KENAPA TALI NILON MAHAL?

Halo temen-temen blog asmarines, kali ini gw mau bahas tentang tali nilon nih.. Jadi cukup banyak pertanyaan dari pada customer dan netizen ya.. Kenapa sih tali nilon mahal dibandingkan dengan jenis tali lainnya? Nah pada artikel kami kali ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan kenapa tali nilon mahal.

 

Jadi ada beberapa hal ya yang membuat tali nilon itu memiliki harga jual yang tinggi. Tapi sebelumnya kami mau kasih tunjuk dulu nih yang mana sih gambarnya tali nilon itu.. Berikut adalah gambar dari tali nilon dan sedikit ciri-cirinya.

 

Kenapa-Tali-Nilon-Mahal

 

Nah seperti kalian lihat ya.. tali nilon itu gambarnya kaya gitu guys.. Ciri-cirinya yaitu :

  • Permukaan halus
  • Warna agak mengkilap
  • Warna tidak terlalu putih, tapi agak kekuningan mendekati abu-abu.. Jadi campuran kuning sama abu2.. hehehe

 

Jadi kalo kalian nemu tali nilon harganya murah.. mending kalian lihat dulu deh.. Ciri-cirinya sesuai atau nggak sama gambar dan ciri yang udah gw sebutin diatas. Kalo dari permukaannya aja udh kasar,, dapat dipastikan itu bukan tali nilon, alias kalian sedang dibohongi.

 

KENAPA TALI NILON MAHAL?

Oke balik lagi ke pembahasan ya.. Kenapa tali nilon mahal? Jawabannya adalah karena karakteristiknya. Tali nilon sendiri dibuat dari serat buatan yang di klaim merupakan serat terkuat yang pernah dibuat manusia.

 

Tapi ga tau deh kalo beberapa tahun kedepan.. Mungkin ada ilmuwan yang bisa menciptakan serat yang lebih kuat lagi. Nah dari sisi produksinya sendiri juga sudah jelas ya.. serat terkuat ya tentu saja harga juga mahal.

 

Dan karakteristik lainnya yang menjadi pendukung tingginya harga tali nilon ini adalah sebagai berikut :

  • Daya tahan terhadap gesekan,, tali ini dapat menahan gesekan lebih kuat ketimbang jenis tali lainnya. Penyebabnya adalah karena halus dan lembutnya permukaan dari serat nilon sehingga membuat daya gesek semakin kecil dan tali tidak akan mudah putus.
  • Memiliki daya tahan terhadap gentakan yang baik. Saat tali digunakan untuk mengikat objek yang bergerak, tentunya objek tersebut dapat memberikan hentakan cukup kuat pada tali.. Misalnya tali diikat pada kapal yang bersandar. Maka saat ombak besar, tentunya kapal akan terombang-ambing tanpa arah dan menghentak tali pengikatnya. Nah dengan tali nilon, hentakan tersebut dapat diatasi lebih baik ketimbang jenis tali lainnya.
  • Melting point yang tinggi. Maksudnya adalah tali ini dapat meleleh jika mendapatkan panas lebih dari 216° C. Jadi tidak akan meleleh hanya karena terpapar sinar matahari.
  • Tahan terhadap zat-zat kimia seperti minyak, formaldehyde, dan alkohol.

 

Nah dari keempat hal tersebutlah yang membuat harga tali nilon lebih mahal ketimbang tali lainnya. Dan tentunya masih banyak kelebihan lain dari tali ini ya guys. Tapi mungkin tidak bisa dibandingkan dengan harganya, jadi tidak kami sebutkan pada karakteristik diatas.

 

Okee. . itu tadi ya beberapa hal atau jawab tentang kenapa tali nilon mahal? semoga penjelasan dari kami dapat memuaskan kalian lahir dan batin.. Wekekekekek.. Oke kalo gitu.. sampai disini ya artikel dari kami.. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s