JENIS TALI TERKUAT

Halo temen-temen asmarines yang lagi kepo dan bertanya-tanya.. Hahahhaa.. pasti kalian lagi mencari informasi tentang jenis tali terkuat ya?? gw dulu pernah ikut seminar membaca pikiran, jadi tau apa yang ada dalam pikiran kalian.. Hohoho.. hmm udah-udah ngayalnya.. jangan kebanyakan.. Oke jadi kali ini kami akan membahas tuntas tentang jenis tali terkuat itu tali apa aja sih guys.

 

Jadi tali kan dibuat dari kumpulan serat yang dipilin nih guys. Nah seratnya sendiri ada 2 jenis nih.. Yaitu serat buatan dan serat alami. Untuk serat alami itu tidak memiliki daya tahan sekuat serat buatan guys. Contoh tali yang menggunakan serat alami yaitu tali manila.

 

Nah kalo ngomong masalah tali manila ya jangan dipake buat aplikasi yang berat-berat ya.. Cukup yang ringan saja buat ngiket barang atau apa kek.

 

Dan untuk serat buatan itu diklaim menjadi serat yang lebih kuat daripada serat alami. Serat buatan sendiri ada banyak macemnya guys. Tapi cuma ada 2 jenis serat terkuat yang berhasil dibuat manusia untuk pembuatan tali.

 

Penasaran ga nih serat apa aja?? langsung aja kita bahas pada beberapa poin dibawah ini.. Cekidoot..!!

 

 

JENIS SERAT TALI TERKUAT

Oke langsung aja ya apa aja nih jenis serat tali terkuat?? Jadi seperti yang udah kami sebutkan diatas, yaitu ada 2 jenis serat tali terkuat nih guys. Berikut adalah kedua jenis serat tali tersebut :

  • Serat Nilon
  • Serat Kevlar

 

Serat nilon adalah serat yang diperuntukkan untuk pembuatan tali nilon ya guys.. Karena udah jelas ya namanya serat nilon ya pasti buat tali nilon. Hehehe

 

Tali-Nilon-Jenis-Tali-Terkuat

 

Tali nilon diklaim menjadi tali terkuat karena memiliki beberapa karakteristik dibawah ini :

  • Nilai breaking load yang sangat tinggi
  • Tahan terhadap gesekan
  • Melting poin diatas 200 derajat celcius yang artinya tidak akan meleleh dengan panas api biasa. Jadi kudu dibakar dengan waktu lebih dari beberapa menit baru dia meleleh.
  • Tahan terhadap gentakan atau hentakan.

 

Dari keempat karakteristik tersebut, tali nilon menjadi pilihan bagi para pengguna aplikasi angkat beban berat dan juga pengikatan kapal laut saat bersandar.

 

Yang kedua yaitu serat kevlar. Serat kevlar diklaim menjadi serat terkuat karena serat ini digunakan oleh pihak militer dan kepolisian untuk membuat rompi anti peluru dan sarung tangannya. Serat ini dapat bertahan pada benda tajam sehingga sangat cocok digunakan pihak militer dan kepolisian agar terlindung saat bertugas.

 

Tali-Kevlar-Jenis-Tali-Terkuat

 

Tetapi semakin kesini, serat kevlar juga dilirik beberapa industri otomotif untuk digunakan sebagai pelapis body sehingga dapat menahannya dari peluru. Serat ini pernah diklaim 5x lebih kuat dari baja lho, sehingga ya ga kaget kalo dinobatkan menjadi serat terkuat.

 

Nah itu tadi ya beberapa jenis tali terkuat yang perlu kalian ketahui ya guys. Semoga artikel ini dapat memuaskan pertanyaan kalian lahir dan batin.. Hehehe.. Oke kalo gitu gw pamit undur diri dulu dan jangan lupa untuk jaga kesehatan dan kebersihan kalian selalu ya..

 

Selalu pakai masker kalian saat bepergian kemanapun.. Stay safe guys..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s