MASTERLINK DISAMBUNG SHACKLE ATAU LANGSUNG DENGAN SELING

Halo temen-temen semua.. kali ini kami mau menjawab dan sedikit menjelaskan tentang pertanyaan sobat semua tentang apakah masterlink disambung shackle atau langsung dengan seling?

 

Jadi maksud pertanyaan disini adalah apakah rangkaiannya masterlink terus disambung shackle baru disambung ke seling? Atau masterlink langsung disambungkan dengan seling tanpa perantara shackle?

 

Nah dari pertanyaan tersebut lah kami jadi punya inspirasi untuk membuat artikel ini. Karena cukup menarik untuk kita bahas ya guys rangkaian dari seling ini sendiri urutan yang benar itu kaya gimana.

 

Apakah masterlink ke shackle terus ke seling ataukah dari masterlink ke seling? Kira-kira kalian udah pada tau belum jawabannya? mungkin ada sebagian dari kalian udah pada tau ya. Tapi pada artikel ini kami akan menjelaskan secara detail masing-masing rangkaian yang disebutkan tadi.

 

MASTERLINK DISAMBUNG SHACKLE ATAU LANGSUNG DENGAN SELING

Oke jadi langsung aja ya kami akan jawab pertanyaan apakah masterlink disambung shackle atau langsung dengan seling? jawabannya adalah bisa keduanya. Tapiiii.. tapi apa nih??

 

masterlink-disambung-shackle-atau-langsung-dengan-seling

Semua harus ada penjelasannya ya guys. dan semua pasti ada plus minusnya. Maka dari itu perlu kami jelaskan perbedaan dari kedua rangkaian yang berbeda tersebut.

 

Jadi langsung aja ya mari kita sama-sama simak plus minus dari kedua jenis rangkaian masterlink dengan sling tadi.

 

Yang pertama..!! Masterlink dengan Seling

 

MASTERLINK DISAMBUNG LANGSUNG KE SELING

Sebelum kami menjawab pertanyaan itu, kami mau menjelaskan dikit karakteristik alat rigging ya guys.. Tapi tenang aja, penjelasan ini nantinya akan menjadi pendukung penjelasan utama kami.

 

Jadi biar kalian enak bacanya dan mengerti maksud penjelasan kami, mending kami jelasin dulu karakteristiks alat rigging ini.

 

Karakteristik alat rigging itu nilai breaking loadnya akan berkurang jika disambung dengan alat rigging lain. Berkurangnya berapa persen? kira-kira 50 – 70%, tergantung merk ya guys. Kami cuma kasih garis besarnya aja nih.

 

Jadi misal ada masterlink dan seling dengan breaking load ( kekuatan angkat ) yang sama yaitu sama-sama 1 ton. Maka kalian hanya bisa menggunakannya untuk mengangkat beban sekitar 300 – 500 Kg saja. Ga bisa lebih dari itu, karena kalo kalian paksain bisa bahaya guys.

 

Keangkat sih keangkat, tapi bisa beresiko sambungan patah. Jadi udah pada tau ya karakteristiknya. Langsung ke penjelasan kalo gitu.

 

Oke gimana kalo masterlink disambung langsung ke seling? nah karena masterlink langsung disambung dengan seling, maka kekuatan angkat dari masterlink hanya berkurang sedikit guys, yaitu sekitar 40 – 50% saja.

 

Tapiii.. kekurangan dari rangkaian ini yaitu bersifat paten atau permanen guys. Kalian ga akan bisa bongkar tuh rangkaian lagi, jadi mau ga mau ya kalian hanya bisa mengangkat satu jenis barang dengan berat yang sama atau berat dibawah beban yang biasa kalian angkat yang 40 – 50% tadi.

 

MASTERLINK DISAMBUNG SHACKLE DAN KE SELING

Dan yang kedua yaitu rangkaian masterlink ke shackle dan ke seling. Jadi seperti yang udah kami jelasin tadi, jika alat rigging disambung dengan alat rigging lagi, maka nilai breaking loadnya akan berkurang.

 

Yaitu sekitar 50 – 70% saja. Tapiii.. dengan rangkaian ini, kalian bisa bongkar pasang sling kalian. Jadi kegunaan sling nantinya bisa digunakan untuk beberapa aplikasi yang berbeda. Misal untuk tarik, atau untuk angkat, atau bisa juga untuk seling dengan lebih dari satu.

 

Jadi penggunaannya bisa lebih bervariasi guys, bisa buat beban lebar satu meter misalnya. Dan bahkan bisa kalian gunakan untuk beban dengan lebar 3 meter misalnya. Karena dengan seling lebih dari satu kaki kita bisa mengangkat beban yang lebih lebar karena jangkauan seling yang lebih luas.

 

Naahh jadi itu tadi ya beberapa kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis rangkaian yang telah kami sebutkan tadi. Gimana nih? udah terjawab dong pertanyaan kalian tentang masterlink disambung shackle atau langsung dengan seling? Tapi emang lebih banyak yang pake masterlink langsung ke seling sih, karena beban yang mereka angkat lebih maksimal. Dan penggunaan alat angkat biasanya bebannya itu-itu aja. Hehe

 

Jadi tergantung kebutuhan kalian lah ya.. kalian pasti yang lebih tau kebutuhan kalian di Lapangan.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys. Dan semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian dengan jelas. Intinya jenis rangkaian akan mempengaruhi kekuatan angkat dari sebuah seling. Semakin banyak rangkaian maka akan semakin menurun kekuatan angkatnya.

 

Dan bagi kalian yang sedang ada kebutuhan alat rigging atau seling, kalian bisa langsung kunjungi website kami di www.asmarines.comKalian juga bisa tanya-tanya tentang kemampuan alat rigging dan seling dengan masalah yang kalian hadapi di Lapangan.

 

Jadi ga perlu ragu buat hubungi staff kami ya guys. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s