JENIS TALI KAPAL

JENIS TALI KAPAL

Saat ini banyak sekali jenis tali yang beredar di pasaran, sehingga banyak orang juga merasa bingung dalam menentukan pilihan tali yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Pada artikel kami kali ini, kami ingin membahas apa saja yang termasuk kedalam jenis tali kapal yang ada saat ini. Sehingga artikel ini lebih kami fokuskan pada bidang perkapalan yang memang merupakan bidang yang saat ini sedang kami tekuni. Tentunya dengan pengetahuan dan pengalaman puluhan tahun yang kami miliki pada bidang perkapalan ini, kami sangat yakin dalam memberikan materi guna untuk membantu user dalam menentukan pilihan jenis tali kapal yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka di lapangan.

Bidang perkapalan merupakan bidang yang cukup besar untuk ditekuni. Selain besar dalam hal pendapatan dan pengeluaran untuk biaya operasional setiap harinya, tentunya besar pula alat-alat pendukung yang membantu proses kerja di Bidang Perkapalan ini. Logikanya, semakin besar alat pendukung kegiatan operasionalnya, tentunya semakin besar pula resiko kerjanya. Untuk itu setiap user pada bidang perkapalan ini wajib mengetahui tentang fungsi, kekuatan dan juga penggunaan dari alat-alat operasional perkapalan tersebut.

Salah satu yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu jenis tali kapal. Dengan mengetahui jenis dan kegunaan dari masing-masing tali kapal, tentunya user pada bidang perkapalan ini dapat memahami tali yang cocok untuk kebutuhan mereka di lapangan. Untuk itu penjelasan pada poin-poin dibawah ini akan mewakili penjelasan tentang jenis dan kegunaan dari masing-masing tali kapal tersebut. Beberapa jenis tali kapal yang ada saat ini diantaranya :

  • Tali PP ( Polypropylene ) : Tali PP dibagi menjadi 2 jenis yaitu PP Monofilament dan Multifilament. Tali PP atau Polypropylene dibuat dari serat buatan yang bernama polypropylene. Serat ini memiliki bahan dasar dari minyak bumi, sehingga membuatnya kuat dan tahan terhadap air. Untuk penggunaannya sendiri, tali tambang PP atau polypropylene ini banyak digunakan di Bidang perkapalan untuk aplikasi :

  1. Mooring
  2. Towing
  • Tali Manila : Tali Manila adalah tali yang dibuat dari serat alami yaitu serat dari pohon abaca. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri, tali tambang manila ini banyak digunakan di bidang perkapalan untuk aplikasi :

  1. Tangga Kapal
  2. Lashing
  • Tali Polyester : Tali polyester adalah tali yang dibuat dari serat buatan yang dinamai serat polyester. Tali polyester ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu sangat fleksibel, tahan panas, kuat, tahan sinar matahari, dan tahan terhadap gesekan. Sedangkan untuk penggunaannya sendiri di bidang perkapalan yaitu pada aplikasi :

  1. Mooring
  • Tali Nilon : Tali Nilon adalah tali yang dibuat dari serat yang sangat kuat yaitu serat nilon. Serat nilon adalah serat yang sangat kuat dan juga fleksibel sehingga memiliki harga yang mahal. Tali nilon ini memiliki kelebihan sebagai salah satu serat terkuat dengan daya tahan terhadap matahari yang paling baik, dan tahan terhadap gesekan, fleksibel, namun memiliki kelemahan dalam berat. Untuk kegunaannya sendiri di Bidang perkapalan yaitu banyak digunakan untuk aplikasi :
  1. Mooring
  2. Lifting
  3. Towing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s