PERBEDAAN FUNGSI MASTER LINK DAN SHACKLE

Halo temen-temen semua. Gimana nih kabar kalian semua?? semoga pada baik ya.. Jadi kali ini kami mau membahas tentang perbedaan fungsi master link dan shackle. Karena memang kedua benda ini fungsinya sama-sama sebagai alat penyambung.

 

Nah tentunya untuk menghindari kekeliruan ataupun kesalahan dalam penggunaan kedua alat rigging ini. Maka pada artikel ini kami ingin menjelaskan tentang perbedaan fungsi master link dan shackle tersebut. Karena emang kedua alat ini biasanya digunakan pada aplikasi-aplikasi berat dan extreme guys.

 

Jadi ada baiknya kami menjelaskan masalah ini agar nantinya tidak terjadi kesalahan dan hingga kecelakaan kerja di lingkungan kerja kalian. Serem banget kalo sampai kecelakaan kerja guys.. Ngeri banget ngeliatnya dan yang paling penting itu kasian dia yang mengalami kecelakaan kerja dan keluarganya.

 

Karena naudzubillah ya.. bisa sampai cacat seumur hidup guys. Makanya kita harus menghindari hal-hal seperti ini terjadi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan fungsi aslinya. Jangan pernah ngakal-ngakalin pake alat-alat gini guys. Bahaya banget.. nyawa taruhannya. Mending sesuai prosedur aja ya guys..

 

 

PERBEDAAN FUNGSI MASTER LINK DAN SHACKLE

Nah jadi disini kami akan coba untuk menjelaskan dan tentunya disertai gambar ya, biar kalian ga salah sangka nantinya. Hehehe.

 

Kita mulai dari pengertiannya dulu aja kali ya biar artikelnya agak panjangan. hehehe.. Nggak ding. Biar artikelnya makin lengkap dan selalu memberikan informasi akurat buat kalian semua. Hohoho.

 

Dari Master Link dulu kali ya.. Jadi master link adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan untuk menyambung hook pada crane ataupun kendaraan angkat lainnya dengan sling agar dapat mengangkat beban. Sling disini bisa sling tali, wire rope, rantai ataupun webbing sling.

 

Dan Shackle adalah salah satu jenis alat rigging juga yang digunakan untuk menyambung antara alat rigging lainnya dengan sling. Jadi alat rigging disini misalnya master link, hook, socket, eye bolt dan lain-lain.

 

Untuk gambarnya sendiri bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini ya.

perbedaan-fungsi-master-link-dan-shackle

 

Bisa kalian lihat ya, sama-sama melingkar gitu bentuknya. Jadi emang fungsinya buat alat sambung. Tapi beda dari sisi penggunaannya di lapangan guys.

 

Jadi kalo dilihat dari fungsinya, masterlink ini merupakan alat sambung yang disambungkan langsung dengan pengangkatnya. Sedangkan shackle merupakan perantara untuk mengangkat bendanya. Nah kalo diaplikasikan, posisi masterlink ini ada dipaling atas rangkaian sling. Dan shackle berada dibawah masterlink ataupun dibawah slingnya.

 

Untuk gambarnya kalian bisa lihat dibawah ini ya biar lebih jelas mengartikan apa yang kami coba jelaskan.

Rangkaian-Sling

 

bisa kalian lihat ya.. Master link ada dibagian atas sling. Dan dibagian bawah sling ada shackle yang bisa disambungkan dengan objek angkat ataupun dengan hook.

 

Gimana sekarang udah jelas belum perbedaan fungsi master link dan shackle ini? Sekarang kalian udah bisa bedain fungsinya dong pastinya. Jadi jangan sampai kalian salah pake kedua jenis alat rigging ini ya guys.

 

Dan semoga pekerjaan anda kedepannya makin profesional dan makin berkah. Jadi rejekinya baik buat anak dan keluarga kalian. Amiinn.. Okee,, jadi semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya. Dan inget selalu bekerja sesuai dengan petunjuk penggunaan yang benar ya. Salam..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s