan pramuka itu berhubungan erat dengan tali temali. Bukan hanya dalam mendirikan tenda, tetapi kadang membuat rakit bambu, tandu untuk orang sakit, dan lain-lain.

Nah dalam aplikasinya sendiri, ternyata tidak semua tali tambang pramuka itu sama jenisnya. Dan berikut ini kami akan coba membedah dan menjelaskan satu persatu jenis dan perbedaan tali tersebut.
 

1. TALI TAMBANG MARLON

Tali tambang marlon merupakan tali yang sangat umum digunakan untuk kegiatan pramuka. Tali ini dibuat dari lembaran-lembaran benang wol yang dipilin menjadi satu kesatuan utuh dengan panjang dan ukuran tertentu.

Pada kegiatan pramuka sendiri, tali ini biasa digunakan untuk membuat tandu dan mengikat rakit perahu. Tali ini sangat rentan terhadap gesekan, sehingga tidak disarankan untuk kegiatan yang mengakibatkan gesekan.

Tali Tambang Pramuka Tali Marlon

Jadi bagi kalian yang ingin memnggunakan tali ini untuk kegiatan pramuka kalian, kami sarankan untuk menggunakannya hanya pada kebutuhan tandu dan rakit, karena kedua aplikasi tersebut tidak banyak memberikan gesekan.

Fisik dari tali ini agak lembut dan berwarna putih dengan serat yang tidak terlalu rapi. Untuk gambarnya bisa kalian lihat pada gambar yang udah kami lampirkan diatas ya guys.
 

 

2. TALI TAMBANG PE

Untuk tali jenis ini mungkin kurang familiar di telinga kalian ya. Tapi kalian tau ga bahwa sebutan lain dari tali ini adalah tali tampar.

Gimana sekarang? udah familiar ya klo sama sebutan tali tampar. Hehehe

Yak bener banget guys.. tali ini banyak sekali kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi tentunya tali ini tidak lepas dari semua kegiatan manusia dan salah satunya adalah kegiatan pramuka.

Tali Tambang Pramuka Tali PE Tampar

Tali jenis ini dapat kalian gunakan untuk mendirikan tenda, mengikat barang dan membuat jemuran dadakan saat kalian sedang berada di hutan ataupun di lapangan tempat kalian camping.

Fisiknya sendiri, tali ini terbuat dari serat sintetis yang jika kalian lihat dan raba bahannya hampir mirip plastik. Karena terbuat dari serat sintetis, maka tali ini tidak memiliki serat dan lebih halus permukaannya. Tali ini juga dikenal memiliki banyak sekali macam warnanya, dan masing-masing warna tidak melambangkan apapun. Jadi intinya mau warna apapun tetap sama aja.

Dari sisi kekuatan, tali ini lebih kuat jika dibandingkan dengan tali marlon, karena tali ini dibuat dari serat buatan manusia. Jadi pastinya telah melalui proses pengujian berkali-kali agar tali ini dapat digunakan dengan aman pada aplikasi ringan.

Sedangkan kelemahan dari tali ini adalah karena tali ini terbuat dari serat sintetis plastik, jadi tali ini tidak tahan pada panas terik matahari terus menerus karena dapat merusak molekul atau fisik dari tali tersebut.

Nah sekarang kalian udah tau ya apa aja tali tambang untuk kegiatan pramuka kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan pesan dari kami, jadilah anak yang berguna bagi bangsa dan negara kalian.