JENIS TALI ANGKAT

JENIS TALI ANGKAT

Tali angkat adalah tali yang digunakan untuk aplikasi angkat dan tentunya tali ini harus memiliki nilai breaking load agar user dapat mengetahui dan menyesuaikan kekuatan tali terhadap beban akan yang akan diangkat dengan tali tersebut apakah sesuai atau tidak. Karena tentunya jika kita tidak mengetahui nilai breaking load dari sebuah tali tersebut, maka nantinya akan membahayakan orang-orang disekitar yang sedang bekerja diarea tali angkat tersebut saat dioperasikan untuk mengangkat barang.

Tentunya akan sangat beresiko sekali jika anda salah menggunakan tali untuk aplikasi angkat anda, jadi jangan sampai salah dalam menentukan tali angkat yang sesuai dengan kebutuhan angkat anda di Lapangan. Dari besarnya resiko yang terjadi saat terjadi salah memilih tali angkat, kami rasa artikel ini sangat penting untuk membantu user mengetahui tali angkat apa saja yang cocok digunakan sebagai tali angkat. Sehingga nantinya dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja khususnya pada aplikasi angkat ini.

Jadi apa saja yang termasuk kedalam kategori tali angkat?? Berikut adalah jenis-jenis tali angkat yang perlu anda ketahui dan anda gunakan di Lapangan :

  • Tali PP Mono / Multi
  • Tali Polyester
  • Tali Nilon
  • Tali UHMWPE

Keempat jenis tali tersebut adalah tali yang cocok digunakan untuk aplikasi angkat. Jadi jangan memilih jenis tali yang lain untuk anda gunakan pada aplikasi angkat anda. Dan tentu saja, sesuaikan berat beban angkat yang ingin anda angkat dengan nilai breaking load dari tali angkat yang anda miliki. Jangan sampai melebihi kapasitas dan jangan pula terlalu pas pula berat beban angkat anda dengan kapasitas angkat tali tersebut. Karena dalam standard internasional, sebuah tali ataupun alat angkat lainnya harus memiliki faktor angkat minimal 1 : 3. Yang artinya 1 adalah beban dan 3 adalah nilai breaking load dari Tali. Hal ini telah disepakati bersama oleh standard internasional dikarenakan akan selalu berkurangnya kekuatan sebuah tali atau alat angkat lain saat setelah selesai digunakan untuk mengangkat. Jadi nilai 1 : 3 ini adalah nilai yang penting yang harus dipatuhi semua pengguna alat angkat yang ada saat ini.

Selain melihat dari faktor 1 : 3 tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda hindari pada penggunaan tali angkat anda, agar tali angkat anda dapat digunakan dengan maksimal dan tanpa kesalahan. Beberapa hal penting yang harus anda hindari tersebut diantaranya :

  1. Hindari penggunaan tali yang sudah tertekuk atau kink
  2. Hindari penggunaan tali dengan serat yang sudah banyak yang putus
  3. Hindari terjadinya gesekan langsung anda tali dengan benda sekitar saat digunakan untuk mengangkat. Gunakan rope protector untuk melindungi tali anda dari gesekan langsung yang menyebabkan putusnya serat-serat tali angkat anda.
  4. Hindari pengangkatan dengan sudut lebih dari 90°.
  5. Hindari penggunaan tali angkat yang tidak disertai sertifikat asli atau sertifikat pendukungnya.

Setelah kita mengetahui jenis tali angkat dan juga hal-hal yang perlu anda perhatikan pada saat penggunaan tali angkat tersebut, kami berharap artikel ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman anda dalam menggunakan tali sebagai pendukung aplikasi angkat anda. Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang artikel tali angkat dan jenis tali lainnya, silahkan kunjungi website resmi kami dibawah ini :

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s