JENIS MASTERLINK

JENIS MASTERLINK

Pada artikel kami kali ini, kami ingin melanjutkan untuk membahas tentang berbagai macam jenis alat rigging. Dan pada bahasan kami kali ini, kami akan membahas tentang jenis masterlink. Seperti yang sudah kami bahas pada artikel kami sebelumnya, bahwa masterlink adalah salah satu dari beberapa macam alat rigging. Dan masterlink ini tentunya memiliki beberapa jenis yang berbeda.

Tetapi sebelum kami membahas tentang jenis masterlink ini, maka ada baiknya kami menjelaskan tentang apa itu masterlink dan fungsinya. Hal ini kami rasa perlu agar anda nantinya dapat membedakan dan mengerti masing-masing jenis masterlink yang akan kami sampaikan nanti.

Jadi masterlink adalah alat yang berfungsi untuk menyatukan kaki sling baik wire rope sling ataupun chain sling dan juga webbing sling yang umumnya digunakan untuk aplikasi lifting (angkat). Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

jenis-masterlink

Pada gambar diatas, anda dapat melihat bagian yang berwarna merah di bagian paling atas. Bagian yang berbentuk lingkaran berwarna merah dan memiliki 3 buah lingkar itulah yang disebut dengan masterlink. Dan seperti anda lihat, masterlink tersebut dikaitkan pada 4 buah wire rope sling, sehingga wire rope sling tersebut dapat digunakan untuk mengangkat beban yang memiliki pengait di keempat sisinya. Atau dapat juga digunakan untuk mengangkat beban yang tidak bisa diangkat dengan 1 buah wire rope sling saja.

Dan untuk jenis masterlink ini ada beberapa, dan akan kami sampaikan pada poin-poin dibawah ini.

JENIS MASTERLINK

Masterlink diproduksi manusia tentunya terdiri dari beberapa jenis. Kenapa bisa begitu?? karena setiap masterlink ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dan hal ini dapat dikaitkan dengan berbeda-bedanya / beragamnya kebutuhan manusia tersebut. Karena mungkin saat pembuatan masterlink untuk pertama kalinya, ada beberapa aplikasi yang tidak sanggup dilakukan masterlink tersebut. Hal ini membuat pada produsen masterlink menciptakan masterlink-masterlink jenis lain yang dapat berguna untuk banyaknya kebutuhan dari manusia tersebut.

Dan jenis masterlink tersebut dapat anda lihat pada poin-poin dibawah ini :

  1. Weldless Masterlink
  2. Masterlink Assembly
  3. Welded Masterlink
  4. Weldless End Link
  5. Weldless Round Ring
  6. Pear Shaped Masterlink

jenis-masterlink-lengkap

Jenis masterlink yang pertama yaitu weldless masterlink. Master Link ini berbentuk biasa yaitu bulat lonjong seperti tabung. Fungsi dari master link tipe ini adalah untuk mengangkat benda dengan bantuan sling maksimal 2 kaki saja.

Kemudian jenis masterlink yang kedua yaitu masterlink assembly. Master Link ini terdiri dari 3 Ring yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Fungsi dari master link tipe ini adalah untuk mengangkat benda dengan bantuan sling dengan 3 – 4 kaki.

Jenis masterlink yang ketiga yaitu welded masterlink. Master Link ini berbentuk seperti weldless master link, tetapi bedanya master link ini di design dengan bentuk gepeng (seperti di press) dibagian tengahnya. Fungsi dari Master Link ini adalah untuk dapat memasukkan shackle atau connecting link. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Jenis Masterlink yang keempat yaitu Weldless End Link. Master Link ini bentuknya hampir sama dengan weldless link pada umumnya, tetapi bedanya bentuknya lebih pipih dan lonjong. Fungsi dari Master Link ini adalah untuk mengangkat barang dengan menggunakan sling 1 kaki saja, tidak boleh lebih tetapi banyak yang tidak menggunakan master link ini untuk aplikasi angkat. Master Link ini lebih digunakan orang untuk menyambung rantai agar panjangnya sesuai.

Jenis Masterlink yang kelima yaitu Weldless Round Ring. Master Link tipe ini adalah bentuk master link pertama, sebelum disempurnakannya menjadi bentuk master link lain. Master Link ini memiliki ketebalan lebih karena dulunya Master Link ini digunakan untuk mengangkat barang dengan sling sampai dengan 4 kaki.

Jenis Masterlink yang terakhir yaitu Pear Shaped Masterlink. Master Link tipe ini berbentuk seperti buah pear (Pir) yang fungsinya adalah untuk mengangkat dengan dikaitkan pada alat-alat rigging seperti shackle ataupun hook. Bentuknya yang seperti buah pear membuat master link ini menjadi flexible untuk mengangkat dengan shackle ukuran besar ataupun kecil. Jika menggunakan shackle atau hook kecil maka bisa dikaitkan pada lekuk master link yang kecil (bagian atas) sedangkan jika menggunakan shackle atau hook yang lebih besar maka bisa dikaitkan pada lekuk master link yang besar (bagian bawah), jadi hanya tinggal dibolak-balik saja posisinya.

Nah sekarang udah pada tau kan apa aja jenis masterlink itu. Sekarang tinggal anda pilah-pilah sendiri masing-masing jenis masterlink tersebut, mana yang paling cocok untuk kebutuhan anda. Dan jika anda sudah menentukan jenis masterlink yang paling cocok untuk kebutuhan anda, anda dapat mengunjungi website kami untuk pemesanan atau pembelian masterlink tersebut di www.asmarines.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s