FUNGSI TALI BAJA

FUNGSI TALI BAJA

Tali Baja adalah sebuah alat bantu angkat dan tarik yang terbuat dari kawat-kawat baja ( wire ) yang dirangkai dengan cara dipilin menjadi satu rangkaian yang disebut dengan strand, dan kemudian kumpulan dari beberapa strand tersebut dipilin pada Core sehingga menjadi rangkaian tali Baja. Fungsi tali baja sendiri beraneka ragam, tergantung dari aplikasinya. Dan Fungsi tali baja sendiri banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi alat berat, sehingga tali baja sangat berguna di bidang tersebut.

Beberapa aplikasi yang banyak menggunakan fungi tali baja untuk membantu mempermudah kinerjanya adalah sebagai berikut :

  • Aplikasi di Bidang Perkapalan
  • Aplikasi di Bidang Pertambangan
  • Aplikasi di Bidang Konstruksi
  • Aplikasi di Bidang Perikanan
  • Aplikasi di Bidang Manufaktur
  • Aplikasi di Bidang Transportasi

Dari beberapa aplikasi tersebut, akan kami coba urai lebih jelas lagi tentang apa-apa saja fungsi tali baja yang digunakan pada bidang-bidang tersebut. Sehingga anda bisa tau fungsi-fungsi dari tali baja yang ada pada tiap-tiap bidang pekerjaan berat, yang mungkin salah satu pekerjaannya sedang anda geluti saat ini.

FUNGSI TALI BAJA DI BIDANG PERKAPALAN

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Perkapalan (1)

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Perkapalan (2)

Gambar diatas adalah beberapa gambar yang mewakili beberapa fungsi tali baja pada bidang perkapalan. Pada gambar pertama, tali baja digunakan untuk aplikasi pemindahan kapal setelah di produksi ataupun setelah masuk bengkel kapal. Tentunya tenaga manusia tidak mungkin digunakan pada aplikasi ini, karena memang ukuran dari kapal sendiri sangatlah besar dan sangatlah berat. Sehingga dengan adanya tali baja ini, pekerjaan manusia pun semakin terbantu.

Gambar kedua adalah fungsi tali baja pada aplikasi towing ( tarik ) kapal, baik kapal yang sedang mengalami kerusakan di tengah laut ataupun kapal yang kehabisan bahan bakar di tengah laut. Selain untuk aplikasi penarikan kapal, fungsi tali baja pada aplikasi towing ini juga dapat diaplikasikan untuk penarikan tongkang yang biasa digunakan untuk mengangkut batu bara, pasir, dll untuk didistribusikan lewat laut.

Beberapa aplikasi khusus yang menggunakan tali baja khusus diantaranya adalah sebagai alat penarik jangkar, pagar kapal, katrol sekoci, dll.

 

FUNGSI TALI BAJA DI BIDANG PERTAMBANGAN

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Pertambangan (2)

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Pertambangan (1)

Pada bidang pertambangan baik pada aplikasi Offshore ( pertambangan laut lepas ) ataupun Onshore ( Pertambangan Darat ), fungsi tali baja banyak digunakan umumnya sebagai tali katrol pada Crane untuk mengangkat Hasil tambang dan alat-alat berat lainnya.

 

FUNGSI TALI BAJA DI BIDANG KONSTRUKSI

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Konstruksi (1)

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Konstruksi (2)

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Konstruksi (3)

Sama seperti pada bidang pertambangan, fungsi tali baja pada bidang konstruksi ini banyak digunakan pada katrol Crane untuk mengangkat alat-alat berat seperti Pipa, Beton, Besi, dll. Penggunaan tali baja pada katrol Crane banyak digunakan pada aplikasi pada bidang konstruksi bangunan. Sedangkan pada bidang konstruksi jembatan, fungsi tali baja dapat digunakan sebagai alat penopang ataupun alat penggantung jembatan itu sendiri.

 

FUNGSI TALI BAJA DI BIDANG PERIKANAN

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Perikanan

Pada bidang perikanan, fungsi tali baja digunakan untuk aplikasi angkat katrol kapal atau perahu yang gambarnya dapat anda lihat pada gambar diatas.

 

FUNGSI TALI BAJA DI BIDANG MANUFAKTUR

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Manufaktur

Pada bidang Manufaktur, Fungsi tali baja banyak digunakan pada hoist yaitu alat bantu angkat yang dapat dioperasikan dengan tangan seperti gambar diatas. Fungsi dari hoist ini sendiri yaitu memindahkan barang atau peralatan berat pada pabrik, gudang dan semacamnya.

 

FUNGSI TALI BAJA DI BIDANG TRANSPORTASI

Fungsi-Tali-Baja-Pada-Bidang-Transportasi (1)

Fungsi tlai baja yang terakhir yaitu digunakan pada bidang transportasi, yang umumnya digunakan sebagai alat ikat benda-benda besar agar dapat didistribusikan keseluruh penjuru wilayah. Fungsi tali baja untuk alat ikat dapat anda lihat pada gambar pertama diatas.

Sedangkan pada gambar kedua, fungsi tali baja digunakan sebagai alat tarik pada kendaraan roda empat atau lebih. Tali baja ini disambungkan dengan alat rigging yaitu hook yang nantinya dapat dikaitkan pada kendaraan yang butuh di derek, sehingga dapat ditarik atau di derek menuju lokasi bengkel atau garasinya.

 

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s