PERBEDAAN TALI DAN WIRE ROPE

PERBEDAAN TALI DAN WIRE ROPE

Perlu kita semua ketahui bahwa alat angkat dan tarik yang paling umum saat ini adalah wire rope, tali, webbing sling dan juga rantai. Tetapi yang ingin kami bahas saat ini adalah perbedaan antara tali dan wire rope secara umum. Hal ini kami maksudkan untuk memberikan informasi kepada setiap user / pengguna tali dan wire rope agar dapat membedakan kegunaan dari masing-masing alat angkat tersebut yaitu tali dan wire rope ini. Sebelum kami membahas perbedaan tali dan wire rope ini, ada baiknya kami menjelaskan terlebih dahulu apa itu tali dan apa itu wire rope??

Tali adalah kumpulan lapisan-lapisan serat, benang ataupun helai yang dipilin atau dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan mereka menjadi bentuk yang lebih besar sehingga memiliki kekuatan yang lebih kuat, serat dan helai-helai tersebut terdiri dari strand dan juga yarns dan serat pada bagian terkecilnya.

Sedangkan wire rope adalah tali baja yang juga dikepang bersama dengan menggunakan mesin dan bagian-bagian dari wire rope tersebut terdiri dari beberapa wire / kawat baja yang dipilin membentuk strand, lalu beberapa strand tersebut dipilin mengelilingi core untuk membentuk wire rope

 

Perbedaan-Tali-dan-Wire-Rope

Perbedaan-Tali--dan--Wire-Rope

Gambar diatas adalah penjelasan dari perbedaan bagian-bagian pada tali dan wire rope. Karena tentunya dengan adanya gambar, pandangan anda akan lebih jelas dalam membedakan kedua alat angkat ini. Dan jika kita mengambil kesimpulan dari perbedaan antara tali dan wire rope tersebut terletak pada core, yaitu lapisan inti. Setiap wire rope memiliki lapisan inti yang fungsinya untuk memperkuat kekuatan dari wire rope itu sendiri, sedangkan tali tidak memiliki core tersebut. Dan core ini membuat wire rope lebih kaku dibandingkan dengan tali yang lebih lentur atau mudah dibengkokkan.

Tapi tidak semua tali tidak memiliki core ditengahnya, contoh salah satu dari jenis tali yang memiliki core ditengahnya adalah compound rope. Tali jenis ini adalah gabungan antara tali dan kawat baja / besi, sehingga tidak murni dikatakan sebuah tali.

Perbedaan-Tali-Compound-Rope-dan-Wire-Rope

 

PERBEDAAN TALI DAN WIRE ROPE

Setelah kita mengetahui sedikit tentang pengertian tali dan wire rope dan juga sebagian penjelasan tentang perbedaan tali dan wire rope secara umum, maka kali ini kami akan langsung membahas tentang perbedaan tali dan wire rope yang lebih khusus atau lebih spesifik.

Hal ini dapat kami simpulkan dengan mengumpulkan poin-poin karakteristik dari tali dan juga wire rope, sehingga nantinya akan menjadi beberapa poin-poin yang membedakan antara tali dan wire rope. Karena setiap alat angkat baik itu tali, wire rope, rantai maupun webbing sling, sama-sama memiliki karakteristik. Tapi setiap karakteristik itu memiliki perbedaan, yang dapat membedakan masing-masing dari mereka.

PERBEDAAN TALI

Dengan adanya sebuah perbedaan ini, tentunya menjadi pilihan seseorang dalam memutuskan akan memakai apa nanti saat orang tersebut ingin mengangkat sebuah benda. Dan perbedaan tali yang membuat orang lebih memilih menggunakan tali daripada menggunakan wire rope sebagai alat angkat pilihannya antara lain :

  • Tali lebih lentur.
  • Tali lebih bersahabat dengan permukaan benda yang diangkatnya.
  • Tali dengan ukuran yang lebih kecil, dapat dibawa kemana-mana karena lebih ringan.
  • Tidak dapat berkarat.
  • Tidak mudah tertekuk ( kink ).

Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang tali silahkan kunjungi website kami disini>>

 

PERBEDAAN WIRE ROPE

Setelah kami menjelaskan tentang perbedaan yang dimiliki tali, dibandingkan dengan wire rope. Maka kali ini kami akan membahas tentang perbedaan yang dimiliki wire rope tetapi tidak dimiliki oleh tali. Dan tentunya dengan adalah perbedaan ini, sebagian orang lebih memilih wire rope untuk kebutuhan alat angkatnya di Lapangan. Dan perbedaan wire rope tersebut diantaranya :

  • Lebih kaku.
  • Breaking load lebih tinggi.
  • Tahan terhadap panas.
  • Lebih tahan terhadap gesekan.

Dari beberapa perbedaan diatas, kami harapkan anda sudah dapat menentukan alat angkat apa yang cocok untuk kebutuhan anda di Lapangan nantinya.

Sumber artikel :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s