JENIS SHACKLE 2

JENIS SHACKLE 2

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas apa saja jenis shackle yang ada di Indonesia ini khususnya dan di dunia ini umumnya. Dan sedikit merefresh apa yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwa jenis shackle terdiri dari 3 kategori yaitu diantaranya :

  1. Jenis Shackle berdasarkan bentuknya
  2. Jenis Shackle berdasarkan jenis penguncinya
  3. Jenis Shackle berdasarkan jenis materialnya

Hal pertama yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya yaitu jenis shackle berdasarkan bentuknya yaitu yang terdiri dari :

  • Shackle Omega
  • Shackle D

Dan untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang kedua jenis shackle tersebut, anda dapat mengunjungi artikel kami sebelumnya tentang jenis shackle part I.

JENIS SHACKLE BERDASARKAN JENIS PENGUNCINYA

Jadi pada poin selanjutnya tentang jenis shackle, kami akan membahas jenis shackle berdasarkaan jenis penguncinya. Karena shackle sifatnya adalah sebagai alat penyambung, tentunya shackle ini memiliki yang namanya pengunci agar sambungannya nanti tidak dapat terlepas.

Karena peranan dari pengunci shackle ini sangatlah penting, jadi memang jenis shackle berdasarkan jenis penguncinya ini perlu kami bahas. Ada beberapa jenis pengunci dari shackle, baik itu shackle omega maupun shackle D. Kedua jenis shackle tersebut memiliki jenis-jenis pengunci yang sama. Dan untuk jenis-jenis pengunci tersebut diantaranya adalah :

  1. Jenis pengunci “Screw Pin”
  2. Jenis pengunci “Bolt & Nut”

Shackle yang pertama adalah shackle dengan jenis pengunci screw pin. Shackle jenis ini menggunakan bentuk pin dengan pemutar scrup tanpa menggunakan pengunci. Hanya dikencangkan saja sampai batas maksimal ulirnya agar tidak terlepas. Shackle ini digunakan untuk aplikasi non permanent ( aplikasi yang membutuhkan shackle yang dapat dibongkar dan pasang kembali ).

Dan shackle yang kedua yaitu shackle Bolt and Nut. Shackle jenis ini menggunakan bentuk pin seperti kepala baut dengan pengunci baut dan pengunci Pinnya. Shackle jenis ini lebih aman karena tidak mudah terbuka. Shackle ini digunakan untuk aplikasi yang lebih permanen, contohnya pada aplikasi offshore.

Setelah kita semua tau apa saja jenis shackle berdasarkan jenis penguncinya ini, maka selanjutnya kita juga perlu tau akan perbedaan dari kedua jenis pengunci shackle ini dari segi kelebihannya. Dan tentunya masing-masing jenis pengunci tersebut memiliki kelebihan sendiri-sendiri, dan kelebihan tersebut diantaranya :

  1. Screw Pin : Lebih mudah untuk dibongkar pasang kembali.
  2. Bolt and Nut : Lebih aman dalam pemakaiannya.

 

JENIS SHACKLE BERDASARKAN MATERIALNYA

Untuk poin kita selanjutnya tentang jenis shackle ini yaitu kami akan coba membahas tentang jenis shackle berdasarkan materialnya. Seperti kita tau, material shackle tentunya dibuat berbeda-beda. Ada yang untuk aplikasi ringan dan juga ada yang untuk aplikasi yang berat. Shackle yang digunakan untuk aplikasi yang berat tentunya memiliki tingkat kekerasan dari material yang lebih keras jika dibandingkan dengan shackle yang digunakan untuk aplikasi ringan.

Dan untuk itu kami akan membahas tentang jenis materialnya dan juga karakteristiknya. Beberapa jenis shackle berdasarkan materialnya dibagi menjadi 2 yaitu diantaranya :

  1. Shackle JIS Type
  2. Shackle SWL Type

Jenis shackle berdasarkan materialnya yang pertama yaitu shackle JIS Type. Shackle ini sering disebut dengan shackle galvanis atau shackle dee galvanis. Shackle jenis ini terbuat dari bahan baku Mild/Malleable Steel. Shackle ini karakteristiknya adalah tidak mempunyai breaking load. Karena ini shackle jenis ini tidak cocok digunakan untuk aplikasi berat. Shackle ini cocok digunakan untuk aplikasi Dapra, Pagar dan Lashing.

Jenis shackle berdasarkan materialnya yang kedua yaitu shackle SWL Type. Shackle jenis ini terbuat dari bahan baku carbon steel. Karena bahan bakunya yang terbuat dari Carbon yang memiliki karakteristik kuat dan memiliki nilai breaking load, maka shackle ini dapat digunakan untuk aplikasi berat yaitu lifting dan towing.

Jadi udah pada jelas ya, apa aja perbedaan yang dimiliki tiap-tiap jenis shackle yang ada. Dan jika anda membutuhkan shackle yang asli dan berkualitas, anda dapat bertransaksi dengan kami dengan mengunjungi website kami di www.asmarines.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s