JENIS SELING BAJA

JENIS SELING BAJA

Seling baja adalah seling yang dibuat dari wire rope atau kawat baja yang disalah satu atau kedua ujungnya dibentuk mata kait. Seling baja sendiri memiliki banyak kegunaan yang dapat dibedakan sesuai dengan konstruksi dan ukuran dari seling baja itu sendiri.

Semakin besar ukuran seling baja tentunya akan membuat seling baja semakin kuat dengan memiliki nilai WLL ( Working Load Limit ) yang lebih besar, sehingga beban yang diangkat pun dapat lebih berat. Selain memiliki banyak kegunaan yang dapat dibedakan sesuai dengan konstruksi dan ukurannya, seling baja pun memiliki kegunaan yang bervariasi pula jika dibedakan berdasarkan jenis dari seling baja itu sendiri.

Pada artikel kami kali ini, kami akan coba untuk menjelaskan sedikit tentang beberapa jenis dari seling baja agar anda dapat mengetahui perbedaannya dan tentunya dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda nanti di Lapangan.

BEBERAPA JENIS SELING BAJA

Jenis seling baja dapat dibedakan menjadi 4 jenis yang keempat jenis tersebut dibedakan dari jenis mata selingnya, yaitu diantaranya adalah :

  1. Mechanical Seling Baja
  2. Hand Splice Seling Baja
  3. Socket Seling Baja
  4. Wire Clip Seling Baja

Untuk jenis seling baja yang pertama yaitu mechanical seling baja adalah seling baja yang dibuat dengan menggunakan mesin press atau mesin talurit yang diikat matanya menggunakan ferrule. Ferrule ini sendiri terbuat dari bahan alumunium sehingga lebih lunak sehingga dapat dipress untuk mengikat mata dari seling baja tersebut.

Berikut adalah gambar dari proses pembuatan mechanical seling baja :

Mechanical-Seling-Baja

 

Untuk Jenis seling baja yang kedua adalah hand splice seling baja yang artinya seling baja ini dibuat manual dengan tangan manusia, sehingga memerlukan keahlian khusus dalam pembuatannya. Untuk mengetahui gambar dari jenis seling baja yang kedua ini adalah sebagai berikut :

Hand-Splice-Seling-Baja

 

Untuk Jenis seling baja yang ketiga yaitu socket seling baja yang artinya mata kait seling baja ini dibuat menggunakan alat tambahan yang disebut dengan socket.  Socket dimasukkan kedalam ujung seling baja yang telah diurai dan dibersihkan kemudian dimasukkan dengan resin wirelock sehingga socket terkunci dengan seling baja tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Socket-Seling-Baja

 

Untuk jenis seling baja yang terakhir yaitu wire clip seling baja yaitu seling baja yang matanya dibuat menggunakan penjepit yang disebut dengan wire clip atau wire clamp. Alat ini juga banyak digunakan untuk kebutuhan selain seling baja seperti tali dan juga kawat. Berikut adalah gambar dari jenis seling baja yang terakhir yaitu wire clip seling baja :

Wire-Clip-Seling-Baja

 

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s