RANTAI KAPAL YANG UMUM

RANTAI KAPAL YANG UMUM

Bagi anda yang bekerja dibidang perkapalan, tentunya anda akan sangat familiar dengan peralatan angkat dan peralatan tarik yang terbuat dari besi dengan ukuran-ukuran yang besar. Karena memang kapal adalah alat transportasi laut yang berukuran sangat besar agar dapat mengangkut penumpang dan kendaraan secara massal atau banyak. Hal ini tentunya juga mempengaruhi alat-alat yang digunakan untuk pengoperasian dan maintenance dari kapal tersebut. Dalam hal ini kami membahas ukuran dari alat-alat pembantu untuk operasional kapal tersebut sehari ini.

Dengan besarnya ukuran alat-alat yang berhubungan dengan operasional kapal tersebut, tentunya dibutuhkan alat bantu yang kuat dan berkualitas pula. Seperti contohnya adalah penggunaan alat bantu wire rope yang terbuat dari campuran besi dan baja. Penggunaan alat bantu angkat atau tarik dengan menggunakan rantai yang juga merupakan campuran dari besi dan juga baja. Chain Block, Katrol, Block & Tackle, Rigging Equipments, dll. Berbagai macma alat-alat bantu tersebut tentunya juga adalah alat-alat pilihan dengan kekuatan yang besar untuk meladeni kebutuhan dari operasional kapal tersebut.

Pada artikel kami kali ini, kami akan coba membahas tentang jenis-jenis rantai kapal yang umum digunakan untuk segala kebutuhan operasional kapal. Kenapa kami membahas rantai kapal, karena memang rantai sendiri banyak jenisnya, sehingga tentunya perlu adanya penggolongan terhadap jenis rantai tersebut yang kami fokuskan kali ini pada jenis-jenis rantai yang digunakan pada rantai kapal.

Beberapa jenis rantai kapal yang umum tersebut diantaranya adalah :

  1. Rantai Jangkar U2 dan U3 ( digunakan untuk menarik dan menurunkan jangkar pada saat ingin berlabuh atau berlayar ).
  2. Rantai Baja Grade 80 dan 100 ( digunakan untuk alat bantu angkat alat-alat kapal )
  3. Rantai Besi dan Stainless ( digunakan untuk dapra, dekorasi kapal )

KARAKTERISTIK RANTAI KAPAL YANG UMUM

Dari beberapa jenis rantai tersebut, tentunya anda perlu tau karakteristik dari masing-masing jenis rantai tersebut, agar nantinya anda dapat mengetahui lebih dalam tentang rantai kapal yang anda butuhkan pada peralatan kapal anda.

Rantai Kapal yang umum Rantai Jangkar

Karakteristik rantai yang pertama yaitu rantai jangkar, rantai jangkar memiliki karakteristik yang kuat, dan keras. Rantai ini berukuran besar dan dibuat dari bahan baja agar lebih kuat menahan karat jika dibandingkan dengan besi. Sehingga umur rantai dapat lebih lama. Untuk grade dari rantai jangkar ini dibagi menjadi 2 yaitu grade U2 dan U3 dimana masing-masing grade memiliki kekuatan dan ukuran yang berbeda.

Rantai Kapal yang umum Rantai Baja

Karakteristik rantai yang kedua yaitu rantai baja. Rantai baja juga dibuat dari material baja tetapi berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan rantai jangkar. Rantai ini dapat digunakan untuk aplikasi angkat dan juga tarik dengan beban yang berat, sehingga jika anda membutuhkan alat angkat atau alat tarik di kapal anda, kami sarankan untuk menggunakan rantai jenis rantai baja ini. Sedangkan untuk gradenya sendiri, rantai baja ini juga dibagi menjadi 2 grade yaitu grade 80 dan 100. Dan kedua grade ini juga memiliki kekuatan dan ukuran yang berbeda pula.

Rantai-Kapal-yang-umum-Rantai-Besi-dan-stainless

Karakteristik rantai yang terakhir yaitu rantai besi dan stainless. Rantai ini bersifat lebih lunak karena dibuat dari besi. Rantai ini biasa diaplikasikan untuk aplikasi ringan seperti dapra, lashing, dekorasi, dll. Tetapi untuk jenis rantai besi tertentu juga dapat digunakan untuk alat angkat dengan beban ringan. Kedua jenis rantai ini tidak memiliki grade pembeda seperti rantai baja dan rantai jangkar, sehingga perbedaan rantai ini hanya pada spesifikasi kekuatan breaking loadnya dan ukuran rantainya saja. Karena digunakan dikapal yang tentunya berhubungan langsung dengan udara laut, maka rantai besi yang sifatnya mudah berkarat biasa dilapisi dengan lapisan galvanis dan juga stainless steel agar rantai tersebut dapat tahan terhadap udara dan air laut yang rawan pengaratan.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap dan spesifik lagi, silahkan kunjungi artikel pada website resmi kami dibawah ini.

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s