FUNGSI RANTAI

Halo temen-temen semua.. gimana nih kabar kalian semua.. semoga pada baik ya.. Amiinn.. Langsung aja ya guys.. Kali ini mimin mau kasih informasi tentang fungsi rantai itu sebenarnya buat apa aja sih. Karena kita tau ya guys, rantai itu banyak banget kegunaannya.

 

Nah karena banyak banget kegunaannya, tentunya kita perlu mempelajarinya satu-satu ya guys. Agar masing-masing kegunaannya itu dapat kita jabarkan satu persatu sehingga kalian dapat memahaminya. Karena masih banyak pengguna rantai yang menggunakan untuk aplikasi yang tidak tepat. Sehingga tentunya hal tersebut akan merugikan si pengguna itu sendiri. Dan yang paling berbahaya itu saat kalian salah mengaplikasikan rantai untuk aplikasi berat.

 

Tentunya aplikasi berat itu sangat beresiko ya guys. Karena dapat membahayakan nyawa seseorang jika sampai terjadi kecelakaan kerja. Ga mungkin dong ada yang mau sampai itu terjadi.. Nah makanya guys, ayok sekarang kita sama-sama bahas apa aja fungsi rantai itu. Jadi nantinya kalian dapat menggunakan rantai pada aplikasi yang sesuai dengan rantai itu sendiri.

 

Hal pertama yang akan kita bahas disini adalah jenis rantai itu sendiri apa aja. Nah dari jenis-jenis rantai tersebut, nantinya akan kami paparkan satu-persatu fungsi rantai tersebut berdasarkan jenisnya. Dengan begitu artikel ini akan dapat lebih mudah untuk dipahami dan diklasifikan berdasarkan kebutuhan kalian.

 

 

JENIS RANTAI DAN FUNGSINYA

Perlu kalian ketahui. Rantai itu dibuat dan diproduksi manusia bukan hanya dibuat satu jenis saja. Tapi ada beberapa jenis, dan masing-masing jenis rantai tersebut memiliki fungsi rantai yang berbeda-beda pula. Maka dari itu tadi, kita sangat perlu untuk mengetahui masing-masing fungsi rantai tersebut dari masing-masing jenis rantai yang ada.

 

Nah langsung aja ya apa aja sih jenis rantai yang ada itu :

  • Rantai Jangkar
  • Rantai Baja
  • Rantai Besi
  • Rantai Stainless Steel
  • Rantai Kendaraan

 

Masing-masing rantai tersebut akan kami jelaskan fungsinya satu persatu. Tenang aja guys.. Aman terkendali. Tapiiii.. kami ga akan menjelaskan tentang rantai jangkar dan rantai kendaraan ya. Karena dari namanya juga udah ketahuan fungsinya buat apa. Hehe

 

Oke langsung aja kita mulai dari fungsi rantai baja ya.

 

 

FUNGSI RANTAI BAJA

Rantai baja dapat kalian bagi menjadi 2 kategori. Kategori tersebut melambang tingkat kekerasan dari baja yang membentuk rantai tersebut. Terus apa aja kategori dari rantai baja ini??

 

Kalo untuk kategori dari rantai baja ini dibagi berdasarkan gradenya guys. Untuk grade dari rantai baja dibagi menjadi :

  • Grade 80
  • Grade 100

 

Tapi ada beberapa produsen rantai baja yang menggunakan grade 8 dan grade 10. Tergantung dari produsennya pokoknya. Tapi intinya sendiri, rantai baja itu dibagi berdasarkan grade. Dan apa fungsi rantai baja ini untuk aplikasinya sehari-hari?

 

Berikut adalah penjelasannya :

  • Lifting
  • Towing

 

Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi yang tergolong pada kelas berat. Karena memang lifting dan towing indentik dengan alat-alat berat dan benda-benda yang berat pula. Tentunya untuk mengangkat dan menarik beban yang berat, sebuah rantai haruslah kuat. Dan yang diperbolehkan untuk aplikasi ini hanyalah rantai baja, dibanding jenis rantai lainnya.

 

 

RANTAI BESI

Lanjut ke jenis rantai yang kedua yaitu rantai besi. Untuk rantai besi ini tidak dibedakan berdasarkan grade seperti rantai baja sebelumnya. Jadi untuk tingkat kekerasannya itu relatif, tergantung dari produsen yang membuat rantai tersebut.

 

Jika rantai yang dibuat ingin laku karena dinilai kuat oleh para pembelinya, maka dia harus bikin rantai besi yang lebih kuat walaupun tidak sekuat rantai baja ya. Terus untuk fungsinya sendiri untuk apa aja ya?

Berikut ini adalah beberapa fungsi rantai besi yang sesuai dengan kekuatan rantai besi ini :

  • Towing
  • Lashing

 

Untuk towing sendiri harus pada benda yang bergerak ya guys. Tidak boleh untuk benda diam yang ingin digeser dan ditarik dengan rantai ini. Dan lashing sendiri tentunya semua hal ya. Asal jangan terlalu sering menggunakan rantai besi untuk lashing kargo di laut, karena rawan terjadi karat.

 

 

RANTAI STAINLESS STEEL

Yang terakhir yaitu rantai stainless steel ya guys. Rantai stainless ini termasuk golongan rantai yang paling bagus. Soalnya mengkilap kaya jidat orang pinter kaya gw.. Wakakakakak..

 

Udah-udah,, ga boleh ngayal.. Oke balik lagi, jadi untuk rantai stainless steel ini fungsinya untuk apa aja?? berikut adalah fungsi rantai stainless steel ini :

  • Dekorasi
  • Lashing
  • Pemberat jala

 

Untuk dekorasi sendiri, biasanya digunakan pada dekorasi kapal atau bahkan rumah. Karena emang rantai ini bagus dan juga mudah perawatannya, jadi masih bisa digunakan untuk dekorasi. Dan untuk pemberat jala sendiri memang menggunakan rantai stainless karena memang rantai ini tahan karat.

 

Tentunya kita tau ya,, semua besi itu sangat rawan pada pengaratan. Pun pada rantai jangkar yang terbuat dari baja. Rantai jangkar juga mengalami pengaratan hebat lho guys untuk jangka waktu yang cukup singkat. Nah makanya dibutuhkan rantai yang kuat menahan air laut nih.

 

Okee jadi itu tadi ya informasi seputar fungsi rantai yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua. Dan kalo kalian ingin melihat rujukan artikel ini yang lebih lengkap, silahkan kunjungi artikel rujukan kami berikut ini >> Fungsi Rantai <<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s