JENIS SWIVEL DAN KEGUNAANNYA

Oke temen-temen semua. Kali ini kami masih ingin membahas jenis alat rigging lainnya yang dinamakan swivel. Jadi masih seputar alat rigging ya, karena memang alat rigging sangatlah banyak ragamnya. Untuk itu sangat penting untuk kami jelaskan satu persatu agar kalian semua dapat lebih mudah memahaminya. Dan dengan kami buat artikel tentang masing-masing jenis alat rigging secara terpisah, maka nantinya kalian akan dapat memilih artikel mana yang akan jadi prioritas kalian untuk kalian baca. Dan untuk artikel ini, kami akan coba untuk membahas tentang jenis swivel dan kegunaannya. Swivel ini merupakan salah satu jenis alat rigging yang paling jarng dibahas di blog-blog alat rigging Indonesia. Jadi kami pengen jadi yang pertama yang bahas jenis swivel dan kegunaannya ini. PERTAMAX GAN..!! hehe.

Sebelum kami membahas tentang jenis swivel dan kegunaannya, alangkah baiknya terlebih dahulu kami jelaskan arti atau makna dari swivel itu sendiri. Swivel adalah salah satu jenis alat rigging yang berfungsi untuk menyeimbangkan objek angkat saat berputar. Seperti yang anda ketahui, jika sebuah benda diangkat menggunakan satu buah tali, maka benda itu akan berputar untuk menyeimbangkan diri hingga benar-benar seimbang dan diam tak bergerak lagi. Tetapi beda halnya jika terjadi pada wire rope sling. Jika wire rope sling ikut berputar mengikuti gerakan beban angkatnya atau objek angkatnya, maka otomatis strand dari wire rope tersebut bisa rusak dan renggang. Hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya wire rope sehingga lebih mudah putus.

Disinilah fungsi dan kegunaannya swivel ini yang telah kami sebutkan yaitu sebagai penyeimbang. Swivel memiliki poros ditengah yang dapat berputar hanya dibagian bawahnya saja, sehingga saat beban diangkat. Maka bagian atas yang tersambung dengan wire rope sling tidak berputar. Hal inilah yang menyebabkan wire rope sling tidak rusak saat digunakan untuk mengangkat beban dengan menggunkan swivel. Untuk bentuk dari swivel ini sendiri dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Jenis-Swivel-dan-Kegunaannya-1

Jadi pada gambar diatas dapat kalian lihat ya. Terdapat bentuk semacam pengait dibagian atas dan bawahnya. Dan dibagian tengah terdapat poros yang dapat berputar. Dengan menggunakan swivel, kalian dapat menjaga kualitas wire rope sling kalian. Jadi wire rope sling kalian dapat digunakan lebih lama dan lebih awet.

Tentunya semua orang ingin barang yang dipakainya selalu awet dan tahan lama ya. Karena memang dengan memiliki barang yang awet dan tahan lama, anda dapat menghemat lebih banyak biaya dan waktu anda. Jadi tidak ada salahnya jika anda membeli swivel untuk kebutuhan lifting anda di Lapangan.

JENIS SWIVEL DAN KEGUNAANNYA

Oia, balik lagi nih. Jadi apa aja sih jenis swivel dan kegunaannya? Ada beberapa jenis swivel yang perlu kalian ketahui nih. Jadi nantinya kalian dapat memilih jenis swivel mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian di Lapangan. Berikut ini adalah beberapa jenis swivel yang dijual di Indonesia dan dunia :

  1. Regular Swivel
  2. Chain Swivel
  3. Jaw End Swivel
  4. Swivel Hook

Jadi seperti yang dapat kalian lihat, ada 4 jenis swivel yang berbeda. Untuk gambar dari masing-masing jenis swivel ini dapat kalian pada gambar dibawah ini.

Jenis-Swivel-dan-Kegunaannya

Jenis swivel yang pertama adalah jenis regular swivel. Jenis regular swivel ini dapat anda gunakan untuk kebutuhan angkat anda menggunakan wire rope sling dan juga chain sling. Jadi lebih flexible untuk digunakan.

Dan jenis yang kedua yaitu chain sling. Dapat kalian ketahui bersama ya dari namanya. Karena nama depannya chain, maka kegunaannya dari chain swivel ini tentunya digunakan untuk chain sling saja ya temen-temen.

Lanjut pada jenis swivel yang ketiga yaitu Jaw End Swivel. Jenis swivel ini pemasangannya lebih mudah karena bisa dicopot pasang dari slingnya. Dan untuk kegunaannya sendiri bisa digunakan untuk wire rope sling dan juga chain sling.

Yang terakhir yaitu swivel hook. Jenis swivel yang satu ini berbeda dengan yang lain. Karena jenis swivel ini memiliki hook dibagian bawahnya. Jadi fungsinya bisa langsung dikaitkan pada benda atau objek angkat yang sudah memiliki lubang kait untuk hook.

Naahh.. udah pada jelas ya temen-temen tentang jenis swivel dan kegunaannya. Kalo kalian masih kurang jelas lagi, tenang aja nih. Kalian bisa kunjungi artikel lengkapnya disini >> ARTIKEL SWIVEL <<. Disitu kalian akan mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jenis swivel dan kegunaannya.

Oke temen-temen semua. Sampai disini ya artikel kami kali ini, udah mulai capek nih ngetiknya. Hehehe.. Dan selalu perhatikan keselamatan kerja kalian ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s