TALI IKAT ASLI DAN BERKUALITAS

TALI IKAT ASLI DAN BERKUALITAS

Tali ikat adalah salah satu jenis tali yang digunakan untuk kebutuhan mengikat atau lashing. Untuk objek ikat dari tali ikat ini sendiri tentunya beragam, bukan hanya untuk mengikat barang, tetapi bisa juga digunakan untuk mengikat kargo, mesin, kendaraan, dll. Tali ikat tidak dapat digunakan untuk kebutuhan lain seperti Lifting ( Angkat ) dan Towing ( Tarik ), karena memang tali ikat yang sifatnya tidak memiliki nilai WLL atau breaking load yang tinggi. Untuk itu jangan salah dalam memilih tali jika anda ingin menggunakan tali sebagai alat bantu pekerjaan anda nanti di Lapangan.

Tali ikat terbuat dari kumpulan serat sintetis ataupun serat alami yang dipilin menjadi satu kesatuan yang membentuk tali utuh dengan panjang tertentu. Karena tali ikat ini adalah tali buatan manusia, tentunya tali ikat ini memiliki karakteristik khusus yang membuat tali ikat dibutuhkan oleh orang banyak untuk membantu meringankan pekerjaan mereka. Pada poin-poin dibawah ini kami akan coba menjelaskan tentang karakteristik dari tali ikat tersebut.

 

Tali-Ikat

 Tali-Ikat-Kapal

KARAKTERISTIK TALI IKAT

Tali ikat adalah tali khusus yang dibuat dan diproduksi manusia secara massal untuk memenuhi kebutuhan mengikat objek-objek yang dibutuhkan manusia agar membuat pekerjaan mereka semakin mudah. Tentunya tali ikat ini memiliki beberapa karakteristik yang perlu anda ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  • Tidak memiliki nilai breaking load yang tinggi. Artinya karena tali ikat hanya digunakan untuk mengikat objek ikat yang dibutuhkan manusia, tentunya tidaklah perlu tali ikat ini diberikan spesifikasi tinggi dengan nilai breaking load yang besar, karena tentunya tidak akan berguna. Untuk itu tali ikat diproduksi dengan kekuatan yang kecil.

  • Lentur. Artinya tentunya dapat anda ketahui bersama, yaitu fungsinya yang digunakan untuk mengikat mengharuskan tali ikat untuk memiliki karakteristik yang lentur agar dapat mudah digulung, ditekuk dan dipintal.

  • Ukurannya tidak terlalu besar. Artinya karena digunakan untuk mengikat, maka tali ikat diproduksi dengan ukuran kecil agar pas pada tangan manusia. Dengan ukurannya yang kecil, tali ikat memudahkan manusia untuk mengikat barang dengan kencang dan ketat, agar barang yang diikat menjadi aman dan tidak goyang.

Tali-Ikat-Barang

 

Bahan atau material dari tali ikat ini sendiri berbeda-beda, karena masing-masing produsen tali ikat pasti ingin membuat tali ikat hasil produksinya memiliki perbedaan dan keunggalan tersendiri. Beberapa material yang digunakan untuk pembuatan tali ikat ini sendiri diantaranya :

  1. Polyethylene
  2. Polypropylene
  3. Serat pohon abaca

Jika anda ingin mengetahui artikel lebih lengkapnya silahkan kunjungi artikel kami dibawah ini.

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s