PERBEDAAN SERAT SINTETIS DAN SERAT ALAMI

Halo temen-temen asmarines yang tercinta.. Semoga kalian dan keluarga selalu diberikan kesehatan ya.. Jaga selalu kesehatan dan kebersihan kalian, apalagi dimasa pandemi kaya gini. Okee… itu tadi sedikit doa bersama dan sekarang kami akan mulai memaparkan inti dari artikel ini yaitu perbedaan serat sintetis dan serat alami.

 

Dan perlu kalian ketahui bersama, serat yang kami maksud disini adalah serat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tali ya guys. Karena tali sendiri adalah kumpulan dari serat-serat yang digabungkan dan dipilin menjadi satu kesatuan tali itu sendiri.

 

Nah serat pembuat tali itu tadi dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Serat Sintetis
  • Serat Alami

 

Sekarang pertanyaannya adalah apa sih perbedaan serat sintetis dan serat alami itu? Tentunya kita harus tau ya perbedaannya agar nantinya kita bisa mengetahui kekuatan dari tali dengan serat sintetis dan tali dengan serat alami.

 

Perbedaan kedua serat tersebut akan kami bagi menjadi beberapa faktor yaitu diantaranya :

  • Gambarnya / fisiknya
  • Bahan pembuatnya
  • Karakteristik kekuatan dan kelemahannya
  • Harganya

 

PERBEDAAN SERAT SINTETIS DAN SERAT ALAMI

perbedaan-serat-sintetis-dan-serat-alami

 

serat sintetis

 

Gambar dari serat sintetis dapat kalian lihat pada gambar diatas ya guys. Seratnya sendiri biasanya saat masih mentah berwarna putih, sedangkan jika sudah diproses biasanya diberikan warna-warna tertentu, tergantung dari produsen tali itu sendiri.

 

Sedangkan untuk gambar dari serat alami bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.

 

Serat-Alami

 

Serat-Abaca

 

Bisa dilihat ya perbedaannya jika dilihat dari gambar atau bentuk fisiknya. Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah perbedaan serat sintetis dan serat alami dari sisi bahan pembuatnya.

 

Untuk serat sintetis sendiri, bahan pembuatnya yaitu dari minyak bumi. Minyak bumi nanti akan diolah menjadi bijih dan ditarik dengan panas tertentu sehingga menjadi serat-serat dengan panjang tertentu. Dan karena terbuat dari minyak bumi, maka harga dari serat ini tidak lah stabil. Harganya akan terus berubah mengikuti harga minyak dunia.

 

Jadi jangan heran kalo harganya kadang turun kadang naek dalam hitungan hari.

 

Dan selanjutnya yaitu serat alami. Bahan pembuat dari serat alami ini yaitu dari tumbuh-tumbuhan ya guys baik dari batang ataupun kulit batangnya. Jadi batang atau kulit batang ini diseset atau diurai menjadi serat-serat kecil yang tipis.

 

Nah nanti baru dipilin jadi satu menjadi sebuah kesatuan tali..

 

Selanjutnya perbedaan dari sisi karakteristik baik kelebihan dan kelemahannya ya. Untuk penjelasan ini akan kami bagi menjadi 2 atau kami pisahkan agar lebih mudah dalam membacanya.

 

KARAKTERISTIK SERAT SINTETIS

Sebenarnya dari semua serat sintetis yang dibuat, belum tentu semuanya memiliki karakteristik yang sama ya. Tapi ada karakteristik serat sintetis yang hampir semua memilikinya yaitu diantaranya adalah :

  • Memiliki titik leleh pada panas tertentu ( dapat meleleh )
  • Lebih kuat dari serat alami
  • Bisa dapat memiliki nilai breaking load ( ada yang tidak punya dan ada yang punya )

 

KARAKTERISTIK SERAT ALAMI

Dan untuk serat alami sendiri karakteristik sangat paten ya, dan hampir semua karakteristik yang akan kami sebutkan dibawah ini dimiliki oleh serat alami tersebut. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dimiliki serat alami :

  • Tidak memiliki nilai breaking load ( hanya cocok digunakan aplikasi ringan seperti mengikat benda dan semacamnya).
  • Tidak memiliki titik leleh pada panas tertentu. Tapi kalo dibakar ya bakal terbakar.. hehe ( maksudnya dibawah panas sinar matahari tidak akan leleh ).
  • Dapat meresap air, sehingga saat dalam keadaan basah, tali tersebut akan semakin lemah kekuatannya atau mudah putus).
  • sangat rentan terhadap gesekan, karena permukaannya yang kasar sehingga akan lebih mudah mengalami gesekan.

 

 

HARGA SERAT ALAMI DIBANDINGKAN SERAT BUATAN

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, untuk harga dari serat buatan itu tergantung dari harga minyak dunia ya guys. Tetapi jika dilihat dari perbandingan harga, biasanya harga serat alami lebih murah dari serat buatan.

 

Jadi perbandingannya bisa kalian bandingkan dengan kedua jenis tali dari serat alami dan serat buatan dengan ukuran yang sama. Biasanya harganya serat alami lebih murah guys.

 

Okee.. sekarang kalian udh tau ya kira-kira apa aja sih perbedaan serat sintetis dan serat alami. Semoga dengan adanya artikel ini kalian jadi tercerahkan seperti saat gw pake sabun muka dikamar mandi.. Wekekeke.. Yaw dah lah kalo gitu,, gw pamit dulu.. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s