KONSTRUKSI KABEL BAJA

KONSTRUKSI KABEL BAJA

Kabel baja adalah nama lain dari wire rope atau bisa juga disebut dengan tali baja. Kabel baja memiliki banyak fungsi yang fungsi itu dapat digolongkan berdasarkan konstruksi dari kabel baja. Karena konstruksi kabel baja memiliki perbedaan baik dari segi keunggulan maupun kelemahan.

Nama atau tipe dari kabel baja juga mempengaruhi konstruksi dari kabel baja itu sendiri. Misalkan kabel baja elevator yang digunakan untuk mengangkat elevator sehingga dapat dioperasikan naik dan turun. Konstruksi kabel baja untuk elevator tidaklah sembarangan, hanya konstruksi khusus yang mampu digunakan untuk aplikasi elevator ini. Karena memang aplikasi Elevator ini membutuhkan konstruksi kabel baja yang mampu menahan gesekan, tekukan dan hentakan yang tinggi.

TIPE KONSTRUKSI KABEL BAJA

Konstruksi Kabel baja dibagi menjadi 2 tipe, yang setiap tipe tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa tipe konstruksi kabel baja tersebut diantaranya :

  • Tipe konstruksi kaku
  • Tipe konstruksi lentur

Tipe konstruksi kabel baja yang kaku memiliki jumlah strand yang lebih sedikit dan ditambah dengan adanya core ditengah membuatnya semakin kaku untuk digunakan. Tipe konstruksi kabel baja ini biasa digunakan untuk aplikasi tarik ( towing ) dan beberapa tipe lifting karena kekuatannya yang besar dan aplikasi ini tidak membutuhkan kelenturan kabel baja.

Tipe konstruksi kabel baja yang kedua yaitu tipe konstruksi kabel baja yang lentur, yaitu tipe konstruksi kabel baja yang memiliki jumlah strand lebih banyak dan berukuran lebih kecil ( tiap strandnya ). Tipe konstruksi kabel baja ini biasanya tidak memiliki core inti didalamnya. Tetapi ada sebagian tipe konstruksi kabel baja lentur yang memiliki core inti didalamnya. Dengan banyaknya strand dengna ukuran yang kecil, membuat tingkat kelenturan dari kabel baja semakin tinggi, sehingga bisa digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan tingkat kelenturan dari kabel baja. Contoh dari aplikasi yang membutuhkan kabel baja yang lentur yaitu katrol crane, elevator, dll. Untuk mengetahui apa saja konstruksi-konstruksi yang diproduksi para produsen kabel baja silahkan kunjungi artikel kami disini>>

Untuk mengetahui jumlah strand dari kabel baja, ada baiknya anda melihat gambar dibawah ini terlebih dahulu :

Konstruksi-Kabel-Baja

Dari gambar diatas, seharusnya anda sudah dapat membedakan dimana letak strand dan dapat menghitung jumlah strand tersebut. Sedangkan untuk melihat jumlah strand tanpa perlu menghitung strand kabel baja secara manual adalah dengan melihat konstruksinya atau menanyakan konstruksinya pada penjual. Contoh kabel baja dengan konstruksi 6 x 37 terdiri dari 6 strand yang mengelilingi 1 core dimana masing masing strand terdiri dari 37 wire.

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s