MACAM-MACAM TALI BAJA YANG PERLU KALIAN KETAHUI

Hai temen-temen semua.. kali ini kami mau bahas tentang macam-macam tali baja yang perlu kalian ketahui nih. Jadi ada beberapa macam tali baja yang memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Dari perbedaan tersebut, kalian harus mengetahui masing-masing perbedaan tersebut agar nantinya kalian tidak salah salam mengaplikasikan tali baja kalian untuk kebutuhan kalian tersebut.

 

Kenapa gitu?? karena tali baja adalah tali yang biasa digunakan untuk kebutuhan berat. Jadi jika kalian salah dalam menggunakan tali baja untuk kebutuhan kalian tersebut. Maka nantinya akan membahayakan nyawa dari para pekerja yang berada disekitarnya.

 

Semua orang tentunya ga mau ya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut. Dan selain itu, si pembeli juga bisa kehilangan materi berupa uang karena tali baja yang dia beli salah. Sehingga harus beli lagi yang baru yang sesuai dengan kebutuhannya tersebut.

 

Kebayang ya guyys.. udah resiko nyawa,, resiko duit lagi.. Tentunya kita semua ga mau sampe terjadi hal-hal kayak gitu.

 

MACAM-MACAM TALI BAJA YANG PERLU KALIAN KETAHUI

Oke kalo gitu kita langsung masuk ke pembahasan inti dari artikel ini ya guys.. Apa aja sih macam-macam tali baja yang perlu kalian ketahui?

Ada 3 jenis tali baja yang ada sampe saat ini guys. Dan masing-masing jenis tali baja tersebut digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda pula. Berikut adalah macam-macam tali baja yang perlu kalian ketahui ya guys :

  • Tali Baja General : yaitu tali baja yang umum digunakan untuk aplikasi angkat, tarik dan ikat. Untuk tali baja tipe ini memiliki konstruksi yang beragam. Dan ciri-ciri mudah yang dapat kalian lihat adalah dari sisi penampang wire ya.. Tali baja ini masing-masing wirenya bulat tidak dipress. Dan untuk konstruksinya sendiri biasa dimulai dari angka 1 atau 6 atau 7 dan atau 19. Misal ( 6 x 12 ).. Bisa kalian lihat ya angka didepan konstruksinya adalah 6. Jadi ini menandakan bahwa tali baja tersebut adalah tali baja general.

 

  • Tali Baja Elevator / Lift : yaitu tali baja yang khusus digunakan untuk kebutuhan aplikasi elevator atau biasa juga kita sebut dengan lift. Jadi tali baja ini tidak lain hanya digunakan untuk kebutuhan ini ya guys dengan ciri-ciri yang perlu kalian ketahui adalah konstruksinya yang biasa dimulai dari angka 8. Karena tali baja ini adalah tali baja khusus, jadi memang untuk konstruksinya sendiri juga khusus yaitu depannya adalah angka 8. Misalnya  ( 8 x 19 ). Bisa kalian lihat ya guyss.. angka bagian depannya adalah angka 8 yang merupakan ciri khusus dari tali baja ini.

 

  • Tali Baja Super / High Performance :  yaitu tali baja yang khusus digunakan untuk aplikasi extreme yang membutuhkan kekuatan dan kelenturan dari tali baja. Biasanya kebutuhan extreme seperti ini dibutuhkan Crane dan juga aplikasi-aplikasi berat lainnya. Untuk tali baja ini biasa memiliki ciri-ciri penampang wirenya seperti habis di press atau tidak bulat sempurna. Dan untuk konstruksinya sendiri biasanya angka didepan adalah angka besar. Bahkan mencapai puluhan. Misalnya 35 x 7, seperti yang bisa kalian lihat ya. Angka dibagian depannya adalah angka yang cukup besar yaitu 35. dan hal ini menandakan bahwa tali baja ini adalah tali baja super atau high performance.

 

KEGUNAAN MACAM-MACAM TALI BAJA YANG PERLU KALIAN KETAHUI

Dari apa yang telah kami sebutkan diatas, semoga kalian dapat memahami masing-masing ciri dari macam-macam tali baja yang perlu kalian ketahui ini ya guys. Semoga kalian udah ga mungkin salah dalam membeli dan memilih tali baja yang sesuai dengan kebutuhan kalian di proyek.

 

Oke jadi bahasan kita selanjutnya adalah membahas tentang kegunaan macam-macam tali baja yang perlu kalian ketahui ya guys. Jadi setelah kita mengetahui ciri-cirinya, maka selanjutnya kita juga harus tau contoh-contoh aplikasi yang biasa digunakan untuk kebutuhan masing-masing jenis tali baja tersebut.

