JENIS KAWAT BAJA

JENIS KAWAT BAJA

Kawat Baja adalah sebuah alat berbentuk tali yang terbuat dari baja. Kawat baja dibentuk dari kumpulan wire atau kawat baja tipis yang dipilin hingga membentuk suatu kesatuan yang dinamakan strand. Dan dan strand tersebut dikumpulkan menjadi beberapa strand, kemudian dipilin pada core untuk membentuk suatu kesatuan kawat baja yang memiliki konstruksi yang berbeda-beda, sesuai jumlah strand yang dipilin. Nama lain dari kawat baja ini adalah wire rope, mungkin terdengar lebih umum di telinga anda, tetapi memang sebagian orang menyebutnya dengan kawat baja atau bahkan ada yang menyebutnya dengan tali baja.

Kawat Baja dibuat menjadi beberapa jenis atau tipe, yang tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda, karena memang jenis kawat baja yang bervariasi dibuat atau diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia yang berbeda-beda dan bervariasi pula. Tidak hanya memiliki nama yang berbeda, melainkan jenis kawat baja ini pun memiliki konstruksi yang berbeda-beda pula, karena tiap konstruksi memiliki perbedaan dalam fungsi dan kegunaannya di Lapangan

Seperti yang sudah kami jelaskan pada penjelasan awal diatas, bahwa kawat baja adalah rangkaian dari Wire ( kawat ), Strand dan Core. Pertanyaannya, apakah anda tahu semua poin-poin tersebut?
Jika anda belum mengetahuinya, anda tidak perlu khawatir. Karena pada artikel jenis kawat baja ini, kami akan mencoba menjelaskan secara lengkap tentang arti dan jenis dari kawat baja itu sendiri. Untuk mengetahui gambaran akan wire, strand dan juga core, akan kami coba jelaskan dari gambar visual dari pembentukan kawat baja itu sendiri dibawah ini.

Jenis-Kawat-Baja

Dari gambar diatas, tentunya anda sudah memiliki gambaran tentang apa itu wire, apa itu strand dan apa itu core. Sedangkan untuk lebih jelasnya, kami akan memberi pengertian singkat dari ketiga bagian dari kawat baja tersebut :

  • Wire adalah helai-helai kawat yang terbuat dari baja, besi ataupun tali yang digunakan sebagai bagian dari strand.
  • Strand adalah kumpulan dari wire-wire yang dipilin dari arah kiri ataupun kanan sehingga membentuk suatu kesatuan kuat yang lebih tebal dari wire.
  • Core adalah bagian inti dari kawat baja yang terbuat dari baja, besi ataupun tali dengan ukuran yang lebih besar dari wire, yang fungsinya untuk menguatkan konstruksi dari kawat baja.

 

JENIS KAWAT BAJA

Jenis Kawat baja dapat dibagi menjadi beberapa jenis, mengingat fungsinya yang sangat beraneka ragam untuk kebutuhan manusia khususnya sebagai alat bantu manusia pada aplikasi yang berhubungan dengan alat-alat berat yang tidak bisa digunakan hanya dengan tangan manusia saja. Beberapa jenis dari kawat baja digunakan untuk alat khusus dan pada aplikasi khusus, sehingga tipe kawat baja tersebut memang dibuat khusus hanya untuk satu aplikasi saja. Dan beberapa jenis kawat baja tersebut diantaranya :

  • General Purpose
  • Elevator
  • High Performance

Untuk penjelasan dari ketiga jenis kawat baja tersebut akan kami paparkan pada poin-poin dibawah ini.

JENIS KAWAT BAJA GENERAL PURPOSE

Sesuai dengan namanya, general purpose yang artinya digunakan untuk berbagai macam aplikasi. Jenis kawat baja ini adalah jenis kawat baja yang paling umum digunakan kebanyakan orang, karena kegunaannya yang umum untuk aplikasi-aplikasi yang umum pula, sehingga tidak membutuhkan jenis kawat baja khusus untuk diterapkan pada aplikasinya di Lapangan.

Jenis-Kawat-Baja-General-Purpose

Jenis Kawat Baja General ( general purpose ) ini adalah tipe kawat baja yang paling umum digunakan. Konstruksi dari jenis kawat baja ini pun banyak macamnya, seperti yang sudah kami tampilkan pada gambar diatas. Jenis Kawat baja general purpose ini banyak digunakan pada beberapa aplikasi yaitu diantaranya :

  • Lifting
  • Towing
  • Lashing
  • Logging
  • Fishing
  • dll

 

JENIS KAWAT BAJA ELEVATOR

Sesuai dengan namanya “elevator”, tentunya jenis kawat baja ini digunakan hanya untuk elevator saja. Yaitu untuk membantu pengoprasian jalannya elevator. Jenis kawat baja ini digunakan pada katrol elevator untuk mengangkat dan menurunkan Elevator tersebut.

Jenis-Kawat-Baja-Elevator

JENIS KAWAT BAJA HIGH PERFORMANCE

Jenis kawat baja yang terakhir adalah jenis kawat baja high performance, yaitu jenis kawat baja khusus dan cara pembuatannya pun khusus yaitu dengan di press, sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil tetapi tidak merubah kekuatan aslinya. Nama lain dari proses pengepressan kawat baja ini adalah compacting,
sehingga tidak sedikit jenis kawat baja ini diberi akhiran nama “compacted” karena memang kawat baja tersebut telah mengalami proses compacting yaitu proses pengepressan.

Jenis-Kawat-Baja-High-Performance

 

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s