CARA PEMBUATAN KAWAT SLING BAJA

CARA PEMBUATAN KAWAT SLING BAJA

Saat ini sedang marak artikel dan juga video-video yang mengedepankan topik tentang tutorial. Dan jika kami analisa, memang pengunjung dan penonton video yang bertopik tentang tutorial lumayan berjumlah banyak. Sehingga dapat kami simpulkan orang-orang saat ini senang dengan pengetahuan akan tutorial-tutorial yang mereka butuhkan pada pekerjaan, hobi dan juga hal-hal lain yang menyangkut tutorial tersebut. Maka dari itu artikel kami kali ini pun akan kami angkat topiknya tentang tutorial jg, yang tentunya kami harapkan dapat membantu anda yang saat ini sedang membutuhkan tutorial cara pembuatan kawat sling baja ini. Dan tentunya kami juga berharap artikel kami banyak dikunjungi para pembaca setia kami, agar blog ini kedepannya akan semakin memiliki popularitas tinggi. Sehingga kami juga lebih enak dalam menyampaikan informasi-informasi yang kami suguhkan pada setiap artikel yang kami buat pada blog ini. Fungsi dari banyaknya pengunjung blog ini tentunya akan menambah kesempatan pada orang tersebut untuk sharing informasi ini ke kerabat ataupun ke sosial media yang lain agar artikel ini dapat berguna bagi orang yang membacanya.

Seperti yang sudah kami bahas diatas, yaitu pada artikel kami kali ini kami akan sedikit membahas tentang tutorial cara pembuatan kawat sling baja. Tetapi sebelum kami membahas tentang cara pembuatan kawat sling baja ini, ada baiknya anda lebih mengenal terlebih dahulu tentang jenis dari kawat sling baja itu sendiri, agar nantinya anda dapat membedakan cara pembuatan dari tiap-tiap jenis kawat sling baja tersebut. Beberapa jenis kawat sling baja tersebut diantaranya adalah :

  • Kawat Sling Baja yang dibuat dengan ferrule
  • Kawat Sling Baja yang dibuat dengan wire clip
  • Kawat Sling Baja yang dibuat dengan anyaman

Sebenarnya ada satu lagi jenis Kawat Sling yang dibuat dengan socket, tetapi tidak kami masukkan kedalam tutorial ini karena bentuk matanya yang tidak dibuat dari kawat baja itu sendiri. Sehingga tidak golongkan pada jenis kawat sling baja. Tetapi jika anda menganggapnya sebagai kawat sling baja, anda juga tidak salah karena memang fungsinya sendiri itu sama dengan 3 kawat sling baja yang sudah kami sebutkan diatas.

Nah ketiga jenis kawat sling baja tersebut akan kami jelaskan satu persatu cara pembuatannya, agar anda dapat dengan jelas membedakan cara pembuatannya sendiri.

 

CARA PEMBUATAN KAWAT SLING BAJA DENGAN FERRULE

Untuk cara pembuatan kawat sling baja yang dibuat dengan ferrule membutuhkan alat khusus yang dinamakan dengan mesin press. Mesin press ini adalah mesin press khusus yang bukan digunakan untuk mengepress alat-alat lain selain ferrule. Untuk tahap-tahap pembuatannya pula adalah sebagai berikut :

Cara Pembuatan Kawat Sling Baja dengan Ferrule (1)

Pertama-tama cara pembuatan kawat sling baja dengan ferrule ini adalah dengan tahap-tahap berikut ini yang dapat anda lihat juga pada gambar diatas :

  • Masukkan ferrule pada wire rope.
  • Tekuk ujung wire rope dan masukkan lagi ujungnya pada ferrule.
  • Pembuatannya bisa menggunakan thimble ataupun tidak.
  • Press ferrule yang sudah dimasuki wire rope tadi dengan mesin press seperti gambar dibawah ini.

Cara Pembuatan Kawat Sling Baja dengan Ferrule (2)

Gambar diatas dapat menjelaskan poin-poin yang kami sampaikan diatas.

 

CARA PEMBUATAN KAWAT SLING BAJA DENGAN WIRE CLIP

Selanjutnya yaitu cara pembuatan kawat sling baja dengan wire clip. Pembuatan kawat sling dengan cara ini cukup mudah, karena tidak membutuhkan keahlian khusus dan juga alat yang khusus. Hanya cukup bermodal kunci pas, anda sudah dapat membuat kawat sling baja anda dengan wire clip. Anda hanya cukup memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Ukuran Wire rope
  • Jumlah wire clip yang harus di pasang
  • Posisi wire clip saat dipasang

Gambar berikut ini dapat anda pelajari lebih lanjut agar anda lebih mengerti apa maksud yang kami coba sampaikan diatas.

Cara Pembuatan Kawat Sling Baja dengan Wire Clip (1)

Perhatikan posisi wire clip yang terpasang antara ujung wire rope yang ditekuk dengan posisi kepala wire clip. Jangan memasang wire clip tersebut pada posisi yang terbalik karena hanya akan mengurangi kekuatan dari kawat sling baja tersebut dan juga akan merusak kawat baja tersebut.

 Dan perhatikan gambar dibawah ini, yaitu contoh beberapa gambar yang salah dalam pemasangan wire clip pada kawat sling baja.

Cara Pembuatan Kawat Sling Baja dengan Wire Clip (2)

Gambar yang paling atas adalah contoh pemasangan yang benar dan gambar dibawahnya tidaklah benar. Dan bagian gambar sebelah kanan adalah gambar contoh kawat baja yang telah rusak permukaannya sehingga tidak boleh digunakan untuk membuat kawat sling baja.

 

CARA PEMBUATAN KAWAT SLING BAJA DENGAN ANYAMAN

Cara yang terakhir adalah cara pembuatan kawat sling baja dengan anyaman yang caranya agak sulit. Hanya orang-orang yang telah memiliki pengalaman dan sudah melakukan training khusus untuk pembuatan kawat sling baja dengan anyaman ini.

Dan selain itu anda membutuhkan lengan yang kuat untuk membuat kawat sling baja jenis ini. Kenapa butuh lengan yang kuat, karena dalam hal ini kawat baja adalah kawat yang terbuat dari besi baja yang tentunya memiliki karakteristik yang keras. Jika lengan anda tidak kuat, tentunya anda tidak akan dapat menekuk kawat baja ini. Selain itu anda perlu menggunakan alat anyam yang bentuknya seperti chisel ( alat pahat ) yang fungsinya untuk menusuk  ulir kawat baja agar longgar dan untuk menganyamnya.

Berikut ini adalah gambar untuk penjelasan cara menganyam kawat baja untuk dibuat menjadi kawat sling baja.

Cara Pembuatan Kawat Sling Baja dengan Anyaman (1)

Ikutilah petunjuk yang tertulis pada gambar tersebut. Karena jika kami jelaskan secara teori tentu akan susah juga dalam penjelasannya. Intinya pada gambar tersebut anda harus membagi setiap untai ujung kawat baja dan diselipkan satu persatu pada badan kawat baja yang ditusuk dengan chisel tadi.

Jika anda ingin mengetahui artikel lebih lengkap silahkan kunjungi website resmi kami di :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s