TALI MANILA VS TALI PP

TALI MANILA VS TALI PP

Pada artikel kami kali ini, kami akan coba untuk membahas sedikit tentang perbedaan antara tali manila vs tali pp. Kenapa kami tertarik untuk membahas kedua jenis tali ini?? karena kedua tali ini dibuat dari serat buatan manusia dan serat alami. Jadi tentunya dari segi penggunaannya pun nantinya pasti berbeda. Sehingga dengan adanya artikel ini, kalian dapat menggolongkan sendiri tentang fungsi atau kegunaan dari kedua jenis tali ini.

Sebelum kami membahas perbedaan tali manila vs tali pp ini, terlebih dahulu kami akan membahas tentang perbedaan arti dari kedua jenis tali ini. Yang pertama adalah arti dari tali manila. Tali manila adalah tali yang dibuat dari serat pohon abaca, yaitu pohon sejenis pisang-pisangan yang banyak dibudidayakan di Negara Filiphina. Sedangkan tali PP adalah tali yang dibuat dari serat buatan manusia yang dinamakan serat polypropylene yang bahan dasarnya adalah minyak bumi yang kemudian diproses menjadi bijih plastik.

Perbedaan tersebut tentunya dapat anda pahami dengan mudah ya.. karena memang dari sisi material pembuatnya pun sangat berbeda. Walaupun dari segi material pembuatnya berbeda, tetapi karena memang konstruksi tali kebanyakan itu sama, jadi proses pembuatan atau pemintalan dari kedua tali ini hampir sama. Tergantung dari variasi konstruksi dari pabrikannya.

Setelah kami bahas perbedaan pengertian antara tali manila vs tali pp ini, maka selanjutnya kami akan membedakan kedua jenis tali ini dari segi jenisnya pula. Yang pertama yaitu tali manila.

Tali Manila tidak memiliki jenis apapun pada proses produksinya, sehingga untuk tali manila ini sendiri hanya dibedakan berdasarkan ukurannya saja, dan setiap ukuran tersebut memiliki konstruksi dan atau ukuran strand yang berbeda.

Yang kedua yaitu tali pp, tali PP ini memiliki dua jenis yang memang dari pabrikannya memproduksi tali PP menjadi 2 jenis yaitu diantaranya :

  • Tali PP Monofilament
  • Tali PP Multifilament

 

Tali PP monofilament memiliki permukaan yang lebih kasar dari tali PP multifilament, karena pada proses pembuatannya sendiri pun dibedakan. Karena lebih halus, tali pp multifilament lebih tahan terhadap gesekan saat diaplikasikan. Tetapi kami garis bawahi disini, gesekan yang dimaksud adalah gesekan dengan permukaan yang tidak tajam atau tidak bersudut. Karena kedua permukaan tersebut tentunya tidak bersahabat dengan material pembuat tali yaitu serat plastik.

FUNGSI TALI MANILA VS TALI PP

Yang terakhir adalah dari perbedaan tali manila vs tali pp dari segi fungsi. Fungsi tali manila vs tali pp ini tentunya berbeda. Karena dari segi ketahanan dan kekuatannya pun berbeda. Tali manila memiliki karakteristik menyerap air dan tidak memiliki nilai breaking load yang besar. Sedangkan tali PP memiliki karakteristik tidak menyerap air dan memiliki nilai breaking load diatas tali manila.

Fungsi tali manila sendiri banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi lashing dan pembuatan tangga kapal. Sedangkan industri yang banyak menggunakan tali manila sebagai alat bantunya yaitu :

  • Perkapalan
  • Cargo
  • Logging
  • Perikanan

Sedangkan fungsi tali PP sendiri banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi lashing, mooring, light lifting dan juga pembuatan jala-jala. Sedangkan untuk industri yang banyak menggunakan tali manila sebagai alat bantunya yaitu :

  • Perkapalan
  • Perikanan
  • Cargo

 

Nah dari sedikit penjelasan perbedaan tali manila vs tali pp diatas kami berharap anda dapat membedakan fungsi dari kedua jenis tali ini sehingga anda tidak salah dalam mengaplikasikan kedua jenis tali ini.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s