 

TALI BAJA GENERAL / UMUM

Yang pertama yaitu tali baja general.  Untuk kegunaan dari tali baja ini sungguh beragam ya guys. Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwa tali baja ini biasa digunakan untuk aplikasi angkat, tarik dan juga ikat. Contoh dari aplikasi tersebut yaitu aplikasi lifting atau angkat barang atau kontainer. Atau bisa juga untuk aplikasi tarik yaitu tarik kapal dengan kapal tongkang. Berikut adalah contoh gambarnya :

Macam-Macam-Tali-baja-yang-perlu-kalian-ketahui-untuk-kapal-tongkang

 

Macam-Macam-Tali-baja-yang-perlu-kalian-ketahui-untuk-angkat-kontainer

 

TALI BAJA ELEVATOR / LIFT

Udah cukup jelas ya guys.. Oke selanjutnya kita masuk ke jenis tali baja yang kedua yaitu tali baja elevator atau lift. Jadi seperti namanya ya guys.. Untuk tali baja ini hanya khusus digunakan untuk kebutuhan mengangkat dan menurunkan elevator ya guys.

 

Tali baja ini dirancang khusus dengan tingkat kelenturan yang tinggi karena sistem kerja elevator adalah diangkat dengan katrol. Yang artinya tali baja akan sering ditekuk akibat putaran katrol tersebut. Jadi jika tali baja itu kaku, maka tali baja akan cepat putus. Sedangkan tali baja elevator ini adalah tali baja yang lentur, sehingga sangat aman dan cocok digunakan untuk aplikasi ini. Berikut adalah contoh penggunaan tali baja elevator pada aplikasi elevator atau lift ya guys :

Macam-Macam-Tali-baja-yang-perlu-kalian-ketahui-untuk-Elevator

 

Bisa kalian lihat ya guys.. Katrol tersebut akan terus berputar dan menekuk tali baja tersebut seiring elevator tersebut dioperasikan.

 

TALI BAJA SUPER / HIGH PERFORMANCE

Lanjut ya guys untuk pembahasan kita yang terakhir. Tali baja yang ketiga yaitu tali baja super atau high performance. Tali baja ini adalah tali baja yang khusus dibuat untuk aplikasi yang extreme yaitu aplikasi yang membutuhkan kekuatan tali baja yang tinggi dan juga kelenturan tali baja yang tinggi.

 

Sedangkan karakteristik tali baja dengan kekuatan yang besar yaitu besar dan kuat. Sedangkan untuk tali baja dengan tingkat kelenturan yang tinggi harusnya kecil dengan konstruksi wire kecil dan banyak. Jadi 2 hal tersebut sangat bertolak belakang jika ingin digunakan bersamaan.

 

Untuk itu diciptakanlah tali baja yang memiliki kekuatan besar dan lentur dengan cara di press. Jadi tali baja berukuran besar dengan wire berukuran besar pula, dipress hingga ukurannya mengecil dengan tanpa mengurangi nilai breaking loadnya. Jadi hal tersbeut membuat tali baja ini lebih lentur dari sebelumnya karena hasil press tadi yang membuat wire mengecil dan lentur.

 

Untuk kegunaannya sendiri, tali baja ini banyak digunakan untuk kebutuhan pendant crane yang membutuhkan kekuatan tali baja yang besar dan lentur. Berikut adalah contoh dari penggunaan pendant crane ini :

Macam-Macam-Tali-baja-yang-perlu-kalian-ketahui-untuk-Overhead-Crane

 

Macam-Macam-Tali-baja-yang-perlu-kalian-ketahui-untuk-Crane-Hoist

 

Macam-Macam-Tali-baja-yang-perlu-kalian-ketahui-untuk-crane

 

Gimana guys?? Udah pada jelas ya.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua ya guys.. Oia, jika kalian semua sedang ada kebutuhan dari tali baja yang telah kami sebutkan diatas, kalian bisa menghubungi staff marketing kami dengan mengunjungi website resmi kami di www.asmarines.com.

 

Disitu kalian bisa konsultasi dan bertanya-tanya tentang harga, spesifikasi dan kegunaan dari masing-masing tali baja yang ada. Kalian juga bisa berkonsultasi untuk mendapatkan tali baja yang paling cocok untuk kebutuhan anda dan tentunya disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

 

Mantep banget dah pokoknya.. Oke deh kalo gitu.. Stay safe ya guys..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s