JENIS TALI IKAT

JENIS TALI IKAT

Sesuai dengan namanya, pengertian dari tali ikat adalah tali yang digunakan untuk mengikat, baik itu mengikat barang, kendaraan, kargo, dll. Tali ikat sendiri diproduksi berbeda-beda tergantung dari kebutuhan dan material dari tali ikat itu sendiri. Pada artikel kami kali ini, akan kami coba bahas tentang jenis dari tali ikat ini sendiri, agar nantinya anda dapat membedakan dan tidak salah dalam membeli jenis tali ikat yang anda butuhkan untuk kebutuhan anda pada saat mengikat nantinya.

Semua benda ataupun alat yang diciptakan manusia tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hal ini dapat dikaitkan dengan diciptakannya beberapa jenis benda tersebut yang berbeda-beda. Begitu juga dengan tali ikat ini, karena memang tali ikat adalah tali yang dibuat oleh manusia, tentunya tali ikat ini harus memiliki jenis yang bervariasi karena objek ikat sendiri banyak bentuk dan ukurannya. Oleh karena itu, jenis tali ikat pun harus dibuat agar dapat menyesuaikan dengan spesifikasi objek ikat itu sendiri.

Beberapa jenis tali ikat itu sendiri dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu jenis tali ikat yang dilihat dari segi :

  • Objek ikatnya
  • Materialnya

 

JENIS TALI IKAT BERDASARKAN OBJEK IKATNYA

Jika dilihat dari segi objek ikatnya, jenis tali ikat dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Tali ikat Kargo
  • Tali ikat Barang

Yang pertama adalah tali ikat kargo. Tali ikat kargo memerlukan spesifikasi tali yang memilihi permukaan datar atau pipih yang tidak merusak permukaan benda yang diikatnya. Alasan dibuatkan jenis tali kargo ini adalah karena bervariasinya barang-barang yang dimuat pada kargo itu sendiri dan memang adanya barang yang mudah tergores atau bahkan pecah belah yang membutuhkan tali yang dapat mengikat kargo tersebut dengan aman dan hati-hati. Untuk melihat penampakannya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis-Tali-Ikat-Kargo

Jenis-Tali-Ikat-Kargo2

 

JENIS TALI IKAT BERDASARKAN MATERIALNYA

Bahasan kita yang kedua adalah jenis tali ikat berdasarkan materialnya. Seperti yang telah kami jelaskan diawal, bahwa manusia atau produsen tali ikat tentu memproduksi tali dengan material yang berbeda sehingga tipe jenis tali ikat tersebut memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Untuk itu akan kita bahas sedikit mengenai beberapa material pembuat jenis tali ikat tersebut, yaitu diantaranya :

  • Jenis Tali ikat dari bahan Polyethylene
  • Jenis Tali ikat dari bahan Polypropylene
  • Jenis Tali ikat dari bahan tali manila / serat pohon abaca

Jenis-Tali-Ikat-Sintetis

Jenis-Tali-Ikat-Manila-Abaca

Untuk jenis tali ikat polyethylene dan polypropylene adalah jenis tali ikat yang dibuat dari serat sintetis buatan manusia. Sedangkan jenis tali ikat dari tali manila atau serat pohon abaca ini adalah tali alami yang dipintal baik dengan mesin ataupun dengan tangan manusia.

Kekuatan dari serat sintetis buatan manusia dan serat dari tumbuhan tentunya lebih kuat tali sintetis. Tetapi, tali sintetis memiliki kelemahan yang tidak ada pada jenis tali ikat dari pohon abaca ini. Tentunya semua jenis tali ikat ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Untuk mengetahui artikel lebih lengkap, silahkan kunjungi artikel lengkap kami disini :

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s