CARA MENGGUNAKAN WIRE CLIP

CARA MENGGUNAKAN WIRE CLIP

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa aja jenis wire clip yang ada di Indonesia ini umumnya. Dan pada artikel ini kami ingin membahas tentang cara menggunakan wire clip yang baik dan benar yang tentunya sesuai dengan standard Internasional. Jadi jangan sampai salah dalam menggunakan wire clip yang teman-teman, karena untuk standard penggunaannya sendiri juga sesuai dengan prosedur dari luar negeri yang sudah di sepakati oleh badan standarisasi seluruh dunia.

Bahayanya apa sih jika kita sampai salah menggunakan wire clip ini tanpa menghiraukan standard penggunaannya? Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan terkait tentang bahaya dari salahnya dalam menggunakan wire clip ini yaitu diantaranya :

  • Dapat Merusak Body Wire Rope / Strand Wire Rope.
  • Bisa Membuat wire rope tertekuk.
  • Dan jika kedua hal itu terjadi maka bahayanya adalah wire rope sling dapat putus setiap saat tanpa menghiraukan nilai breaking loadnya.
  • Yang terakhir yaitu nilai breaking load dapat berkurang lebih dari 70% dari nilai breaking load aslinya.

Serem juga ya.. Kalo sampai hal itu terjadi tentunya bisa terjadi kecelakaan kerja lho guys. Bisa menimbulkan korban saat bekerja dan bahkan bisa sampai menimbulkan kematian akibat terkena benda yang sedang diikat oleh wire clip tersebut. Jadi tolong pelajari terlebih dahulu petunjuk penggunaan dari wire clip ini. Dan kalo bisa kalian ikut pelatihan di perusahaan kalian, agar nantinya buat nambah pengalaman kalian juga lho.

 

CARA MENGGUNAKAN WIRE CLIP YANG BENAR

Setelah kita tau bersama bahwa ada beberapa hal yang bisa terjadi jika kalian tidak mengikuti petunjuk penggunaan wire clip dengan benar. Maka hal selanjutnya yang akan kita bahas adalah gimana sih cara menggunakan wire clip yang benar. Terdapat beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yaitu diantaranya adalah :

  • Masukkan ujung mata wire rope pada lubang wire clip, kemudian tekuk agar dapat membentuk mata kait. Kemudian masukkan lagi ujung mata wire rope yang sudah ditekuk kedalam lubang wire clip.

  • Setelah semua masuk, tarik wire clip hingga ujung pangkal mata wire rope sling yang sudah kalian ukur ukurannya. Oia, disini kalian bisa pilih mau pake thimble atau tanpa thimble ya untuk pembuatan mata wire rope slingnya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa liat pada gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Wire Clip yang Benar

  • Pastikan kalian memposisikan wire clip dengan benar ya. Bagian body bawah wire clip diposisikan pada wire rope yang lebih panjang. Sedangkan bagian body atas wire clip diposisikan pada wire rope yang sudah ditekuk atau yang lebih pendek. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat gambar diatas yang untuk posisi pemasangan wire clip ini.

  • Hal yang terakhir yaitu perlu diingat bahwa kalian harus memasang minimal 3 wire clip pada wire rope sling tersebut. Jadi contohnya dapat anda lihat pada gambar diatas. Jadi setelah wire clip pertama sudah dimasukkan, masukkan lagi wire clip kedua dan ketiga. Oia cara pasangnya jangan masang wire clip setelah mata terbentuk ya. Masukkan 3 buah wire clip terlebih dahulu pada wire rope yang belum dibuat wire rope sling, kemudian baru masukkan wire clip satu persatu seperti gambar diatas.

Jadi udah jelas ya untuk cara menggunakan wire clip yang benar ini. Kalian bisa dapet 2 keuntungan jika membuat wire rope sling dengan bantuan wire clip yaitu :

  1. Tidak permanen, jadi wire clip dapat dibuka dan wire rope sling dapat kembali pada bentuk semua, sehingga wire rope tersebut dapat digunakan lagi untuk aplikasi lainnya, sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

  2. Mata Sling bisa dibuka.

Tetapi ada juga kerugian dari menggunakan wire clip ini untuk membuat wire rope sling anda. Kerugiannya adalah nilai breaking load dari wire rope sling anda akan berkurang 20% dari nilai aslinya. Jadi misal nilai breaking load dari wire rope anda itu 1 ton, maka jika kalian membuat wire rope sling menggunakan wire clip maka nilai breaking loadnya akan menjadi 800 Kg, bukan 1 ton lagi. Jadi pastikan kalian menyesuaikan hal ini dengan beban angkat kalian ya. Jangan pernah memaksakan nilai breaking load dengan berat objek angkat, karena resikonya akan sangat fatal buat kalian sendiri.

Jika kalian membutuhkan wire clip yang asli dan berkualitas untuk kebutuhan anda di pekerjaan, percayakan kebutuhan wire clip anda dan alat-alat kapal lainnya pada kami. Kunjungi website resmi kami untuk pemesanan dan pertanyaan seputar alat-alat kapal yang kami jual hanya di www.asmarines.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s