CARA MEMASANG WIRE CLIP

CARA MEMASANG WIRE CLIP

Wire Clip adalah salah satu dari beberapa macam jenis alat-alat rigging. Wire clip fungsinya adalah untuk membuat wire rope dengan ukuran tertentu menjadi satu bentuk wire rope sling yang dapat digunakan untuk mengikat barang, membuat pagar, konstruksi penahan jembatan, dll. Tetapi perlu diketahui bahwa cara memasang wire clip ini tidaklah sembarangan, harus mengacu pada beberapa aturan-aturan yang sesuai dengan standard internasional tentang cara memasang wire clip yang baik dan benar.

Perlu kami tekankan, wire clip bukan digunakan untuk aplikasi Lifting dan Towing, wire clip hanya dapat digunakan untuk aplikasi ringan saja, sehingga jangan mencoba untuk menggunakan wire rope sling yang dipasangi wire clip untuk mengangkat beban ataupun menarik beban, apalagi beban yang berat.

Kembali pada cara memasang wire clip yang baik dan benar, akan kami coba jelaskan. Untuk tahapan-tahapan cara memasang wire clip tersebut akan kami coba jelaskan sedikit melalui poin-poin dibawah ini :

LANGKAH-LANGKAH CARA MEMASANG WIRE CLIP

Tekuklah wire rope pada thimble hingga melingkarinya dan kunci ujung wire rope tersebut dengan wire clip dimana baut wire clip berada dibagian wire rope yang panjang ( tidak boleh terbalik ). Untuk lebih jelasnya perhatikanlah gambar dibawah ini. Untuk panjang antara ujung wire rope yang ditekuk dengan mata ditentukan sesuai dengan ukuran wire rope clip itu sendiri.

Cara Memasang Wire Rope

Langkah kedua yaitu sama dengan langkah pertama, tetapi posisikan wire clip paling ujung dekat dengan thimble, yang gambarnya bisa anda lihat pada gambar diatas bagian nomor 2.

Langkah terakhir yaitu memasang wire clip dibagian tengah antara wire clip pertama dan kedua. Untuk jarak pasang ketiga wire clip tersebut haruslah sama, tidak boleh berbeda. Misal yang satu agak jauh dan yang satu lagi berdekatan. Jarak masing-masing antar wire clip harus sama, sehingga daya cengkeram wire clip tersebut sempurna.

Note* : posisi wire rope clip tidak boleh dipasang terbalik atau dibolak-balik dan urutan pemasangan tidak boleh dirubah, harus dari ujung wire rope yang pendek kemudian ujung mata wire rope dan terakhir dibagian tengah.

Untuk artikel lebih lengkapnya silahkan kunjungi website resmi kami pada link disini>>

 

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s