CARA MERAWAT WIRE ROPE

Halo temen-temen semua.. gimana nih kabar kalian semua?? masih pada baek kan?? hehehe.. oke jadi kali ini gw mau kasih info buat kalian semua tentang cara merawat wire rope.

 

Kita semua tau ya wire rope itu kegunaannya sangat krusial dan fatal sekali. Karena digunakan untuk mengangkat dan juga menarik beban yang berat, maka tentunya wire rope harus selalu dalam performa yang baik.

 

Dan untuk mendapatkan performa yang baik, sebuah wire rope harus lah dirawat. Jika wire rope dirawat dengan benar, maka performa dari wire rope tersebut tentunya akan selalu terjaga.

 

Tapi perlu kalian ketahui ya. Merawat wire rope itu ga kaya merawat alat-alat perkakas kalian dirumah. Merawat wire rope itu bisa dari sisi penyimpanan dan penggunaannya juga. Jadi emang ga sembarangan.

 

Ya kalo alat-alat perkakas pokok kalian simpan ditempat yang bebas dari udara luar dan air agak tidak berkarat. Nah kalo wire rope ga cuma itu guys.. Ada beberapa cara merawat wire rope yang perlu kalian ketahui.

 

Maka dari itu pantengin terus nih artikel kami, biar kalian bisa merawat wire rope kalian sendiri hingga awet sampai rusak karena lamanya pemakaian. Karena ga ada wire rope yang awet terus ya. Selama masih terus dipakai maka kekuatannya juga pasti akan makin menurun.

 

Tapi paling nggak kalo kita rawat dengan benar, pemakaiannya akan lebih lama sehingga kalian ga terlalu boros uang juga karena sering beli wire rope.

 

Oke langsung aja lah ya gimana sih cara merawat wire rope yang benar? Nih gw kasih jawabannya. Cekidot…!!

 

 

CARA MERAWAT WIRE ROPE

 

Oke poin yang pertama yang perlu kalian pahami adalah penyimpanan wire rope itu sendiri. Tempat penyimpanan wire rope itu harus ditempat yang kering, terlindung dari panas dan hujan.

 

TEMPAT PENYIMPANAN

Selain diletakkan ditempat penyimpanan yang seperti tadi, kalian juga harus memperhatikan lingkungan kalian. Gudang kalian dalam menyimpan wire rope tersebut juga jangan didaerah pinggir pantai atau daerah bergaram.

 

Karena udara ditempat tersebut dapat menimbulkan pengaratan pada wire rope kalian. Jadi pastikan kalian menyimpan wire rope kalian ditempat yang aman ya. Bukan aman dari maling.. tapi aman dari keempat hal tadi.

  • Lembab
  • Panas Matahari
  • Air Hujan
  • Daerah bergaram

 

 

CARA PENANGANAN

Maksud dari cara penanganan disini yaitu saat kalian gunakan, kalian pegang, kalian pindahkan kemana. Jadi semua itu harus kalian lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai diseret-seret karena dapat membuat umur wire rope menjadi berkurang.

 

Jangan juga ditekuk saat menyimpan atau membawanya karena dapat mengakibatkan kink. Wire yang tertekuk juga dapat membuat bagian corenya patah dan kalian tidak bisa melihatnya dari luar.

 

Sehingga sangat riskan jika wire rope tersebut kalian gunakan.

 

 

PERAWATAN WIRE ROPE

Dalam perawatannya sendiri, wire rope hanya perlu rutin kalian lubrikasi atau berikan gemuk / oli. Hal ini dilakukan untuk menahan proses pengaratan dari wire rope sehingga wire rope dapat tahan lebih lama.

 

Karena kita semua tau masalah utama wire rope adalah pengaratan yang memang dikarenakan material dari wire rope itu sendiri ada besi baja yang dapat berkarat.

 

Naahh jadi itu tadi beberapa cara merawat wire rope yang benar agar menjaga wire rope kalian selalu awet. Semoga dapat kalian aplikasikan pada wire rope kalian ya. Dan gw rasa cukup segini aja artikel kami kali ini.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Dan kalo kalian pengen tau tentang cara penggunaan wire rope yang benar agar awet, kalian bisa lihat artikel lebih lengkapnya disini. >> Penggunaan wire rope yang benar <<

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s